Kamis, 2 April 2020

Genmuda – Kesuksesan film ‘AADC 2’ ternyata masih terus berlanjut nih, Kawan Muda. Setelah berhasil jadi film Indonesia pertama yang nembus angka 1 juta penonton dalam waktu tercepat selama 5 hari penayangan, film tersebut akhirnya kembali mecahin sebuah rekor baru loh!

Tepat di hari ke-15 penayangannya, ‘AADC 2’ mampu ngelewatin angka 3 juta penonton. Dengan demikian, sekuel film ‘Ada Apa Dengan Cinta?’ tersebut sukses jadi film nomor 1 dalam perolehan angka jumlah penonton di Indonesia sampai Mei 2016. Film itu pun sekaligus ngedobrak kebuntuan angka jumlah penonton yang engga pernah bisa nembus 2 juta dalam beberapa tahun terakhir.

Kami semua merasa terharu dan bangga atas pencapaian ini. Terutama saya ingin berterima kasih kepada penonton film Indonesia yang telah memberikan apresiasi yang begitu tinggi terhadap film ini. Jumlah penonton film #AADC2 membuktikan bahwa film Indonesia mampu bersaing dengan film Holywood sekalipun,” kata Mira Lesmana, pemilik rumah produksi Miles Films dan produser ‘AADC 2’ dalam siaran pers yang diterima Genmuda.com.

Yang lebih menariknya lagi, pencapaian manis ‘AADC 2’ itu ternyata engga cuma berlaku di Indonesia aja, Kawan Muda. Dirilis serentak di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam pada 28 April yang lalu, film tersebut juga udah norehin prestasi yang engga kalah bikin bangga di negeri tetangga.

FYI, sampai hari ini, Jumat (13/5), total pendapatan kotor yang udah diperoleh ‘AADC 2’ mencapai 4 juta ringgit Malaysia (sekitar 14 miliar rupiah). Itu jelas angka yang fantastis dan juga jadi suatu kebanggaan tersendiri, bukan cuma buat kru dan pemain film tersebut, tapi juga industri perfilman Tanah Air.

Dian Satrowardoyo dan Nicholas Saputra dalam film 'AADC 2' (Sumber: 'AADC 2')
Dian Satrowardoyo dan Nicholas Saputra dalam film ‘AADC 2’ (Sumber: ‘AADC 2’)

Film #AADC2 ternyata bisa dinikmati oleh penonton dari berbagai kalangan di manapun mereka menontonnya. Ini membuktikan bahwa cerita baik yang digarap dengan baik bisa mendapat apresiasi yang baik pula. Saya sangat berterima kasih atas segala bentuk apresiasi yang kami terima,” ujar Riri Riza, sutradara ‘AADC 2’.

Sementara itu, terkait dengan popularitas ‘AADC 2’ di media sosial, Dian Sastrowardoyo selaku pemeran Cinta dalam ‘AADC 2’ ngungkapin bahwa bahwa, “Terus terang saya terharu dan tersentuh membacanya. Ternyata banyak orang yang mencintai kisah Cinta dan Rangga dan juga geng Cinta sampai sekarang, bahkan ke generasi baru yang mungkin waktu AADC pertama masih belum sekolah.”

Sebaliknya, Nicholas Saputra sebagai pemeran Rangga nambahin bahwa, “Antusiasme penonton luar biasa! Reaksi penonton sungguh tidak terduga. Banyak yang menulis puisi yang terinspirasi dari puisi Aan M. Mansyur di film ini, lalu dikirim ke saya lewat media sosial. Ada juga yang menulis cerita-cerita sempalan dari karakter-karakter kami semua. Yang jelas, saya benar-benar senang bahwa kerja keras kami bisa diterima masyarakat.”

Engga ketinggalan, imbas kesuksesan film ‘AADC 2’ ternyata turut dirasain pula di tempat-tempat yang jadi lokasi perjalanan Cinta dan Rangga maupun geng Cinta di Yogyakarta. Tempat-tempat tersebut mendadak jadi ramai dikunjungi banyak orang. Dinamika dunia kreatif Yogyakarta dalam film itu pun ngebuka mata banyak orang terhadap kekayaan seni kontemporer di Yogyakarta.

Tapi, sebenarnya apa sih yang bikin ‘AADC 2’ sampai sebegitu suksesnya? Kenapa sampai ada yang niat nontonin film tersebut berkali-kali? Well, terkait dengan hal itu, berikut ini adalah 5 alasan di balik kesuksesan super besar ‘AADC 2’ versi Genmuda.com:

1. Waktunya pas

Waktu di sini bukan cuma soal waktu perilisan ‘AADC 2’ aja. Justru, jauh daripada itu, waktu perilisan ‘AADC’ alias film terdahulunya juga turut berpengaruh. Saat itu, ‘AADC’ bisa dibilang jadi semacam ‘pelepas dahaga’ bagi industri perfilman nasional yang lagi lesu, bahkan jadi pemicu utama supaya Festival Film Indonesia (FFI) diadain lagi. Kalau ‘AADC’ engga dirilis di waktu yang tepat, tentu sekuelnya sekarang engga bakal ikutan sukses.

2. Kisahnya mudah dipahami

Namanya juga manusia, pasti punya perasaan dan butuh buat mencinta maupun dicintai (tsah!). Berawal dari kisah percintaan semaja SMA di film pertamanya, kini ‘AADC 2’ hadir dengan kisah percintaan orang dewasa yang lebih kompleks. Nah, kisahnya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dan diwarnai dengan sentuan puisi indah itulah yang akhirnya berpengaruh pula pada kesuksesan film tersebut.

3. Tokohnya udah ikonik banget

Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra (Foto: Genmuda 2016/Bobi Brilyan Bastenjar)

Engga peduli kamu udah lahir dan udah nonton atau belum pas ‘AADC’ dirilis di 2002, pasti ujung-ujungnya kamu bakal tahu juga siapa itu Cinta dan Rangga alias Dian dan Nicholas. Entah kenapa, kalau ngomongin pasangan serasi atau idaman nyambungnya pasti bakal ke mereka-mereka juga. Pokoknya mereka kayak udah jadi kayak pasangan tokoh film terbaik gitu deh, Kawan Muda.

4. Promosinya gokil

Promosi buat ‘AADC 2’ emang gila-gilaan banget. Engga tanggung-tanggung, sponsornya aja bejibun dan top markotop semua. Oleh karena itu, ditambah dengan penantian selama 14 tahun, engga heran kalau euforia dan antusiasme buat bisa segera nyaksiin ‘AADC 2’ akhirnya semakin menjadi-jadi.

5. Yang ngegarap udah engga perlu diraguin lagi

Duet maut Riri Riza dan Mira Lesmana dahsyatnya emang luar biasa, Kawan Muda. Keduanya kerap ngehasilin film-film keren di Tanah Air. Sebut aja ‘Petualangan Sherina’, ‘Gie’, dan ‘Laskar Pelangi’, yang masing-masing udah nyabet berbagai penghargaan film bergengsi. Jadi wajar aja kalau film garaan mereka selalu ditunggu-tunggu para penikmat film. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer