Rabu, 15 Juli 2020

Genmuda – Saat Instagram Live kamu ternyata engga banyak yang nonton serta komen, kamu akhirnya menyerah dan kembali bikin vlog di YouTube seperti tahun lalu. Setelah diperhatiin lagi, ternyata penonton vlog kamu juga engga banyak.

Video kamu tenggelam di antara vlog baru yang menurut kamu lebih jelek dari buatan kamu. Dan kamu pun putus asa baut bikin konten yang menarik di vlog kamu terus depresi dan sedih. *lebay

Eh, tapi ngapain sedih ya? Kamu kan pengen bikin vlog buat mengabadikan pengalaman seru atau pengen video kamu banyak yang nonton? Kalo cuma mau ngejar penonton sih mendingan pake aja format-format video di bawah ini karena udah terbukti lebih laku ketimbang vlog. Engga percaya? Coba simak baik-baik ya:

1. Video reaction

Video reaction adalah genre yang paling mirip vlog karena nunjukin komentar dan reaksi si pembuat videonya terhadap suatu hal. Misalnya aja, trailer film baru, video klip yang lagi populer, makanan, atau masih banyak lagi. Kalo penasaran, liat aja video reaction-nya klip terbaru 2ne1 “Goodbye.” Reactionnya JREKML udah ditonton 369 ribu kali dalam seminggu, sejak di-upload 20 Januari lalu. Tertarik?

2. Video main game

Kamu juga bisa bikin video soal game, kok. Videonya bisa nampilin pertarungan DoTA 2 paling keren, reaction, walkthrough, ngasih tau easter eggs, atau sekedar main sambil becanda. Contoh bagusnya adalah akun Tara Arts Game Indonesia yang pada Jumat (27/1) udah dapet 465 ribu subscriber.

3. Video statis yang muterin lagu

Oke, oke, dua jenis video di atas emang agak susah dibuatnya karena kamu harus jago ngomong. Kalo kamu engga mau ngomong atau tampil sama sekali di hadapan video, mendingan coba deh bikin video statis yang muterin lagu. Setelah diamati, genre yang paling laris adalah kompilasi lagu tidur.

Jangan lupa tambahin embel-embel delta wave, alpha wave, dan istilah ilmu biologi lainnya supaya terkesan itu adalah lagu yang ampuh bikin tidur. Video yang Genmuda.com unggah di atas aja udah diputer 33 juta kali sejak 2014.

4. Lagu anak-anak

Bukan cuma ditonton anak-anak, lagu anak juga didenger sama orangtuanya. Makanya, akun LittleBabyBum udah dapet 9 juta subscriber dan salah satu videonya diputer sebanyak 518,1 juta kali sejak diupload 2014. Gila! Banyak banget kan? Engga pake animasi susah kayak gitu juga lagunya bisa populer kok.

5. Potongan acara TV

Ketika kamu engga terlalu jago ngomong, bereaksi, bikin animasi, dan mengompilasi lagu, kamu masih bisa ngerekam potongan acara TV yang lagi seru, terus menguploadnya lagi ke YouTube. Video yang Genmuda.com kasih di atas aja udah ditonton 40 juta kali sejak 2012.

Initinya, masih banyak kok cara supaya channel kamu engga sepi dan tetep menghibur. Engga ada salahnya kan bikin video kayak gitu, karena siapa tau orang jadi tertarik ngeliat semua konten YouTube kamu, termasuk vlognya. Selamat mencoba. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.