Minggu, 3 Maret 2024

Genmuda – ASUS resmi meluncurkan laptop Zenbook 14 OLED (UX3405) sebagai AI powered OLED laptop di Indonesia. Menariknya ini menjadi laptop tipis pertama ASUS yang sudah menggunakan prosesor Intel Core Ultra Series alias prosesor generasi terbaru yang telah ditenagai oleh AI dan dapat mengakomodasi pemrosesan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan hemat daya.

ASUS mengklaim bahwa Zenbook 14 OLED memberikan banyak upgrade dibandingkan generasi sebelumnya. Bahkan laptop 12 inci itu sudah menggunakan layar 3K (2880×1800) 120Hz dengan tingkat kecerahan hingga 600-nits, rasio layar 16:10 untuk memaksimalkan produktivitas, serta bezel ultra-tipis dengan screen-to-body ratio 87%.

“Selain sudah menggunakan prosesor Intel Core Ultra Series, layar 12 inci sudah menggunakan layar ASUS Lumina OLED beresolusi 3K, upgrade kamera, hadir dalam dua warna; phantom blue dan foggy silver,” kata Technical PR ASUS, Riandanu Utomo di Jakarta, Jumat (2/2/2023).

©Genmuda/2024

“Bobotnya hanya 1,2 kg dan ketebalan 14,9mm. jKka dibandingkan kompetitor lain, laptop ini punya baterai paling besar. Battery lifenya lebih baik di Zenbook sebelumnya,” tambah pria yang akrab disapa Danu itu.

Meski tipis, Zenbook 14 OLED dirancang tangguh dan berhasil meraih sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). ASUS bahkan menghadirkan Zenbook 14 OLED sebagai laptop tipis ramah lingkungan dengan jejak karbon hingga 50% lebih rendah dibandingkan laptop sekelasnya.

FYI, prosesor di laptop ini juga sudah dilengkapi NPU (Neural Processing Unit) yang hadir secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI. Ada juga tambahan dengan penyimpanan SSD hingga 1 TB, RAM 32 GB, dan WiFi 6E (802.11ax), yang merupakan laptop ultraportable premium terbaik saat ini.

Laptop ini juga menyediakan berbagai port I/O modern, mulai dari dua port Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1 (TMDS), hingga jack audio 3.5 mm. Zenbook 14 OLED tidak hanya memiliki kapasitas besar 75Wh, tetapi juga memiliki siklus pengisian daya hingga 20% lebih tinggi, sehingga memberikan jaminan masa pakai laptop yang lebih panjang. Didukung fitur USB-C® Easy Charge, bikin laptop ini tampil lebih fleksibel karena daya baterainya dapat diisi menggunakan adaptor USB-C® yang ringkas, atau bahkan menggunakan power bank.

Premium Experience

©Genmuda/2024

Zenbook 14 OLED gak cuma hadir dengan dukungan fitur seperti Smart Amplifier dan ASUS Audio Booster yang didukung oleh Dolby Atmos. Kini laptop anyar ASUS itu sudah dibekali dengan super-linear speaker yang lebih powerful dan telah tersertifikasi oleh Harman Kardon.

Ada pula ASUS ErgoSense Keyboard yang dirancang khusus untuk memaksimalkan pengalaman mengetik yang kini hadir dengan suara tombol yang lebih senyap sehingga tidak mengganggu orang lain. Ditemani IR camera yang sudah dibekali fitur berbasis AI, serta mikrofon dengan AI noise-cancellation, Zenbook 14 OLED (UX3405) adalah laptop ultraportable premium yang dapat menyuguhkan pengalaman penggunaan terbaik untuk para penggunanya.

Di Indonesia perangkat ini sudah bisa Kawan Muda dapatkan dengan harga mulai Rp17,3 juta untuk konfigurasi (Ultra 5-125H / 16GB RAM / 1TB Storage / Non-touch); Rp20,3 juta (Ultra 7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Non-touch); Rp21,3 juta (Ultra 7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Touch).

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.