Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Celana jeans atau denim adalah salah satu fashion item yang mesti semua orang punya. Selain long lasting, celana ini bisa dipake untuk segala acara, tentunya dengan memadupadankan yang benar dan menarik. Meski tren fashion dari denim selalu berubah dari tahun ke tahun, yang namanya demin selalu gak ada matinya alias selalu eksis terus.

Nah, karena jeans jadi fashion item yang bisa kamu pake terus-terusan, kamu juga mesti perhatiin beberapa hal sebelum kamu memutuskan buat beli celana ini. Gak mau kan baru beli celana jeans baru, eh pas dipake malah gak nyaman. Dan inilah beberapa hal yang mesti kamu perhatikan sebelum kamu beli celana jeans. Catet ya!

1. Tau ukuran

Ini adalah hal pertama yang mesti kamu cek sebelum beli celana jeans. Ya gimana kamu mau beli, kalo kamu aja gak tau ukurannya berapa. Yailah. Kamu juga mesti tau ukuran spesifik, jangan cuma “gue pake ukuran 30.” Ukuran tiap brand bisa aja beda-beda, jadi lebih baik kamu paham berapa ukuran pinggul dan pinggang kamu yang kiranya sesuai sama ukuran celana jeans yang kamu punya. Kalo kamu pernah beli 1 celana jeans dan itu pas, bukan berati ketika nanti kamu beli lagi, terus kamu nyamain aja ukurannya. BIG NO!

2. Perhatiin bahannya

Kamu pasti pengen punya jeans yang tahan lama kan? Coba kamu perhatiin komposisi dari bahan yang dipakai. Kamu bisa dapet jeans yang berbahan 90% katun dengan sedikit bahan elastane, yaitu bahan yang bikin celana kamu melar. Kalo kamu mau nyari jeans yang bagus, pastiin jeans tersebut terbuat dari 92% bahan katun dan sisanya adalah elastane. Kalo kamu mau pake jeans yang gampang melar, ya pake legging aja.

3. Punya potongan yang beda

(Sumber: Istimewa)

Dilansir dari gurl.com, kamu mesti perhatiin potongan jeans yang mau kamu beli, apalagi kalo kamu berniat beli jeansnya secara online. Kalo potongan jeans itu keliatannya pas di badan si model, belum tentu itu akan pas di kamu, karena tinggi badan dan bentuk badan kamu dan si model udah pasti beda. Kalo gak ada keterangan tinggi badan sama panjang celananya, mending kamu tanya lagi, daripada nanti udah beli tapi gak kepake. Gak mau repot? Ya beli langsung dan cobain sendiri aja di toko.

4. Jangan cuekin jeans yang gak melar

Jeans yang gak melar bisa bikin kamu ngerasa kesempitan di bagian paha. Kamu cuma punya kesempatan kecil buat melonggarkan jeans yang udah kamu beli itu, atau kamu mau berusaha ngubah bentuk jeans dengan berbagai cara supaya gak ketat. Tapi percuma gengs, karena mayoritas bahan denim akan kembali ke bentuk aslinya meskipun setelah kamu pakai.

5. Meskipun seukuran, tapi belum tentu muat

Kalo kamu punya beberapa jeans dengan ukuran yang sama dan ngepas waktu dipake, berarti ada yang salah sama kamu. Kamu pasti gak pernah nyoba 2 jeans yang punya ukuran beda, meski keduanya dari 1 merk yang sama kan? Nah mulai sekarang, kamu harus mulai terbiasa buat selalu cobain celana jeans sebelum beli ya, karena ukuran jeans itu selalu berubah-ubah. Jangan sampe kejebak sama ukuran yang sama, terus langsung dibeli. Mendingan ganti berkali-kali dengan ukuran yang beda di ruang ganti, daripada udah beli, tapi gak muat jeansnya.

6. Mending beli yang mahal sekalian, tapi bagus

“Price never lies” juga berlaku buat celana jeans. Kamu bisa aja sih beli jeans yang murah, tapi kira-kira kualitasnya lebih bagus dari yang mahal gak? Nah, emang sih gak semua barang murah itu punya kualitas yang kurang bagus, dan gak semua barang bagus itu punya kualitas yang selalu bagus. Tapi seenggaknya, kalo kamu beli jeans di tempat yang terpercaya dan banyak orang pake, lumayan meyakinkan dong.

7. Jangan keseringan dicuci

FYI, jangan kereringan cuci celana jeans karena bisa mengubah bentuk dan warnanya. Perhatiin juga cara mencuci dan proses pengeringannya. Sayang kan udah beli jeans mahal, tapi gak kepake karena kesalahan gak penting dan sepele kayak gitu.

Jadi setelah baca artikel ini jangan lupa terapin semuanya, inget penyesalan dateng belakangan kalo di awal judulnya pendaftaran. Selamat mencoba. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.