Minggu, 17 Januari 2021
Hiburan

10 Fakta Menarik dari Film ‘Jagoan Instan’

Chand Parwez Servia selaku pemilik rumah produksi Starvision dengan sejumlah pemain di film 'Jagoan Instan' (Foto: Genmuda.com/2016 Wisnu)

Genmuda Minggu depan dunia perfilman Indonesia akan diramaikan oleh film superhero berjudul ‘Jagoan Instan’. Film sendiri menceritakan sosok superhero lokal dengan mengangkat isu sosial.

Dibintangi oleh Kemal Paslevi, Dede Yusuf, Kevin Julio, Meriam Belina, dan Annisa Rahma, film yang bernaung di rumah produksi Starvision ini digarap oleh sutradara Fajar Bustomi dan penulis naskah Musfar Yasin.

Tapi sebelum film ‘Jagoan Instan’ rilis minggu depan, sebaiknya kamu simak dulu beberapa fakta menarik yang baru aja terungkap di acara jumpa pers ‘Jagoan Instan’ pada hari Rabu (10/2):

  1. Skrip tahun 2008

Musfar Yasin, penulis skenario film ‘Get Married’, ternyata udah selesai nulis naskah ‘Jagoan Instan’ tahun 2008. Namun naskah tersebut urung direalisasikan karena kendala teknologi CGI yang bisa memvisualisasikan kemauan Yasin. Akhirnya di tahun ini kendala tersebut berhasil dikerjakan oleh tim OrangeRoomCS.

“Karena ini adalah film superhero, dibutuhkan CGI yang mumpuni dan teknologi tersebut baru dapat di produksi tahun ini (2015)” kata sang produser, Chand Parwez Servia.

  1. Bertema komedi satir

Musfar Yasin terkenal akan film komedinya. Sebelumnya doi menggarap skenario buat film ‘Nagabonar Jadi Dua’, ‘Kiamat Sudah Dekat’, ‘Get Married’ dll. Pada film ini Yasin mengedepankan tema satir yang menyindir pemerintah dan masalah-masalah sosial yang ada di Indonesia.

  1. Direncanakan rilis bulan Desember
Lala Karmela dan Ernest dalam film NGENEST (Sumber: Dok. Starvision)
Lala Karmela dan Ernest dalam film NGENEST (Sumber: Dok. Starvision)

Menurut sang produser, awalnya film ini dirilis bulan Desember 2015, namun terhalang oleh teknologi pra produksi yang belum selesai. Alhasil film ‘Ngenest‘ yang rencananya dirilis pada Tahun Baru Imlek jadi harus tukeran jadwal dengan ‘Jagoan Instan’.

  1. Syarat pesan positif

‘Jagoan Instan’ ternyata gak melulu soal komedi aja, ada pesan positif yang ingin disampaikan kepada para penonton. Musfar Yasin sebelumnya emang terkenal akan film komedi sederhana tapi mempunyai nilai-nilai dalam ceritanya.

Kemal Pahlevi dalam acara press conference 'Jagoan Instan' di bilangan Bulungan, Jakarta, (Sumber: Genmuda.com/2016 Wisnu)
Kemal Palevi dalam acara press conference ‘Jagoan Instan’ di bilangan Bulungan, Jakarta, (Sumber: Genmuda.com/2016 Wisnu)

“Saat reading, film ini gak cuma lucu, tapi lewat dialog dialognya juga memberikan makna yang positif tentang isu sosial,” kata Kemal Palevi.

  1. Film untuk semua umur

“Kami bersyukur film ini lulus sensor dan bisa ditonton untuk semua umur karena setelah menonton film ini para orang tua bisa memperbincangkan isu sosial dengan anaknya dan membuat anaknya mengerti.” Kata produser film Jagoan Instan.

Menurut sang sutradara, Fajar Bustomi, adegan kekerasan dan dialog yang dibuat tidak terlalu ekstrem sehingga dapat ditonton oleh semua umur. Jadi aman ya kalo nonton sama keluarga pacar kamu. He-he.

  1. Ada Ki Mantep “Pancen Oye”

Kawan Muda pasti kenal dong dengan image dalang di iklan obat sakit kepala itu? Nah si dalang yang diperanin sama Ki Mantep awalnya enggan diikutsertakan karena merasa akting bukan bidangnya. Namun berkat bujukan sang sutradara akhirnya Ki Mantep memutuskan bergabung.

  1. Peran Impian Kemal Palevi

Menurut Kemal, doi mengambil peran ini karena dulu kecil bercita cita menjadi superhero. Apalagi saat ini udah engga ada film superhero asli Indonesia. Terakhir ada film superhero Indonesia pada tahun 90-an macem saras 008, Panji Milenium, pasti kenal lah ya?

  1. Kevin Julio yang ‘gak jauh-jauh’ dari gigi palsu
Kevin Julio dalam acara press conference 'Jagoan Instan' di bilangan Bulungan, Jakarta, (Sumber: Genmuda.com/2016 Wisnu)
Kevin Julio dalam acara press conference ‘Jagoan Instan’ di bilangan Bulungan, Jakarta, (Sumber: Genmuda.com/2016 Wisnu)

Kevin Julio berperan sebagai Romeo, tokoh antagonis yang dikenal sebagai si Jelek dalam ‘Jagoan Instan’. Doi merebut Pertiwi (Annisa Rahma) pacar Bumi (Kemal Palevi). Pada perannya kali Kevin lagi-lagi harus menggunakan gigi tonggos (palsu lagi). Kayaknya image sinetron vampire doi susah lepas ya?

  1. Shooting penuh perjuangan

Di film ini ada beberapa adegan sulit, terutama saat Kevin dan Kemal mengenakan pakaian superhero. Dengan cuaca yang panas dan kostum berbahan lateks membuat proses syuting jadi lebih melelahkan buat keduanya. Bahkan saat adegan berantem, Kevin sempat beberapa kali pingsan karena kelelahan.

  1. Ada Jono Armstrong

Bassist ‘Gugun and The Blues Shelter’, Jono, turut bermain dalam film ini. Jono berperan bersama Tyson Lynch dan Jermain dalam karakter Mr x, Mr y, dan Mr White. Ia berperan sebagai superhero wanna be dari Amerika buat mengirimkan serum superhero ke Indonesia dan mengatasi masalah-masalah  yang ada di Indonesia. Jono dan para bule-bule tersebut bermain dalam lima sampai enam scene di film ini.

Jadi kalo udah tahu fakta-fakta di atas, jangan sampe ketinggalan nonton ‘Jagoan Instan’ yang mulai tayang pada 18 Februari 2016 dan bakal diputar di seluruh jaringan bioskop XXI, Cinema 21, Blitz Megaplex, Cinemaxx, Platinum, New Star dan bioskop independen lainnya. (sds)

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.