Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Berbaik sangka dapat pahala. Maka, berbaiksangkalah pada kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menutupi Kali Item Kemayoran Jakarta dengan jaring hitam jelang berlangsungnya Asian Games 2018.

Wait-wait-wait. Sebelum ditutup jaring, turap (tembok) kali itu sempat diwarna-warnain, loh! Diwarna-warnain lalu ditutup jaring. Okelah. Mari kita berbaik sangka. Gubernur Anies bilang, itu dilakuin demi menghilangkan bau tak sedap kali karena mewarnai turap bukanlah cara terbaik menghilangkan bau.

Hanya aja, aroma kentut selalu lolos dari celana tebal sekalipun. Pada akhirnya partikel aroma itu menyamankan diri di dalam indera penciuman manusia. Lalu, apa yang bikin Pak Anies optimis jaring itu berfungsi sesuai kehendak?

Apakah jaringnya terbuat dari partikel khusus yang bisa menyerap bau (mungkin, itu produk baru STARK INDUSTRIES yang mengadopsi teknik mengubah partikel PYM TECH)!??? Enggak juga, tuh. Jaringnya terbuat dari nilon standar.

Terlepas dari absennya logika banyak kritik terhadap pengambilan kebijakan itu, Genmuda.com mengajak kamu berbaik sangka. Setelah seminggu jaring terpasang di atas kali yang melalui area tinggal Atlet Asian Games itu, ada sejumlah manfaatnya. Misalnya:

1. Disorot media asing

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Oh yeah! Kebijakan Pak Anies akhirnya terdengar sampai ke luar negeri. Situs berita Channel News Asia membahas kebijakan itu, 20 Juli lalu. Apakah beritanya mengeritik upaya Anies? Engga juga. Beritanya menceritakan upaya Pemprov DKI mempersiapkan kotanya jelang Asian Games aja, kok.

2. Mempopulerkan Asian Games

Dengan disorotnya penutupan jaring itu oleh media asing, para pembacanya pasti penasaran, “Ngapain ditutupin, deh?” Terus, mereka menemukan jawabannya, “Oalah, itu persiapan jelang Asian Games, toh!” Voila mereka jadi tau kan tentang penyelenggaraan Asian Games.

3. Mencegah warga buang sampah ke kali

Pada akhirnya, jaring yang terpasang berfungsi supaya warga sekitar gak buang sampah ke kali. Ini sama bukan menuduh warga sekitar Kali Item hobinya buang sampah ke sana, ya. Pembuangnya pasti cuma oknum, kan? Dengan gak adanya sampah tambahan di kali, petugas lebih leluasa bersihin kali.

4. Menjalin persahabatan antar negara

via 9gag
(Sumber: 9gag)

Sadar gak sih kalo segala postingan tentang “waring” tuh selalu mengundang komentar. Bahkan orang asing pun banyak komentar. Daaaann, mereka mengatakan bahwa pemerintah mereka juga sama-sama mengeritik pemerintah mereka. Komentar itu pun dikomentarin balik sama orang Indonesia sehingga tercipta obrolan. Horee, punya teman baru kan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.