Sabtu, 21 Mei 2022

Genmuda – Film ‘Batman v Superman: Dawn of Justice’ memang paling dinanti-nantikan banget nih, Kawan Muda. Gimana engga, soalnya kedua superhero yang kita kenal baik ini dibuat bertarung di dalam proyek film besar dari DC ini. Hih! Tega.

Eits, pertarungan tersebut memang sengaja dihadirkan sebagai satu plot yang seru buat kamu. Semenjak diumumkan pada tahun 2013 silam, segala sesuatu tentang film ‘Batman v Superman’ udah terbenam di otak dan membuat para pecinta film penasaran berat.

Jelang perilisannya besok, Rabu 23 Maret 2016 (khusus di Indonesia), berikut Genmuda.com sajikan 10 fakta yang wajib kamu tahu tentang ‘Batman v Superman: Dawn of Justice’.

 

1. Pembuktian Kekuatan Dua Superhero

Gue tampol luuuuuu! (Sumber: screenrant)

Baik Batman dan Superman, keduanya adalah superhero yang dianggap bisa menjaga kedamaian planet Bumi. Selama beberapa dekade, Batman memang lebih unggul dari Superman dalam popularitas. Tapi berdasarkan data yang tersebar, ternyata tokoh Superman lah yang pertama kali tercipta loh.

Superman mengawali debutnya dalam acara Action Comis #1 di tahun 1938, sementara Batman baru diperkenalkan satu tahun kemudian, dalam acara Detective Comics #27. Faktanya, Bill Finger dan Bob Kane pernah bilang kalo tokoh Batman dibuat menyusul keberhasilan Superman. So, without Superman, there would be no Batman, Kawan Muda!

2. Pertemuan Awal Batman dan Superman

Cie ketemuan (Sumber: comingsoon)

Meskipun satu naungan, Batman dan Superman belum pernah berkenalan sampai di tahun 1952. Di tahun tersebut, mereka baru memulai kerja samanya dalam komik Superman #76. Dikisahkan bagaimana Bruce Wayne dan Clark Kent melakukan aksinya bersama untuk menangkap pencuri berlian di atas kapal pesiar, di lain pihak mereka harus tetap melindungi identitas masing-masing dari publik, termasuk Lois Lane.

Dua tahun berikutnya, 1954, Batman, Superman, dan Robin berada dalam satu komik berjudul World’s Finest Comics dan formasi mereka bertahan hingga 16 tahun.

3. Battle of the Big Screen

Aw! petir

Sejak tahun 1943 tokoh Batman sudah diperankan oleh 8 aktor dari keseluruhan 11 film layar lebar dan serial TV, termasuk Batman v Superman. Superman sendiri mengantongi total 10 film, dan hanya diperankan oleh 5 aktor.

Dari penilaian di atas, Batman memang punya jam terbang yang lebih banyak di layar visual. Tapi, Superman punya 4 serial TV loh, Kawan Muda, seperti ‘Superboy’ dan ‘Smallville’, sementara Batman hanya punya satu serial di tahun 60-an.

4. Bocoran dari Film I Am Legend

(Sumber: Relatably.com)

Balik ke tahun 2007, kamu masih inget gak sama perannya Will Smith dalam film ‘I Am Legend’? Di pertengahan film, terdapat poster yang memperlihatkan logo Batman v Superman tumpang tindih. Apakah ada kaitannya, Kawan Muda? Ternyata engga ada. Akiva Goldsman, selaku penulis naskah ‘I Am Legend’ cuma iseng aja majang gitu karena naskah ‘Batman v Superman’ yang dibuatnya ditolak oleh Warner Bros.

5. Rating R Pertama Kali

R artinya Romantis (Sumber: Yutup)

‘Film Batman v Superman: Dawn of Justice’ dikabarkan berdurasi kurang lebih 3 jam loh, dan juga untuk pertama kalinya film yang menampilkan Batman dan Superman diberi rating R. Bukan karena adegannya sadis-sadis kayak ‘Deadpool’, tapi R di sini lebih mengacu kepada intensitas adegan dan durasinya yang panjang.

