Jum'at, 15 Januari 2021

Genmuda – Siklus kehidupan sebagian besar manusia di dunia itu sama. Pagi-pagi udah bangun tidur ngecek handphone, terus berangkat kerja ke kantor, beraktivitas, dan akhirnya pulang lagi ke rumah. Begitu aja terus sampe kamu berumur dan akhirnya lelah buat kerja. Terkecuali kamu artis, bangun tidur udah dikejar-kejar wartawan, siang-siang syuting film sampe subuh, tidur cuma dapet 2 jam dan besoknya gitu lagi sampe tipes.

Perputaran ini engga bisa kamu tolak sama sekali karena hadirnya nilai uang di dunia. Cuma dengan uang kamu bisa menuhin segala kebutuhan hidup sebagai manusia. Setuju engga? Kalo kamu jawabnya geleng-geleng, kayaknya ada yang salah sama kamu.

Uang, yang bahasa Inggrisnya money (asik sok paling oke), cuma bisa kita dapetin dari bekerja keras. Dari jaman baheula sampe sekarang engga ada yang berubah. Sebelum revolusi industri yang terjadi di Perancis, pertukaran uang di dunia itu masih meliputi bidang pertanian, pertambangan, dan manufaktur. Kalo sekarang? Ya masih sama Kawan Muda, cuma ditambah dengan sebutan ‘Orang Kantoran’.

Orang Kantoran

Sebutan ‘Orang Kantoran’ itu muncul di era modern seperti sekarang buat para pekerja yang menghabiskan waktunya duduk di belakang meja. Duduk-duduk sampe bongkok, ngetik segala macem terus kedinginan karena AC dan ngitung-ngitungin uang bos yang kalo salah gajinya dipotong. Kalo udah deket tanggal gajian, baru senyum-senyum sendiri.

Kata kantor sendiri merupakan gabungan dari 2 tokoh, Kane dan Thor. Kalo kamu penggemar smack down pasti udah pada tau, Kane itu pegulat yang pake topeng, sementara Thor itu nama pahlawan petir di The Avengers. Jadi, kantor artinya orang kuat yang pake topeng terus kesetrum. *Tolong jangan terlalu serius bacanya.

Buat kamu yang lagi cari kerja, biar bisa disebut ‘Orang Kantoran’ ada baiknya kamu harus baca beberapa hal di bawah ini yang Genmuda rangkum biar kamu engga heran pas jadi ‘Orang Kantoran’. Karena semua hal yang ada di bawah ini, pasti ada hampir di setiap kantor. Enjoy!

Achievement Unlocked: Orang Kantoran

1. Makan Siang Bareng

Hal ini pasti terjadi di banyak kantor. Sarana makan siang bareng biasanya dijadiin waktu buat ngopi sambil sebats dulu, setelah nahan ngantuk dari pagi karena kurang tidur. Buat para cewek, biasanya sambil ngegosip ngomongin karyawan ganteng yang baru masuk.

 

2. Lina Jobstreet

(Sumber: Jobstreet)

Lina siapa?!? Kalo kamu nyari lowongan kerja lewat situs jobstreet pasti kamu diharuskan buat akun pake email kamu. Abis nentuin kategori kerja yang kamu cari dan ngelengkapin profil, kamu udah bisa cari lowongan sana-sini. Salah satu kemudahan yang dikasih jobstreet itu kita bisa dapat info lowongan kerja pilihan kita setiap hari via e-mail. Dan yang ngirim itu Lina. Kamu harus bersahabat sama dia bahkan dia bisa lebih perhatian daripada pacar sendiri. Awas jangan baper!

 

3. Office Boy Kesayangan

Mereka termasuk salah satu pegawai yang berjasa di setiap kantor. Engga kebayang kamu lagi kerja tapi lantai kotor dan bau, atau kantor kamu banyak jaring laba-labanya. Biasanya, setiap ‘Orang Kantoran’ punya office boy kesayangan. Contohnya, kamu baru manggil dia sebentar, dia udah tau kalo kamu ngantuk dan butuh kopi. Behhh, itu office boy apa paranormal.

