Senin, 22 Juli 2024

Genmuda – Berikut review Samsung Galaxy S24 Series dari Genmuda.com. Kali ini kami mencoba varian paling tertinggi, yaitu Samsung Galaxy S24 Ultra dengan spesifikasi warna Titanium Green dengan RAM 12GB+512GB. Apa saja yang ditawarkan oleh smartphone yang juga disebut AI Phone pertama di dunia ini? Simak langsung ulasannya, gengs!

Unboxing

Isi box Galaxy S24 Ultra ©Genmuda/2024

Seperti Kawan Muda bisa lihat di atas, dalam paket penjualan Samsung Galaxy S24 Ultra kalian sudah bisa mendapatkan unitnya, kabel USB Type C to C, SIM Injector, buku panduan, dan kartu garansi. Simpel dan gak banyak gimmick. Oia, untuk adaptornya bisa kalian dapatkan secara terpisah ya.

Desain

Samsung Galaxy S24 Ultra ©Genmuda/2024

Desain Samsung Galaxy S24 series memang tidak banyak mengalami perubahan ketimbang generasi sebelumnya. Namun begitu untuk varian Galaxy S24 Ultra memiliki sisi yang lebih mengotak. Di sisi kanan terdapat tombol volume dan power/kunci. Pada bagian bawah dari kiri sudah terdapat S Pen, lubang speaker, port USB Type C, microphone, dan slot SIM Card. Sementara bagian atasnya terdapat dua lubang mic, sementara bagian kiri hanya sebatas garis antena.

Secara tampilan Galaxy S24 Ultra memang sudah terlihat premium. Dibandingkan kedua adiknya, hanya varian ini saja yang menggunakan rangka titanium dengan bobot 232 gram dan dimensi 162.3 x 79.0 x 8.6mm. Besar, tapi tetap ringan kok.

Lanjut ke masalah layar, seluruh model Galaxy S24 sejatinya dilengkapi dengan adaptive refresh rates pada rentang 1-120 Hz yang mampu meningkatkan efisiensi kinerja perangkat. Layar Dynamic AMOLED 2x-nya sudah dilindungi dengan Gorilla Victus 2 yang lebih kuat dari seri sebelumnya.

Galaxy S24 Series juga punya tingkat kecerahan puncak mencapai 2.600nit dengan visibilitas yang lebih baik di luar ruangan dengan Vision Booster. Sementara buat Galaxy S24 Ultra punya resolusi hingga 3120 x 1440 (Quad HD+). Selama pemakaian sekitar satu minggu, layar smartphone ini terasa sangat nyaman buat mata baik di dalam dan luar ruangan pada berbagai kondisi cahaya. Tentunya untuk kelas ponsel flagship udah gak perlu diragukan lagi lah, ya.

Kamera

©Genmuda/2024

Samsung Galaxy S24 punya konfigurasi kamera 200MP (23mm f/1.7); 12MP Ultra-Wide Camera (13mm f/2.2), 50 MP Wide Camera (115mm f/3.4), dan 10MP Telephoto Camera (69mm f/2.4). Sementara kamera selfienya 12MP (25mm f/2.2). Kami pun mencoba berbagai skenario untuk pengambilan foto.

Hasilnya jelas tidak mengecewakan. Warna yang dihasilkan terlihat akurat, tajam, tapi gak lebay juga. Untuk pengambilan gambar zoom 10x pun masih terlihat cukup oke, –terutama untuk objek wajah.  Hasil kamera selfienya juga tidak mengecewakan. Detail wajah terlihat baik dan warna kulit tetap alami tanpa efek berlebihan.

Menariknya AI di ponsel ini juga semakin mempermudah pengguna untuk mengedit foto mereka secara sat-set. Mulai dari mode Night yang lebih pintar mengeluarkan warna asli meski minim cahaya, menghapus cahaya serta pantulan secara mudah, hingga menghilangkan atau menambahkan objek dalam gambar.

Namanya juga AI, tentunya perlu penyesuaian untuk mempelajari proses pengeditan gambar yang diinginkan. Akan tetapi secara bertahap AI di smartphone ini mampu belajar untuk mengedit foto sesuai dengan kemauan penggunanya.

1x Zoom

1x Zoom

3x Zoom

3x Zoom

10x Zoom

10x Zoom

Kamera Selfie

Kamera Selfie

Galaxy AI

Kehadiran Galaxy AI pada Samsung Galaxy S24 Series memang jadi pembeda dan benar-benar to beyond. Yup, Gentroopers pun dibuat kagum sama beberapa fitur AI yang cukup cerdas dan bermanfaat bagi kebutuhan Kawan Muda.

Pertama ada Circle to Search yang berguna untuk mencari berbagai macam informasi gambar di Galaxy S24. Kamu bisa mencarinya lewat kamera atau bahkan dalam video di media sosial kayak TikTok, YouTube, Instagram dan masih banyak lagi. Penggunaannya cukup simpel. Cukup tahan tombol home dan otomatis Circle to Search bakalan muncul di layar dan pengguna bisa nge-tap atau melingkari objek yang pengen mereka cari.

Kemudian ada Live Translate. Di sini kamu gak perlu lagi deh bolak-balik pakai Google Translate, soalnya Galaxy AI punya fungsi penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional.

Selanjutnya kami mencoba fitur Interpreter. Sesuai namanya, kamu bisa menerjemahkan percakapan secara instan, karena di sini bakal ada tampilan split-screen di layar ponsel. Menariknya fitur ini dapat kamu gunakan tanpa koneksi internet/Wi-Fi, selama kamu telah mengunduh bahasa asing yang ingin diterjemahkan ke dapa.

Kemudian buat produktivitas lainnya, ada fitur Chat Assist yang membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan tiap pesan terdengar seperti yang kita maksud, baik saat mengirim chat ke rekan kerja ataupun ketika membuat konten di media sosial.

Buat membantu bikin ringkasan, template untuk menyederhanakan catatan, serta cover yang memberi preview singkat untuk tiap catatan agar lebih mudah dikenali ada fitur Note Assist. Nah, yang gak kalah keren ada fitur Transcript Assist yang mampu mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan rekaman suara, bahkan ketika ada banyak orang yang bicara sekalipun.

Performa

©Genmuda/2024

Dengan RAM 12GB+512GB, Samsung Galaxy S24 Ultra berjalan mantap untuk banyak banget kebutuhan. Mau multitasking ke berbagai aplikasi pun smooth banget tanpa adanya lag. Baterai 5.000mAH juga cukup mendukung kebutuhan harian Kawan Muda.

Untuk yang doyang ngegame, Smarpthone ini juga cukup andal buat main game triple A sekalipun. Meski body ponsel terasa cukup hangat dan cukup menyedot daya bateri, namun itu semua masih dalam tahap wajar kok. Sementara untuk penggunaan wajar dengan fitur AI, Galaxy S24 Ultra juga bisa tahan seharian.

Kesimpulan

©Genmuda/2024

Sebagai AI Phone, Samsung Galaxy S24 Series jelas memberikan Kawan Muda masa depan sesungguhnya hanya dalam genggaman. Kendati belum mendukung bahasa Indonesia untuk saat ini, namun kehadiran Galaxy AI jelas menjadi pioner dari the next level of AI smartphone. Jadi gak menutup kemungkinan jika AI di ponsel ini akan terus belajar atau mungkin bisa benar-benar diandalkan layaknya JARVIS milik Iron Man. Gimana? Tertarik meminangnya, gengs?

Our Score

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.