Sabtu, 18 Mei 2024

Genmuda – Haruka, oh Haruka. Kamu imut, suka bercanda, dan ramah. Tapi, banyak cowok ketar-ketir karena kriteria pacar idamanmu. Haruka, oh Haruka. Kenapa kamu cuma mau sama cowok kaya, bisa tiga bahasa, dan perhatian.

Bukan berdasarkan perasaan pribadi padahal emang iya, begitulah kira-kira ungkapan yang terbersit di kepala fans berat personil AKB48 yang diimpor ke JKT48 itu. Lebih memberatkan bebannya lagi, cewek kelahiran Tokyo itu juga pengen cowok yang udah punya mobil, rumah, dan serius ngajak nikah.

Di balik kriteria cowok sempurna itu, ada secercah harapan buat cowok-cowok. Haruka gak punya kriteria fisik dan gak ngejelasin lebih detil cowoknya harus seperhatian apa, sekaya apa, punya mobil bermerk apa, dan rumah semewah apa. Jadi, lo bisa lakuin 10 cara di bawah ini supaya masuk kriteria doi.

Jadi cowok perhatian

1. Baik sama orang lain

Haruka lahir 10 Februari 1992 di bawah naungan zodiak Aquarius. Berdasarkan mitos zodiak, senyum dan penampilan santai Haruka menyembunyikan ambisi besar dan baik hati. Jadi, selain baik-baikin doi meski dijutekin abis-abisan, lo juga harus baik sama orang lain biar doi atau cewek aquarius lain gak ilfil.

2. Baik sebaik cowok, biasanya yang ngajak mantannya balikan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Coba liat cowok-cowok yang berusaha ngajak mantannya balikan. Mayoritas sih nunjukin kebaikan lebih banyak dari yang ditunjukin ketika pertama kali ngegebet. Baiknya kayak apa, ya yang tulus, yang gak omdo, yang berani ngomong langsung, yang romantis (tapi gak lebay), dan yang tegas dan bisa ngasih solusi.

3. Jadi cowok baik-baik buat doi

via: Pop Sugar

Buat Haruka, jadilah “cowok baik-baik” jangan jadi “cowok baik” karena definisi dua istilah itu kayak kutub utara dan kutub selatan. Intinya, cowok baik-baik tuh punya prinsip, beretika, dan pakai logika. Tipikal husband material banget. Inget loh. Haruka nyari cowok buat jadi suami, bukan cuma pacar.

Jadi cowok kaya

4. Kuliah di jurusan “tajir”

(Sumber: Istimewa)

Jadi, apa arti jurusan tajir? Itu adalah jurusan-jurusan kuliah yang dibutuhin sebagai kriteria lapangan kerja yang nawarin gaji gede banget. Beberapa di antaranya adalah teknik perminyakan, system engineering, statistik & matematika, teknik kimia, teknik komputer, nuklir, teknik elektro, ilmu pemerintahan, marketing, juga media.

5. Jadi ahli ilmu yang jarang dimiliki

Ilmu Sastra Jawa, Pedalangan, dan Kelautan termasuk beberapa contoh ilmu yang jarang dimiliki tapi punya prospeknya cerah di masa depan. Menekuni hobi yang unik juga sebenernya bisa menghasilkan banyak uang, loh. Ketika lo jadi satu-satunya ahli di lingkungan kan lo bisa menarik tarif besar waktu jasa lo dibutuhin.

6. Nabung dan investasi

©Genmuda.com/2017 Liki
©Genmuda.com/2017 Liki

Nabung di bawah kasur bank aja gak cukup kalo lo pengen tajir. Lo kan cowok modern yang pengen disukai Haruka, nih. Coba investasi, dong! Gak usah mikir kejauhan dulu. Lo gak usah main saham atau kurs. Kalo lo gak mau nabung emas, lo bisa investasi seru mulai dari jersey bola asli hingga sepeda langka.

Bisa tiga bahasa

7. Pelajari bahasa daerah

via: popsugar

Bahasa Inggris kan udah jadi mata pelajaran wajib dan Bahasa Indonesia udah lo pakai dalam percakapan sehari-hari. Tinggal sisa satu bahasa lagi, kan. Gampang lah. Haruka emang berharap satu bahasa terakhir adalah Bahasa Jepang, tapi gak ada salahnya lo belajar bahasa daerah.

8. Manfaatin teknologi

via: Tumblr
(Sumber: Istimewa)

Belajar bahasa tanpa ada yang ngajarin emang susah, tapi lo selalu bisa mengandalkan teknologi. Banyak kok situs dan aplikasi yang ngajarin bahasa asing secara gratis. Kalo rajin sih lo bakalan lancar mempelajari bahasa baru cuma dengan modal kuota internet dan aplikasinya aja.

9. Belajar di waktu colongan

via: Giphy

Coba deh mulai manfaatin waktu luang ketika naik transportasi umum buat belajar bahasa baru biar lebih efisien. Supaya, lo gak usah mengurangi jatah libur dan waktu istirahat yang kayaknya makin langka didapat seiring makin dewasanya diri lo.

10. Kuliah di jurusan Bahasa

©Genmuda.com/2017 Fanny
Biar kayak Rangga di AADC ©Genmuda.com/2017 Fanny

Cara paling gampang buat belajar bahasa baru ya kuliah di jurusan bahasa. Gak usah parno gak dapet kerja, karena nyatanya lulusan bahasa bisa kerja di mana-mana, kok. Kalo belajar Bahasa Korea, malah mungkin lo bisa kerja di Korea dengan standar gaji sana yang di atas standar gaji Indonesia. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.