Sabtu, 26 September 2020

Genmuda – Apa sih arti sukses buat kamu Kawan Muda? Punya mobil banyak, bisa beli rumah, ngasih hadiah ke orang tua, dan punya istri lima?

Sukses buat setiap orang diukur dengan penggaris yang beda-beda. Ada yang menganggap dirinya udah sukses kalau bisa mandiri dan engga jadi beban buat orang tua lagi. Ada yang menganggap sukses tuh kalau udah bisa bolak-balik Jakarta – London tanpa perlu mikirin biaya. Ada juga yang masih bilang, “Pokoknya gue mau jadi orang sukses!” tanpa tau ukuran suksesnya dia kayak gimana.

Di masa muda gini, karir, pekerjaan, dan hidup emang kayaknya baru aja di mulai. Apalagi kalau kamu baru lulus sekolah/kuliah dan baru ngerasain dunia kerja. Gimana capeknya nyari uang sendiri, gimana pusingnya menghadapi tekanan di kantor, gimana nyari pekerjaan yang sesuai sama kamu, dan masih banyak lagi galau-galaunya.

Masih engga yakin kalau saat ini kamu udah sukses atau belum? Jangan khawatir Kawan Muda. Sukses tuh engga melulu harus diukur dari materi dan harta kekayaan aja kok. Bahkan kalau kamu berhasil ngelakuin hal-hal ini, sebenernya kamu lagi jalan ke arah kesuksesan, tanpa kamu sadari sendiri!

 

  1. Berhasil ngelawan rasa takut dan ragu-ragu

Tanda kamu selangkah di depan menuju kesuksesan yang pertama adalah berhasil ngelawan rasa takut dan ragu-ragu yang ada di dalem diri kamu. Soalnya, orang yang sukses tuh orang yang berhasil keluar dari comfort zone-nya dia, dan berani menghadapi tantangan.

 

  1. Menerima bahwa kegagalan adalah bagian dari proses berkembang

Buat orang-orang yang “mental tempe”, gagal berarti menyerah. Tapi buat calon orang sukses, kegagalan adalah titik untuk melompat lebih tinggi lagi. Dengan gagal, kamu justru belajar buat berkembang ke depannya. Kamu jadi tau, apa yang bisa bikin kamu gagal, dan selanjutnya apa yang harus kamu lakuin biar nanti engga gagal lagi. Ini memunculkan kreativitas kamu untuk menyelesaikan masalah dan menghadapi rintangan.

 

  1. Percaya pada kekuatan fokus di masa sekarang

Past is past, let is pass. Belajar nerima masa lalu dan move on bukan hal yang gampang. Engga cuma di cinta-cintaan aja, tapi juga di dalam hidup. Nah orang-orang yang sukses adalah orang yang percaya kalau masa lalu engga harus disesali terus, dan masa depan engga melulu harus dikhawatirin. Yang paling penting adalah gimana caranya fokus pada apa yang ada saat ini.

 

  1. Sadar kalau kamu gak bisa membuat senang semua orang

Kita hidup bukan buat nyenengin orang lain kok Kawan Muda. Langkah besar menuju kesuksesan diambil ketika kamu berhenti berusaha buat menyenangkan semua orang. Kamu belajar bahwa mau gimanapun, mau kamu ngelakuin apapun, bakalan selalu ada orang yang engga suka sama kamu. And that’s not a big deal.

 

  1. Selalu berusaha berpikir positif

Pikiran positif adalah kunci kesuksesan. Kalau mindset kita udah jelek terus, gimana kita bisa semangat buat beraktivitas dong? Yang ada malah lemes, engga selera, engga bisa konsen, sampai asal-asalan aja. Sementara kalau pikiran dan sikap kita selalu positif, jalan kita menuju sukses juga bakal lebih mudah. Soalnya, tiap hambatan atau kegagalan bakal ditanggapi dengan pembelajaran, bukan maki-makian.

 

  1. Berhenti nge-judge dan nyalahin orang lain

Masih suka nyalah-nyalahin orang lain tiap ada keadaan yang engga sesuai sama mau kamu? Engga di rumah, di sekolah, atau di kantor, kebiasaan ini buruk banget, dan harus kamu stop sekarang juga. Walaupun misalnya rekan kerja kamu bikin kesalahan, marah-marah, maki-maki, dan bukan solusi yang bikin masalah selesai. Justru kamu harus mencoba memahami masalah itu dari sudut pandang orang lain, dan engga cuma bisa mengkritik aja, tapi juga bantu berpikir.

 

  1. Mengejar passion dan mengerjakan hal yang kamu suka

Kenapa passion penting? Karena kalau kita ngerjain hal yang kita suka, semua maslah, beban, dan capeknya kerja bakalan jadi hal yang menyenangkan juga. Kamu bisa bangun tiap hari dengan perasaan yang excited dan siap mengejar kesuksesan dan target kamu. Kamu juga bisa ngembangin diri terus dan berkontribusi secara positif. Enak kan? Nah, inilah tanda kalau kamu udah selangkah menuju kesuksesan, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