Selasa, 16 Juli 2019

Genmuda – Selain dalam bentuk single, album, merchandise, maupun konser atau tur, karya seorang musisi bisa dinikmati pula dalam format film dokumenter. Bahkan, umumnya film dokumenter bakal ngasih lebih banyak informasi terkait sisi lain dari sang musisi loh, Kawan Muda.

Beberapa tahun belakangan ini, bisa dibilang film dokumenter musik lagi mulai berjaya kembali. Banyak dari film dokumenter tersebut berkisah tentang musisi-musisi yang terlupakan, namun engga sedikit juga yang nyeritain tentang sejumlah musisi ternama dengan ngegunain pendekatan baru.

Nah, buat kamu yang ngakunya anak musik banget, tentu belum afdol rasanya kalo kamu belum nonton berbagai film dokumenter tersebut. Engga peduli kayak gimana selera musik kamu, yang jelas semuanya bakal ngasih kamu pandangan menarik tentang para musisi dari segi karir maupun kehidupannya. Berikut ini adalah 10 dari sekian banyak film dokumenter musisi yang wajib kamu tonton:

1. ‘The Clash: Westway to the World’ (2000)

via degaine.com
(Sumber: Istimewa)

Berdurasi sekitar satu jam, film ini nampilin sepenggal perjalanan dari band The Clash. Sutradara Don Letts maduin rekaman lama koleksi pribadi kelompok punk rock Inggris itu dengan wawancara baru Mal Peachey bersama Mick Jones, Paul Simonon, Topper Headon, dan Joe Strummer serta sejumlah orang lainnya yang terkait dengan mereka. Film ini pun hanyalah satu dari segelintir film dokumenter The Clash, termasuk ‘The Rise and Fall of the Clash’ dan ‘Joe Strummer: The Future Is Unwritten’.

2. ‘Some Kind of Monster’ (2004)

Walau engga ngefans dan engga pernah ngedengerin musiknya, kamu tentu udah engga asing lagi dengan nama Metallica. Dengan judul yang diambil dari salah satu lagu di album ‘St. Anger’ (2003) milik band heavy metal tersebut, film dokumenter ini seakan nunjukin bahwa ada kalanya hampir mustahil buat ngehasilin karya yang penuh ilham di bawah tekanan sana-sini yang begitu besar. Film dokumenter ini udah dirilis ulang di tahun 2014 buat ngerayain 10 tahun peluncurannya.

3. ‘No Direction Home: Bob Dylan’ (2005)

Film dokumenter karya sutradara Martin Scorsese ini berfokus pada periode antara kedatangan Bob Dylan di New York pada Januari 1961 dan vakumnya beliau dari tur gara-gara kecelakaan motor pada Juli 1966. Secara khusus, film dokumenter ini nelusurin kehidupan sang musisi serta pengaruhnya terhadap musik dan budaya populer Amerika di abad ke-20. Judul film dokumenter ini diambil dari lirik salah satu lagu hitsnya, yaitu ‘Like a Rolling Stone’ (1965).

4. ‘George Harrison: Living in the Material World’ (2011)

Satu lagi karya Martin Scorsese, film dokumenter peraih Emmy Awards ini nyeritain tentang personil The Beatles George Harrison, mulai dari awal kehidupannya di Liverpool, fenomena Beatlemania, perjalanannya ke India, pengaruh gerakan Kesadaran Kresna dalam musiknya, sampai hubungan dan arti keterlibatannya di The Beatles. Di film dokumenter ini, ada pula rekaman yang belum pernah ditayangin sebelumnya serta wawancara bersama Olivia dan Dhani Harrison maupun sejumlah pihak lainnya.

5. ‘Marley’ (2012)

Sesuai judulnya, film dokumenter ini berkisah tentang kehidupan dan karir musik seorang Bob Marley, dari masa-masa awal sampai masa kejayaannya. Sebagian besar isi dari film garapan sutradara Kevin Macdonald ini merupakan hasil penuturan orang-orang yang kenal dengan sang legenda reggae, sebut aja Bunny Wailer, Rita Marley, dan Lee ‘Scratch’ Perry. Film ini pun turut nampilin berbagai rekaman langka dan penampilan sang pelantun ‘No Woman No Cry’ di samping wawancara.

6. ‘Katy Perry: Part of Me’ (2012)

Disutradarai oleh Dan Cutforth dan Jane Lipsitz, film dokumenter otobiografi 3D ini didukung beragam wawancara plus rekaman dari masa kecil dan remaja Katy Perry sekaligus karir dan kehidupan pribadinya. Selain itu, film dokumenter ini juga nampilin tur dunia ‘California Dreams’ serta kehadiran Rihanna, Lady Gaga, Adele, dan Jessie J sebagai cameo. Film dokumenter ini bahkan nampilin adegan di mana Perry berurusan dengan hancurnya rumah tangganya dengan Russell Brand.

7. ‘Kurt Cobain: Montage of Heck’ (2015)

Kalo kamu fans berat Nirvana, film ini dijamin bakal ngejutin kamu dengan wawasan pribadi terkait sang pentolan, Kurt Cobain, yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Sebaliknya buat kamu yang bukan fans, film dokumenter yang disutradarai oleh Brett Morgen ini bakal ngasih kamu gambaran yang lebih baik terkait perkembangan Cobain dari yang tadinya cuma anak bermasalah sampai jadi bintang ternama dan akhirnya meninggal di usia 27 tahun. Film ini nampilin artwork sekaligus musik Cobain serta dilengkapi pula dengan album soundtrack ‘Montage of Heck: The Home Recordings’ dan sebuah buku.

8. ‘Amy’ (2015)

Sebagian dari kamu mungkin baru ngeh sama Amy Winehouse pas lagu ‘Rehab’ dirilis. Oleh karena itu, biar kamu punya lebih banyak gambaran soal sang penyanyi/penulis lagu, mending kamu nonton film dokumenternya. Film dokumenter karya sutradara Asif Kapadia ini ngegambarin kehidupan doi dari sudut pandang perjuangannya dengan masalah penyalahgunaan narkoba, sebelum dan sesudah karirnya mulai berkembang. Film dokumenter ini sukses jadi film dokumenter Inggris terlaris sepanjang masa.

9. ‘Michael Jackson’s Journey from Motown To Off The Wall’ (2016)

Ini merupakan film dokumenter Michael Jackson kedua yang dibikin oleh sutradara Spike Lee setelah ‘Bad 25’ (2012). Film ini berkisah tentang ketenaran Raja Pop Michael Jackson lewat album ‘Off the Wall’. Film ini ngelibatin banyak banget pihak, mulai dari keluarga sampai sesama artis dan musisi lainnya, sebut aja Tito Jackson, Mark Ronson, Paul McCartney, Pharrell Williams, dan Justin Timberlake.

10. ‘Supersonic’ (2016)

Mau tau lebih banyak tentang Oasis? Kamu tonton aja film dokumenter ini. Nampilin arsip yang belum ditayangin secara luas, film dokumenter ini metain segimana meroketnya popularitas Oasis dalam jangka waktu hanya tiga tahun. Singkatnya, film dokumenter ini nampilin gambaran mendalam terkait musik dan kehidupan salah satu band Inggris paling berpengaruh yang pernah ada. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer