Senin, 17 Januari 2022

Genmuda – Berharap punya rambut kayak model iklan produk kecantikan sama sekali bukan cita-cita yang ketinggian. Serius. Rambut lembut dan sehat bisa dimiliki sama setiap orang selama tau cara merawat dan menghindari aktivitas yang ngerusaknya.

Beberapa cewek merasa harus sering ke dokter kecantikan atau salon. Padahal, perawatan sendiri di rumah juga bisa dilakuin tanpa meramu hair mask traditional atau ritual ribet lainnya. Kalo kamu gak mau buang uang buat hal-hal unfaedah, perhatiin aja tips di bawah ini.

1. Jangan keseringan sampoan

via nevistas.com
(Sumber: nevistas.com)

Dua hingga tiga kali seminggu. Itu interval keramas yang pas menurut beberapa pakar kecantikan, termasuk Dan Sharphair stylist yang biasa menangani artis Hollywood macam Kate Winslet dan Charlize Theron.

Kata doi, minyak alami di kepala didesain untuk jaga kesehatan rambut. Sering keramas menimbulkan kekurangan minyak alami yang bikin rambut beradaptasi dengan ngeluarin lebih banyak minyak. Hasilnya rambut malah makin rusak.

2. Jauhi keramas dengan air panas

Meski menggiurkan, mandi air hangat setelah hari yang melelahkan perlu dipertimbangin. Kulit kepala yang sensitif bisa rusak hingga menimbulkan ketombe kalo keramas sama air yang terlalu panas.

Untuk mengecek tingkat kepanasannya, pastiin air masih bisa dikumur tanpa bikin gusi, gigi, dan rongga mulut kepanasan. Soalnya, panas yang bisa diterima mulut sama dengan panas yang bisa diterima kulit.

3. Perbaiki teknik menyampo

via popkey.co

Keramas yang baik harusnya hanya di bagian kulit kepala, bukan sampai ke ujung rambut. Soalnya, bikin rambut sensitif cepat rusak. Biarin aja busa samponya mengalir ke ujung rambut saat disiram air.

Teknik yang dianjurin Michael Lendon selaku hair stylist brand sampo Aveda di Inggris itu baiknya dilakuin sambil memijat-mijat kulit kepala. Darah bakal mengalir dengan baik dan rambut tumbuh subur.

4. Perbaiki teknik memakai conditioner

Sebaliknya dari sampoan, conditioner baiknya jangan sampe kena kulit kepala biar gak ketombean. Zat yang memengaruhi tekstur rambut itu justru baiknya diolesin ke bagian rambut, terutama di ujung-ujungnya. Pastiin rambutnya dalam keadaan kering karena zat di dalam conditioner gak akan meresap kalo terhalang air.

5. Keringin rambut pake handuk

via nymag.com
(Sumber: nymag.com)

Perasaan terburu-buru selalu memancing cewek buat ngeringin rambut pake hair dryer. Padahal, uap panasnya mengancam kelembapan rambut kamu. Rambut kering itu sumber masalah kerontokan dan rambut patah. Jadi, paling baik keringin rambut pake handuk.

Kalaupun harus pake hair dryer, pastiin suhu panasnya paling ringan dan mengarahkan uapnya ke arah bawah, bukan ke arah samping. Terus, jangan mengeringkan rambut terlalu dekat dengan sumber hawa panas hair dryer.

6. Pakai handuk berbahan lembut

Rambut yang sensitif banget pasti sering patah saat dihandukin. Jadi, jangan mengelap rambut kayak lagi ngelap piring kotor. Handuknya ditotol-totol aja. Atau, cari handuk yang bahannya lembut seperti katun. Kalo gak ada, handukan aja pake kaos bekas yang masih bersih.

7. Ganti produk rambut

via tumblr.com

Sampo dan conditioner yang kamu pakai sekarang belum tentu yang terbaik buat rambut. Saat lagi nyalon, coba deh tanyain produk yang cocok buat jenis rambut kamu. Bertanyanya yang detil, ya, supaya engga dikadalin orang salon untuk membeli produk-produk mereka. Hehehe.

8. Hati-hati memakai aksesoris rambut

Gak mau rambut kamu bikin saluran air mampet? Makanya, jangan pake penjepit atau pengikat yang terlalu kencang. Gak banyak rambut yang berserakan di lantai kamar? Makanya, jangan pakai sisir yang kasar dan giginya terlalu rapat.

9. Cukup minum air putih

via Stylist
(Sumber: Istimewa)

Rambut yang sehat dan indah cuma bisa diperoleh kalo keseluruhan badan kamu cukup air. Jadi, penting banget untuk rajin minum air putih. Paling enggak, delapan gelas sekali. Atau, minumlah tiap kali kamu ngerasa haus atau tenggorokan kering.

10. Jangan terlalu stres

Secara teori, stres bikin organ tubuh dari ujung rambut sampe ujung kaki bermasalah. Selain itu, stres juga bikin muka keliatan engga cantik. Kalo muka aja udah kayak mak lampir, apa lagi rambutnya.

Yuk, lah. Praktekin tips-tips di atas ya, girls. Meski cuaca lagi mendung-mendungnya, jangan ragu buat jaga kesehatan rambut. Siapa tau cerah rambut kamu cerahin hati doi. Cielah bisa gitu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.