Selasa, 18 Juni 2019

Genmuda – Berharap punya banyak duit dengan mengurangi jatah makan demi nabung? Mending cari cara lain deh karena nilai uang yang ditimbun bakalan terus tergerus inflasi seiring berjalannya waktu.

Jangan berpikiran buruk dulu sama bank. Inflasi adalah hal yang pasti terjadi di tiap negara penganut ekonomi modern, alias udah bertransaksi dengan mata uang. Tentunya kalo ada daerah yang masih andalkan barter engga bakal rasain hal itu.

Bank Indonesia mencatat kalo inflasi Januari – November 2016 berkisar 3,07% – 4,14%. Dengan kata lain, harga-harga barang terus naik sekisaran presentasi itu setiap bulannya, gaes.

via giphy.com

Contoh paitnya gini. Sepuluh tahun lalu, uang 5.000 rupiah bisa dipakai beli lima permen, sementara sekarang cuma dapet tiga permen. Sekitar tahun 1970-an, 75 ribu bisa dipakai nyicil rumah, kalo sekarang jangan ngarep!

Makanya para ahli ekonomi selalu bilang kalo nyimpen emas atau tanem saham adalah cara terbaik buat nabung demi masa depan. Kedengerannya ribet ya? Yaudah deh, kalo gitu perhatiin aja ide Genmuda.com di bawah ini supaya kebocoran tabungan kamu engga gede-gede banget.

1. Mulai nyari pemasukan tambahan

via gifntext.com

Penting. Siapapun kamu, apapun kerjamu, mulailah nyari pemasukan tambahan. Kalo engga suka nanem saham, kenapa engga nyari kerja sambilan yang bisa dilakuin saat lenggang? Males? Kenapa engga coba jualan online aja?

Yah, waktu senggang bakalan berkurang, tapi kan emang hidup harus kayak gitu. Realitanya, dunia ini engga punya ruang loh buat orang pemales. Catet tuh!

2. Stop belanja yang engga terjangkau

via whatsonpamulang.com
Pasar. Tempat yang terjangkau. (Sumber: whatsonpamulang.com)

Terjangkau yang Genmuda.com maksud bukan diskon, loh. Tapi, di luar kemampuan finansial atau kalo kata peribahasa adalah ‘besar pasak daripada tiang.’ Misalkan, duit jajan kamu tiga juta rupiah, maka ponsel baru yang harganya tiga juta adalah barang yang engga terjangkau.

Kamu mungkin bisa membelinya, tapi gimana dengan jatah makan kamu? Gimana dengan jatah tabungan, duit buat beli alat tulis, atau uang buat pacaran? Engga cukup kan?

3. Banyakin pergaulan

via gifrific.com

Genmuda.com yakin kamu juga udah ngerasa kalo ada banyak kesempatan emas bikin usaha, dapet kerja, atau nambah ilmu dengan punya banyak temen. Jadi jangan pernah ragu buat datengin tempat dan kenalan baru sambil terus jaga hubungan sama temen lama.

4. Kerjain yang kamu suka

©Genmuda.com/2016 Everlyn
Kayak Popomangun yang dapetin duit dari hobinya ngegambar ©Genmuda.com/2016 Everlyn

Setelah baca sampai titik ini, kamu mungkin ngerasa kalo hidup ternyata begitu susahnya. Emang. Makanya, jangan pernah hidup buat penuhi mimpi orang lain. Lakuin semua yang kamu lakukan demi cita-cita kamu seorang, bukan cita-cita orang tua, temen, apalagi pacar.

Hanya dengan ngelakuin sesuatu sesuai passion hasil totalitas 100% bakal tercapai. Dalam dunia kerja, kualitas bagus bakal bantu kamu menanjaki tangga karir hingga puncaknya dan dapet penghasilan yang oke.

5. Sisihkan uang tabungan dulu baru jajan

via giphy.com

Seandainya kamu masih keras kepala dan engga mau nurut anjuran bermacam ahli finansial yang udah Genmuda.com rangkum di atas, perhatiin tips terakhir ini. Langsung sisihkan dan jangan pernah pakai duit itu begitu kamu terima uang jajan.

Karena pengalaman miliaran orang nunjukin kalo uang jajan bakal habis engga tersisa dipakai foya-foya kalo engga dipisahin terlebih dahulu. Nerima uang bulanan sejuta, sisihkan dulu misalnya 300 ribu dan pakai 700 ribunya buat sehari-hari. Kalo ada urusan mendesak, baru boleh pakai yang 300 ribunya.

Itulah lima hal penting yang perlu kamu lakuin supaya bisa tetep survive di tengah inflasi yang engga bakalan berhenti. Kamu kepikiran tips lainnya? Langsung aja tulis komentar kamu di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.