Sabtu, 23 Januari 2021

Genmuda – Berkomitmen sama hobi dan tanggung jawab pastinya penting, tapi terlalu berkomitmen ternyata engga baik juga, apalagi kalo jadi komedian. Bisa banyak orang sakit hati cuma karena becandaannya dianggap kelewatan.

Kawan Muda pasti udah tau kalo yang diomongin adalah Uus. Doi diomelin netizen setelah jadiin Habib Rizieq sebagai bahan becandaan pada 21 Januari. Netizen ngerasa doi kelewatan dan langsung mengeritik cuitannya.

Kritik yang dateng bertubi-tubi itu malah dijadiin bahan becandaan lagi sama si Uus hingga 23 Januari. Pada akhirnya, Uus mengakhiri twit-war versi doi lawan netizen dengan postingan, “Udah udah. Besok aku sudah ngga di Inbox. OVJ pun sepertinya demikian. Terima kasih ya semuanya.”

via kapanlagi.com.
Spanduk yang merupakan bentuk dukungan kepada Habib Rizieq yang lagi terlibat urusan hukum, malah jadi bahan cengan Uus. (Sumber: kapanlagi.com).
via kapanlagi.com.
Twit-war Uus vs netizen. (Sumber: kapanlagi.com).
via kapanlagi.com.
Penutup twit-war. (Sumber: kapanlagi.com).

Terlepas dari pro-kontra atas ciutannya tadi, nasi udah menjadi bubur. Dan Uus pun bukan satu-satunya komedian yang mengalami kasus kayak gitu. Sebelumnya ada beberapa komedian yang sama-sama blunder sama bahan bercandaannya sendiri. Berikut ini 7 di antara komedian tersebut:

1. Olga Syahputra

via lewatmana.com.
(Sumber: lewatmana.com)

Olga Syahputra (almarhum) sering banget ngelawak di berbagai acara televisi dan sering juga lawakannya bermasalah sampai ditegur Komisi Penyiaran Indonesia. Beberapa acara yang diomelin KPI gegara lawakan doi di antaranya, “Yuk Kita Sahur” dan “PESBUKERS.”

2. Gilbert Gottfried

via goliath.com.
Ini dia si Gottfried. Doi yang manusia loh, bukan angsa. ahaha. . . apasih. (Sumber: goliath.com).

Dua lawakan Gilbert Gottfried di Twitter soal Tsunami Jepang 2011 bikin doi diomelin netizen dan akhirnya dipecat dari perannya sebagai pengisi suara bebek maskot asuransi Aflac di iklan. Kedua twitnya sekarang udah dihapus, tapi pekerjaannya di Aflac engga bakal didapet lagi karena asuransi Amerika Serikat itu tumbuh dengan pesat di Jepang.

3. Charlie Sheen

via inquisitr.com.
Ini Charlie Sheen yang juga dituduh mengonsumsi narkoba. (Sumber: inquisitr.com).

Charlie Sheen lebih gila lagi, doi sering bercanda sambil menyindir produser serial yang lagi doi mainin lewat Twitter. Pada akhirnya, produser “Two and A Half Men” memecat doi dengan alasan terlalu menjadi sosok yang kontroversial di media sosial. Karena pemeran utamanya cabut, serial itu berhenti diproduksi.

4. Chelsea Handler

via abcnews.com.
(Sumber: abcnews.com).

Chelsea Handler, mantan pembawa acara talkshow E! dituduh bertindak rasis karena becanda soal Lupita Nyong’o, –aktris keturunan Kenya yang menangin Academy Awards 2014. Handler ngetwit, “Congratulations #lupita To pre order #ugandabekiddingme” dimana dalam ciutannya terdapat link yang menuju langsung ke buku perjalanan Afrika yang doi jual di Amazon. Yah, bukannya laku, orang jadi males beli bukunya.

5. Norm MacDonald

via pinterest.com.
Norm MacDonald waktu tahun 1997. (Sumber: pinterest.com).

Jokes Norm MacDonald yang berbau sarkasme bikin doi jadi pembawa acara rubrik “Weekend Update” di variety show “Saturday Night Live.” Ironisnya, doi kemudian dipecat karena lawakannya itu. Waktu itu doi menjadikan pembunuhan yang dilakukan OJ Simpson terhadap mantan istrinya sebagai bahan lawakan, sekitar tahun 1997.

6. George Carlin

via versusbattle.com.
Ini George Carlin tahun 2014. (Sumber: versusbattle.com).

Yang menimpa Uus mungkin masih ringan, karena George Carlin perlu hadapi meja hijau pada 1972 waktu ngelawak dengan judul “Seven Dirty Words You Can Never Say on Television.” Doi diadili karena banyak kata-kata kotor terucap di tayangan itu. Pada akhirnya, doi bebas tapi pengadilan ngewajibin semua acara lawak seperti itu harus disensor dulu sebelum tayang.

7. Lenny Bruce

via genmuda.com.
Foto tahanan Lenny Bruce. Doi ditanggep gegara berkata-kata kasar di depan publik, padahal lagi ngelawak. (Sumber: Istimewa).

Sekitar sepuluh tahun sebelumnya, Lenny Bruce menghadapi kasus serupa. Lawakan kata-kata kasar yang jadi ciri khas doi, akhirnya bikin pengadilan geregetan sepanjang periode 1960an. Akhirnya, pengadilan mutusin bahwa doi dilarang masuk semua klub yang ada di Amerika. Otomatis, pekerjaannya sebagai stand up komedian engga bisa lanjut. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.