Rabu, 16 Januari 2019

Genmuda – Di antara banyak jurusan di Indonesia, ada beberapa yang populer setengah mati. Misalnya, bisnis, akuntansi, IT, dan desain grafis karena emang lagi dibutuhin di pasar tenaga kerja kekinian. Karena jumlah lulusan jurusan “start-up” tadi banyak (banget), gajinya ya jadi biasa-biasa aja deh.

Milih satu di antara banyak jurusan itu bisa dibilang sebagai keputusan besar di masa muda. Salah pilih jurusan bisa bikin salah pilih kerjaan juga ketika dewasa. Soalnya, gelar sarjana nanti akan terus melekat dan dipakai buat nentuin jalur pekerjaan seumur hidup. No pressure. hehehe.

Kalo kamu mau nyari duit banyak, kamu butuh kerja di bank nyari jurusan yang jarang dicari tapi ilmu-ilmunya dibutuhin banget di dunia. Adakah jurusan seperti itu di Indonesia? Ada dong, cek aja nih.

1. Sastra Jawa

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

Yang bilang anak Sastra Jawa masa depannya suram pasti belum pernah lulus, dapet beasiswa gratis ke Belanda, dan pada akhirnya jadi tenaga ahli yang kemampuannya bolak-balik disewa Negeri Kincir Angin itu. Serius. Orang-orang Belanda kan menghargai banget Budaya Nusantara dan rela bayar mahal buat ahlinya. Kalo tertarik, kamu bisa masuk Sastra Jawa di UI atau UNS.

2. Pedalangan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kamu mungkin engga suka Sastra Jawa secara keseluruhan tapi ingin jadi dalang. Kalo gitu sih masuk aja Program Studi Pedalangan di Institut Seni Indonesia Jogja, Bali, atau Solo. Sekali “manggung,” dalang bisa dibayar puluhan juta rupiah loh. Kalo manggungnya di pusat kota, misal di Taman Mini atau acara kenegaraan, mungkin tarifnya bisa sampe ratusan juta.

3. Teknik Nuklir

via decisionsciences.com
(Sumber: decisionsciences.com)

Siapa bilang Indonesia engga punya reaktor nuklir. Ada kok tiga lokasinya di Tangerang Selatan, Bandung, dan Yogyakarta. Karena tanggung jawab dan risiko kerjanya gede, tunjangan kinerja bulanan pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) bisa di atas 20 juta rupiah, loh. Itu baru tunjangan. Belum gaji pokoknya. Minat? Coba masuk dulu jurusan Teknik Energi Nuklir UGM atau Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (STTN) Batan.

4. Geofisika

via jurnalasia.com
(Sumber: jurnalasia.com)

Kerjaan lulusan geofisika mungkin kedengeran sepele. Mengamati batu. Aslinya, lulusan geofisika bisa manfaatin ilmunya dalam eksplorasi mineral, batu bara, minyak bumi, dan berbagai jenis pertambangan. Gajinya engga mungkin kecil sih kalo udah masuk perusahaan pertambangan.

5. Pelayaran

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Hayo. Terpikir engga buat masuk ke jurusan pelayaran? Selama laut masih ada, lulusan jurusan pelayaran engga mungkin pengangguran. Malah, tenaga pelayaran pernah jadi yang paling dicari di dunia kerja, loh. Kamu bisa masuk Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang atau di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta. Tau engga kalo gaji nahkoda bisa sampe ratusan juta rupiah? Tergoda kan.

6. Kelautan dan perikanan

via pixabay.com
(Sumber: pixabay.com)

Anak kelautan dan perikanan juga punya kesempatan ngeraih gaji bulanan gede. Di Indonesia, lulusan perikanan engga banyak dicari perusahaan tapi di luar negeri ada aja yang nyari dan rela ngasih gaji hingga 70 juta per bulan. Ngiler kan? Makanya masuk jurusan Teknik Kelautan ITB, Oseanografi ITB, atau Perikanan Unpad.

7. Desain produk

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Lulusan desain yang laris bukan cuma desain grafis aja, kok. Desain produk juga dicari-cari, terutama oleh perusahaan yang mau menciptakan produk fisik, entah itu makanan, minuman, atau produk industri. Seorang desain produk yang udah ahli banget bisa dapet gaji puluhan juta rupiah. Kalo tertarik, coba masuk jurusan Desain Produk ITB, ITS, atau Institut Seni Indonesia.

8. Desain interior

via mayapaulstores.com
(Sumber: mayapaulstores.com)

Desain interior juga pastinya bakal dibutuhin banget, apalagi di negara yang lagi hobi bangun apartemen dan perumahan modern kayak di Indonesia. Desainer interior bisa tergabung ke dalam developer tempat tinggal atau punya bisnis sendiri. Gajinya minimal 5 jutaan dan maksimalnya engga ada batasnya. Tapi, kamu harus masuk dulu Desain Interior ITB atau ITS. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.