Minggu, 12 Juli 2020

Genmuda – Saat ini keliatannya Piaggio Indonesia lagi gencar-gencarnya masarin produk skuter mereka yang emang kece dan unik. Tentu para pecinta skuter udah tau dong produk-produk baru Vespa yang Genmuda.com maksud. Nah Vespa Sprint masuk ke salah satu koleksi terbarunya.

Vespa Sprint adalah salah satu model skuter legendaris yang pernah dibuat oleh Piaggio pada era tahun 60an. Bisa dibilang Vespa Sprint sendiri lebih terkenal dibanding Vespa Primavera. Karena itulah Vespa Sprint comeback dengan sentuhan yang modern tapi tetap menjaga cita rasa klasiknya.

Ngulik kali ini kita bakal ngebahas Vespa Sprint 150 3V i.e yang berwarna Arancio Taormina atau biar engga ribet kita bilang aja warna oranye.

Desain

©Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto
Vespa Sprint 150 3V i.e ©Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto

Kalo dilihat secara keseluruhan, perbedaan antara Primavera dan Vespa Sprint 150 3V i.e ini engga terlalu signifikan. Hal yang paling mencolok adalah lampu depannya yang berbentuk hexagonal dan lampu belakangnya yang udah pake LED.

Selain lampu, ada perbedaan di bagian handle bar yang mana di Vespa Sprint bentuknya lebih ‘mengotak’ dan menghilangkan crest atau jengger yang udah ikonik di motor-motor Vespa. Bentuk spidometernya juga didesain dengan sudut tajam seolah menambah kesan sporty dibandingkan Primavera.

©Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto
Spidometer Vespa Sprint 150 3V i.e ©Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto

Kalo dari segi penampilan udah oke banget, gimana dengan kenyamanannya ya? Meski terbilang cukup tinggi, riding position Vespa Sprint sendiri bisa dibilang nyaman banget buat dipake sehari-hari. Kemungkinan ini karena velg yang dipake di Vespa Sprint ini berukuran 12 inci yang dilapisi dengan ban berukuran 110/70 dan 120/70. Bahkan kalo kita bandingin dengan motor jenis sport, Vespa Sprint ini masih terasa lebih tinggi.

Tapi tenang, meski tinggi kamu pas-pasan kayak penulis (sekitar 165-170 cm) ujung kaki kamu masih bisa napak dengan baik kok. Karena bentuk joknya sendiri sedikit mengecil di bagian depan, jadi paha kamu engga bakalan pegel karena keganjal sama jok. Selain itu ruang kakinya juga besar, bisa bikin kamu gonta-ganti posisi dengan leluasa. Oh ya, satu hal yang paling penting adalah posisi tangannya bener-bener pas dan engga bikin pegel.

Performa

©Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto
Teknologi mesin i-Get menghasilkan performa mesin yang responsif ©Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto

Berbekal mesin dengan kapasitas 154,8 cc, 4 tak, SOHC 3 klep dan udah injeksi, torsi yang dihasilin mencapai 12 Nm/5.000 rpm yang bisa dibilang cukup bertenaga. Begitu gas dipelintir, Vespa Sprint langsung jalan dengan mulus. Buat mencapai kecepatan 60 km/jam hanya dibutuhkan 6,6 detik dan juga minim getaran loh.

Selain mesin yang responsif, suspensinya juga terbilang empuk berkat teknologi dual-bracket suspension link. Ditambah dengan Enhanced Sliding Suspension (ESS) Vespa Sprint cukup nyaman pas ngelewatin polisi tidur dan dipake buat handling. Ditambah lagi pengeremannya juga memuaskan berkat adanya rem cakram berdiameter 200 mm dan rem teromol 140 mm.

©Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto
Enhanced Sliding Suspension (ESS) pada Vespa Sprint 150 3V i.e ©Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto

Eits tetap hati-hati ya Kawan Muda, walaupun mesinnya responsif dan enak banget buat dipake nikung-nikung, kamu harus waspada saat mau menyelinap di kemacetan. Pasalnya ujung spion motor ini terbilang rawan bersenggolan dengan spion mobil. Maklum dimensi kacanya emang terbilang besar.

Tampilan keren, mesin juga udah oke, terus ini motor hemat bbm engga ya? Meskipun udah mengusung teknologi mesin I-Get yang udah ramah lingkungan dan sangat efisien, ternyata Vespa Sprint ‘sedikit’ lebih boros dibanding Vespa Primavera.

©Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto
Bagasi Vespa Sprint 3V i.e yang bisa menampung satu helm full face©Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto

Rata-rata konsumsi bahan bakar Sprint adalah 38 KM per liter, berbeda 3 angka dengan Vespa Primavera yang rata-rata bisa jalan 41 KM per liternya. Tapi itu juga balik lagi dengan cara kamu berkendara ya Kawan Muda.

Wrap-Up

Pros:

  • Mesin responsif
  • Tampilannya modern dan sporty tapi tetap khas Vespa
  • Ergonomis
  • Pilihan warna yang banyak

Cons

  • Harganya cukup tinggi
  • Crest ikonik Vespa hilang

Dengan harga yang ditawarkan menembus angka 30 jutaan, bisa dibilang harga Vespa Sprint terbilang cukup tinggi. Tapi dengan kenyamanan yang dikasih dan desain yang khas ala Italiano, apalagi ada 7 varian warna yang bisa kamu pilih, Vespa Sprint 150 3V i.e ini layak kamu boyong ke rumah. Jangan lupa cek isi tabungan dulu ya!

(sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast