Senin, 11 Desember 2017
HubunganCinta

Ketika Doi Ngajak Kamu Ketemu Orangtuanya, Lakuin 8 Tips Ini Biar Pertemuan Lancar

©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Biasanya, kalo udah masuk usia 20 tahun keatas, kamu rentan sama dimintain ketemu ortu doi. DUH! Kawan Muda ngalamin? Gimana rasanya? Deg-degan? Bingung gak tau harus ngapain? Meriang?

Santai aja, gengs. Genmuda.com bakal kasih tips buat kamu yang lagi kelimpungan akibat didesak ketemu calon mertua (camer). Langsung aja, check yang harus kamu lakuin sebelum, ketika, dan setelah pertemuan penting itu.

1. Cari waktu tepat

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sebelum dateng, diskusiin dulu waktu kunjungannya. Misalnya aja, saat weekend biar gak ganggu waktu kerja. Pastiin juga orangtua doi stay di rumah dan bebas kesibukan lain yang bikin kunjungan ini jadi terburu-buru.

2. Siapin baju terbaik

via Istimewa
Gak perlu pake baju adat juga, sih. Baju semi formal kayak gini juga asik. (Sumber: Istimewa)

Mahasiswa atau pegawai yang maju presentasi bakal siapin baju terbaiknya. Kamu pun harusnya demikian demi camer. Carilah pakaian rapih dan sopan buat tampilin kesan baik.

Biasanya sih kemeja plus celana levis buat laki-laki. Buat cewek, dress atau kemeja wanita yang manis adalah outfit paling cocok.

3. Jangan lupa buah tangan

via duniainter.net
Sesungguhnya, martabak adalah simbol makanan wajib seseorang kepada calon mertuanya. (Sumber: duniainter.net)

Ketika berkunjung, jangan cuma bawa badan aja. Bawain juga buah tangan alias bingkisan yang disukai keluarga doi. Beberapa bawaan yang umum, yaitu bunga dan makanan.

Idealnya, sih, tanya pendapat doi dulu. Namun, martabak merupakan bingkisan paling aman tiap kunjungan ke calon mertua.

4. Belajar jadi presenter

Topik penting buat diomongin adalah tentang diri kamu. Kenalin diri mulai nama lengkap, nama panggilan, status pendidikan, status pekerjaan (kalo udah punya), hobi, dan hal-hal lainnya.

Komunikasikan info perkenalan itu dengan percaya diri dan sopan supaya ninggalin kesan bahwa kamu adalah sosok pemberani dan dapat dipercaya.

5. Tanya balik

Selama ngobrol, jangan cuma sibuk kenalin diri sendiri. Cobalah melibatkan keluarga doi. Hal ini bisa dilakuin dengan bertanya soal kesehatan mereka, pekerjaan, atau kegiatan sehari-hari mereka. Hobi dan kegemaran juga termasuk topik menarik, kok.

6. Kasih pujian

via Deutsch Collection / CORBIS
Si oom pasti seneng deh kalo dipuji. (Sumber: Hulton-Deutsch Collection/CORBIS)

Cobalah untuk royal memuji hal-hal yang mereka sukai. Jangan menahan diri. Contohnya, kalo mereka suka mancing, kalian bisa puji mereka macam: “Wah, keren banget om hobbinya mancing, pantes aja badan om sehat banget kayak masih umur 30-an.” Rezz.

7. Jangan Malu Buat SKSD bukan SNSD

Selain pada camer, cobalah berkomunikasi sama anggota lain di keluarganya. Seperti, calon sodara ipar, bibi, paman, bude, atau pakde yang ada di ruangan.

8. Keep smile

Membungkus semua poin di atas dengan senyuman sempurnain pertemuan keramat itu. Senyuman tulus juga bikin muka tampak ceria, baik, dan menyenangkan (gak kayak orang kebelit hutang). So, mereka akan mempercayakan kalian sebagai tambatan hati dari anak mereka. Amiin. (tim)

Comments

comments