Senin, 15 Juli 2024

Genmuda – Jaman sekarang, siapa sih yang gak punya smartphone? Bukan cuma kalangan atas aja, kalangan kelas menengah ke bawah pun udah banyak yang punya smartphone.

Di satu sisi, gak bisa diungkiri kalau keberadaan smartphone memang udah membuat kita jadi lebih mudah dalam berbagai hal. Sayangnya, di sisi lain smartphone juga bisa menghilangkan beberapa hal yang tadinya kita biasa gunakan? Apa aja ya yang disingkirkan smartphone? Yuk, kita lihat, Kawan Muda!

  1. Surat dan kartu pos
(Sumber: pellonprojects.com)

Buat kamu yang termasuk anak Generasi 90-an, dulu kamu mungkin masih ngalamin yang namanya surat menyurat. Jaman SD aja pake surat cinta-cintaan gitu kan? Eh pas sekarang udah ada email atau bahkan layanan chatting, kamu sekarang jadi gak main surat-suratan lagi deh.

Bukan cuma itu, dulu kamu mungkin masih sering dapat kiriman kartu pos dari teman atau anggota keluarga yang lagi di luar kota atau bahkan luar negeri. Sekarang gara-gara udah ada Instagram, kartu poskayaknya jadi engga begitu kepakai lagi.

  1. Kamera
(Sumber: pexels.com)

Sekitar 10 tahun yang lalu, kamu mungkin masih harus nunggu beberapa hari buat bisa lihat dan cetak hasil jepretan. Jaman sekarang mah cuma butuh beberapa detik buat liat hasilnya dan kalau mau dicetak pun gak sampai setengah jam. Kamera, apalagi yang analog, sekarang engga begitu diminati karena udah ada smartphone.

  1. Album foto
(Sumber: julieharrison.ca)

Ini adalah barang langka buat para anak muda jaman sekarang. Bisa kumpul bareng sama keluarga liat-liat album foto mungkin udah tinggal kenangan. Sekarang mah udah ada “album online“, semua udah tersimpan secara digital di smartphone dan gak perlu dicetak.

  1. Jam weker
(Sumber: photobucket)

Memangnya masih ada ya anak jaman sekarang yang pakai jam weker yang bunyinya nyaring? Sekarang, kamu pasti bakal lebih milih buat pakai alarm yang ada di smartphone kamu. Kamu pun bisa milih buat dibangunin sama suara merdunya Maudy Ayunda atau lagu metalnya Metallica.

5.  Kalkulator

(Sumber: amazonaws.com)

Buat apa beli kalkulator kalau punya smartphone? Sekarang smartphone gak cuma punya layanan kalkulator biasa aja, tapi juga kalkulator ilmiah, Kawan Muda. Hilang deh pengguna kalkulator fundamentalis!

  1. Buku Agenda
(Sumber: amazon.com)

Dulu, untuk nyatet kegiatan kamu pasti butuh buku agenda tahunan. Dengan smartphone, kamu udah engga perlu lagi agenda, soalnya jadwal rapat maupun main sama teman bisa langsung kamu catat di smartphone dan bahkan ada nada pengingatnya.

7.  Alat navigasi

(Sumber: glossopnavigation.co.uk)

Jaman dulu, kamu perlu peta atau nanya ke orang-orang sekitar untuk tahu jalan ke tempat tujuan. Dengan adanya smartphone, gak perlu deh tuh nanya orang atau peta konvensional buat nunjukin jalan. Ada Waze atau Google Map yang bisa membantu kamu.

8.  Telepon umum

(Sumber: WordPress)

Sampai awal-awal milenium baru, koin masih jadi barnag yang berharga, soalnya bisa digunain untuk telepon umum. Kini, telepon umum di pinggir jalan udah jarang banget terlihat. Kalaupun ada, biasanya kondisi telepon umum itu udah rusak.

  1. Walkman
(Sumber: wtop.com)

Bisa dibilang ini adalah kakeknya iPod. Dulu, biasanya kaset bakal dimasukin ke walkman dan kita asik sendiri dengerin lagunya. Jaman sekarang, lewat layanan streaming musik di smartphone, kamu bisa nikmatin ribuan album bahkan kompilasi lagu.

  1. Waktu untuk sendiri
(Sumber: bookcoverpics.com)

Menurut penelitian, meluangkan waktu tanpa melakukan aktivitas apapun selama 10-15 menit bisa membuat kesehatan jiwa kita menjadi  lebih baik. Semenjak ada smartphone, coba kamu tanya ke diri sendiri, kapan terakhir kali kamu duduk diam alias gak ngapa ngapain tanpa ngeliat smartphone kamu? Pasti kamu jarang banget punya waktu untuk rileks buat diri sendiri dan lebih sering cek media sosial di smartphone. (gac)

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.