 

4. Kubu Karaoke

Kubu ini pasti ADA. Kejadian kayak gini bakal kamu temuin kalo kamu udah berbaur sama ‘Orang Kantoran’ lainnya. Setelah sebulan kerja, akhirnya ada ajakan, “Eh Spiderman, nanti ikut karaoke yuk. Semuanya pada ikut, bos yang traktir.” Mau engga mau kamu ikut, dan sampe sana cuma bengang-bengong karena satu sama lain rebutan mic buat nyanyi. Selain itu, ada juga kubu…

 

5. Kubu Arisan

Kubu ini punya slogan “Bayar pas gajian, ngocok pas tanggal tua”

 

6. Kubu Futsal

Berisi ‘Orang Kantoran’ yang suka keringetan. Kubu ini biasanya punya alasan yang bagus buat engga masuk kantor, “Pak, maaf besok saya engga bisa masuk kantor. Kemarin pas main futsal, lapangannya saya makan,”

 

7. Kubu Pijat Kesehatan

Di sini Genmuda.com tekankan, tolong jangan sampai ada yang terjebak dalam kubu ini. Karena… sifatnya kontiuniti, berketerusan, dan berkepanjangan. Bahkan kalo bos sekalipun yang ngajak, sebisa mungkin tolak. Kecuali dibayarin.

Kalo kamu liat karyawan cowok lagi pada mojok terus ngobrolnya pelan-pelan, mereka pasti lagi nyusun rencana aktivitas sehabis pulang kantor. Pergi ke panti pijat. Jenisnya ada banyak Kawan Muda, ada yang emang bener-bener ke panti pijet karena pegel, ada juga yang buat masalah… kesehatan beneran.

 

8. Bos Galak

Sebagai ‘Orang Kantoran’ pasti kamu punya bos. Orang yang lebih berpengalaman dari kamu. Ciri-ciri bos galak bisa kamu liat dari cara dia parkir mobil. Kalo dia parkir mobil di parkiran motor, ya gapapa. Namanya juga bos.

 

9. Nine to Five (9-5)

Engga ada hubungannya sama band Ten 2 Five. Istilah ini udah jadi lem buat ‘Orang Kantoran’ yang masuk jam 9 pagi dan pulang jam 5 sore.

 

10. Meeting

Meeting merupakan evolusi terakhir dari arisan keluarga, karena di meja minimal ada makanan ringan dan minuman. Berisi karyawan-karyawan teladan yang cukup ngeliatin pembicara sambil bengong dan ancang-ancang buat jawab ‘Iya’ kalo ditanya. Tandanya kamu merhatiin isi rapat.

 

11. Gajian

Kamu kerja buat apa? Nyari cewek cantik yang pake rok sepaha, Ya pasti buat dapet uang. Biasanya gajian itu terhitung awal bulan, tapi ada juga yang di akhir bulan. Malah ada juga yang berbulan bulan, akhirnya muncul kalimat baru ‘Gajian Belum Turun 3 Bulan’.

 

12. Parkir Khusus Karyawan

Karena perusahaan sayang sama karyawan, akhirnya dibuatin parkiran khusus karyawan, dipacarin, diajak makan sushi terus diajak nonton. Ternyata perusahaan engga suka sama film yang di tonton, akhirnya perusahaan dan parkir khusus karyawan berantem. Sampe rumah, perusahaan ganti status di Facebook ‘It’s Complicated’ terus nge-like kalimat motivasi buat buktiin ke karyawan kalo hati dia strong.

 

13. Sticky Notes

Horeeeee, akhirnya kerja keterima dan kamu udah ngejalanin hari pertama. Begitu masuk ruangan, yang kamu liat Cuma Meja, PC, dan tempelan warna-warni di tembok. Jangan heran, itu namanya stick notes. Kertas tempel yang berfungsi sebagai reminder kamu. Terkadang isinya catatan utang ke tukang gorengan di lantai 1.

 

14. Morning Briefing

Terkadang pertemuan di pagi hari yang beralih fungsi menjadi ajang nyari jodoh. Jadi jangan lupa mandi sebelum ngantor.

 

15. Deadline

Kata ini bikin kamu kurang tidur, garuk-garuk kepala, minum kopi 6 gelas, duduk gelisah dan rasanya mau bakar kantor.

 

16. PHK

Pemutusan Hubungan Kerja. Hal yang satu ini bisa terjadi kalo kamu dapet deadline tapi kamu engga kuat dan bakar kantor kaya di atas.

 

17. Lembur

Bagi sebagian ‘Orang Kantoran’, lembur atau jam kerja tambahan itu ada enak engga enaknya. Enaknya, kamu bisa dapet penghasilan tambahan. Engga enaknya, ketinggalan nonton sinetron jam 6 sore sampe jam 10 malem.

Sebenarnya, masih banyak banget hal yang bisa terjadi sebagai orang yang menyandang predikat ‘Orang Kantoran’. Tapi, kayaknya lebih enak kamu yang ngerasain sendiri pengalaman itu. Bukankah lebih enak kalo ngerasain langsung secara alami? Setuju engga? Artikel di atas jangan dianggap serius. Genmuda udah ngerangkum poin pentingnya buat kamu, sisanya? Cari tau sendiri. Happy working! (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis