Minggu, 3 Maret 2024

Genmuda – Timnas Indonesia secara dramatis lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 pada Kamis (25/1/2024) malam WIB. Ini sekaligus menjadi sejarah baru buat Skuad Garuda.

Timnas Indonesia lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik di fase grup. Hasil itu diraih Marselino Ferdinan dkk setelah laga Kirgistan vs Oman berakhir imbang. Alhasil, Oman harus finish di bawah Indonesia sebagai tim peringkat tiga terbaik.

Meski harus diakui berbau keberuntungan, namun perjuangan Timnas Indonesia layak diacungi jempol. Terus apa saja yang bikin kita harus bangga dengan pencapaian anak asuh Shin Tae-yong itu? Berikut ulasannya.

1. Momen bersejarah

©AFC/2024

FYI, ini jadi pertama kalinya Indonesia lolos ke babak 16 besar. Sepanjangan keikutsertaan Skuad Garuda sebanyak lima kali, (1996, 2000, 2004, dan 2007), Indonesia cuma mentok di fase grup. Dan baru edisi kali ini mereka lolos ke fase grup.

2. Skuad paling muda

Timnas Indonesia merupakan tim dengan skuad termuda di Piala Asia 2023. Jika dirata-rata, Skuad Garuda punya usia 23,69 tahun. Praktis, harusnya Indonesia punya masa depan cerah dalam beberapa tahun ke depan.

3. Tim ranking terendah

Pencapaian terbaik selanjutnya gak lepas dari ranking FIFA terendah di babak 16 besar, yakni di posisi 146 dunia. Mau dibilang hoki, faktanya cuma ada tiga tim yang punya ranking di atas 100, yaitu Tajikistan (106), Thailand (113), dan Indonesia (146).

4. Tapi sering cetak gol dan sekali clean sheet

Meski secara poin Indonesia hanya finish di peringkat tiga terbaik, namun dari fase grup, anak-anak Garuda selalu mencetak gol, bahkan ke gawang Jepang lewat gol dari Sandy Walsh. Menariknya lagi, cuma Indonesia yang sekali clean sheet saat menang 1-0 atas Vietnam, sementara baik Irak, Vietnam, dan Jepang selalu kebobolan.

5. Siap cetak sejarah selanjutnya

©AFC/2024

Di babak 16 besar Indonesia sudah ditunggu sama tetangga, Australia, yang sering lolos ke Piala Dunia. Laga itu akan berlangsung Minggu (28/1/2024). Secara ranking Australia ada di peringkat 25. Tapi bukan berarti tidak ada yang tidak mungkin, terlebih permainan Timnas Indonesia cukup baik saat dipengang oleh Shin Tae-yong.

Nah, menurut Kawan Muda, kira-kira apakah Indonesia menang dari Australia? Tulis komentar kamu di bawah, ya!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.