6. Plot Adu Domba, Kehadiran Musuh Sesungguhnya

‘Batman v Superman: Dawn of Justice’ membuat para penggemar kedua pahlawan tersebut terheran. Manusia kelelawar dan Man of Steel dipaksa bertarung setelah diadu domba oleh Lex Luthor (Jesse Eisenberg). Kemunculan tokoh Doomsday pun sejatinya belum bisa diterka, namun pastinya akan menambah bumbu dalam film ini.

FYI, Doomsday adalah evolusi dari Jenderal Zod, musuh Superman dalam ‘Man of Steel’. Versi komiknya digambarkan bahwa Doomsday berhasil membunuh Superman. Kisah mereka wajib kamu tunggu di film ‘Batman v Superman: Dawn of Justice’, apakah sesuai dengan alur komik atau sebaliknya?

Dunia dihadapi pilihan supehero mana yang pantas menjaga kedamaian bumi. Bruce Wayne merasa kehadiran Superman, yang berasal dari planet lain, bisa menjadi ancaman bagi dunia. Sebaliknya, Superman menganggap bahwa Batman engga bisa diandalkan untuk menjaga ketentraman planet Bumi. Di sisi lain, Lex Luthor sepertinya tersenyum jahat melihat koflik yang terjadi di antara mereka.

7. Ben Affleck dalam Bayang Christian Bale

Seperti yang sudah kamu ketahui, pemeran Batman kali ini bukan dilakoni oleh Christian Bale, yang notabenenya telah melekat di sosok Batman versi Christopher Nolan. Ben Affleck sendiri dengan kemampuan aktingnya udah engga bisa diragukan lagi, tapi kira-kira apakah doi bisa melepaskan bayang-bayang penggemar dari peran Christian Bale ya?

Demi menjawab pertanyaan ini, Ben Affleck telah berusaha cukup keras, mulai dari latihan fisik yang doi jalani hingga pendalaman mental untuk memberikan penampilan yang sempurna dalam memerankan Batman. Pemeran Superman, Henry Cavil juga mengaku harus membesarkan otot tubuhnya dua kali lipat ketimbang yang pernah doi lakukan ketika syuting film ‘Superman: Man of Steel’ (2013). Penasaran kan?

8. “Gedungku hancur, enyah kau Superman!” kata Batman

(Sumber: heroichollywood)

Ternyata, salah satu alasan kenapa Batman mau berurusan dengan Superman di film ini karena gedung Wayne Financial milik Bruce Wayne dihancurkan oleh Superman pada film ‘Man of Steel’. Mengingat film tersebut, memang kehancuran yang diciptakan dari pertarungan Superman dan Jenderal Zod engga bisa terbendung. Hal inilah yang jadi penghubung dengan jalan cerita film ‘Batman v Superman: Dawn of Justice’.

9. Ajang Unjuk Gigi Justice League

Engga cuma Batman dan Superman, film ini pun menjadi film layar lebar perdana untuk ajang reuni tokoh Wonder Woman, The Flash, Cyborg, dan Aquaman. Bayangkan, 6 pahlawan dari 7 anggota Justice League dalam satu film! Bisa dibilang, film ini menjadi awal perkenalan Justice League unjuk gigi sebelum film Justice League dirilis pada 2017 mendatang.

10. Anggaran Produksi Terbesar DC Comic

Seakan engga mau kalah dari Marvel dalam persaingan rilis yang hampir bersamaan dengan ‘Captain America: Civil War’, DC Comic mengerahkan anggaran semaksimal mungkin dalam produksi. Engga tanggung-tanggung, Kawan Muda, dana sebesar USD 410 juta telah dikucurkan untuk ‘Batman v Superman: Dawn of Justice’ supaya bisa unggul di tangga box office.

Persaingan Marvel dan DC Comic pun semakin keliatan jelas lantaran ‘Batman v Superman: Dawn of Justice’ ditayangkan 25 Maret serentak di seluruh dunia, khususnya di Indonesia akan dirilis besok (23/3). Sementara, ‘Captain America: Civil War’ dijadwalkan rilis pada 6 Mei 2016. (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis