Minggu, 24 Januari 2021

Genmuda – Sepanjang hidup, tiap orang mengalami perubahan jenis kulit dari waktu ke waktu. Kadang kering, kadang berminyak. Masalahnya, beda jenis kulit beda juga cara merawatnya.

Dengan pori-pori kecil, pemilik kulit kering gak perlu khawatir jerawat. Kalaupun ada, jerawat relatif lebih cepat sembuh. Selain itu, cara merawat kulit kering tinggal diberikan pelembap aja selama kulitnya gak memerah.

Lain dari kulit berminyak yang diginiin salah digituin salah, terus dikit-dikit jerawatan. Belum lagi kalo ada bintik hitam akibat kotoran dan komedo tersumbat di pori-pori yang melebar. Kulit jadi seperti duri landak.

Karena itu, pemilik kulit berminyak harus lebih telaten merawatnya. Misalnya, dengan cara seperti ini:

1. Cuci muka maksimal 2 kali sehari

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sudah lembap dari sananya, pemilik kulit berminyak gak perlu keseringan cuci muka. Dua kali sehari aja udah cukup kok. Kalo keseringan malah bikin kesimbangan kulit rusak dan rentan jerawatan. Hii…

2. Pastiin cuci muka setelah keringetan

Setelah berolahraga, beresin rumah, atau lakuin kegiatan lain sampai berkeringat, segera cuci muka kamu sampai bersih. Soalnya, keringat campur kotoran yang terperangkap di pori-pori menyebabkan munculnya jerawat.

3. Lap keringat dengan handuk bersih

via tirto.id
(Sumber: tirto.id)

Handuk kotor tuh musuh besarnya kulit berminyak. Soalnya, kotoran dari handuk bisa nempel di kulit dan terperangkap di dalam pori-pori. Ujung-ujungnya, jerawatan lagi lah kamu, girls.

4. Eksfoliasi kulit wajah kamu

Sel kulit mati sulit terkelupas dengan sendirinya bila kulit berminyak. Karena itu, kulit perlu di eksfoliasi (pengangkatan kulit mati). Kamu bisa pakai krim pengangkat kulit mati atau memakai masker wajah yang sesuai.

5. Pakai perawatan kulit khusus kulit berminyak

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Produk kecantikan khusus kulit berminyak pasti ada tandanya entah itu dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau bahasa yang lebih teknis. Apa itu? “Noncomedogenic” yang maksudnya tidak menyumbat pori.

6. Jauhi stres

Cara kelima ini nih yang paling susah. Stress bikin hormon kamu gak seimbang dan ketidakseimbangan hormon bikin kulit makin berminyak. Itulah sebabnya kamu perlu jauhi stres. Mungkin, caranya dengan olahraga atau jalan-jalan.

Gitu aja tuh cara merawat kulit berminyak supaya cerah dan sehat tanpa jerawat. Biasanya sih, semua anak muda tuh kulitnya berminyak. Jadi, silakan coba ya, girls! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.