Kamis, 15 November 2018

Genmuda – Fotografi bukan cuma sekedar hobi, namun bisa jadi profesi yang paling menjanjikan. Profesi fotografer sendiri udah banyak macemnya gengs, mulai fotografer weeding, jurnalistik, lanskap, candid dan masih banyak lagi.

Selain butuh kamera dan kemauan untuk belajar, seorang fotografer harus terus mengasah kreativitasnya saat menangkap sebuah gambar di kamera. Tanpa harus terlalu banyak memanipulasi gambar di Photoshop atau pake aplikasi editor foto di smartphone, banyak bangat tips dan trik fotografi murah meriah yang bisa kamu pelajarin buat dapetin foto kece nan instagrammable.

Sekarang, ada seorang fotografer weeding bernama Mathias Fast yang ngebagiin tips sederhana untuk menambahkan efek pantulan dalam hasil jepretan. Rahasianya gampang kok, yaitu dengan layar smartphone kamu doang.

Tips fotografi ini emang gak baru-baru banget, namun demikian Mathias baru kepikiran mencobanya setelah melihat pantulan gambar dari smartphone para pengiring pengantin.

“Ponsel mereka tergeletak di atas meja dan saya melihat pantulan yang (ponsel) ciptakan.” terang cowok yang udah jadi fotografer weeding selama hampir 6 tahun.

Dari situ doi tinggal berusaha menemukan sudut dan jarak yang tepat untuk menggabungkan pantulan ke dalam foto sambil menyamarkan kalo pantulannya cuma berasal dari layar smartphone.

Tanpa perlu kelamaan basa-basi, berikut tutorialnya, gengs!

“Pegang smartphone kamu secara horizontal persis di bawah lensa kamera kamu.”

via: Mathias Fast
(Sumber: Mathias Fast)

“Saat ngebidik objek yang pengen kamu jepret, kamu juga bakal melihat bagian objek memantul ke bagian bawah gambar.”

via: Mathias Fast
(Sumber: Mathias Fast)

“Selanjutnya tinggal atur sedikit posisi smartphone (sambil tetep menaruhnya di bawa lensa) sampe kamu menemukan pantulan yang kamu sukai. Tinggal jepret deh!”

via: Mathias Fast
(Sumber: Mathias Fast)

“Nih, hasil fotonya!”

via: Mathias Fast
(Sumber: Mathias Fast)

Gimana, gampang kan? Selamat mencoba ya!

 

Sumber: Petapixel

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.