Rabu, 5 Agustus 2020

Genmuda – Bikin hal viral di dunia maya kayaknya makin hari makin gampang aja nih, Kawan Muda. Coba aja kamu lakuin hal serupa kayak yang udah dilakuin komedian @jonnysun, pasti notifikasi media sosial kamu bakal langsung ramai dalam sekejap.

Belum lama ini, sang pemilik nama asli Jonathan Sun udah nyebarin sebuah jajak pendapat terkait emoji monyet lewat akun Twitter-nya. Lewat jajak pendapat tersebut, doi minta para netizen buat nentuin apakah monyet yang terdapat dalam emoji tersebut jumlahnya memang tiga atau cuma satu tapi nampilin tiga wajah yang berbeda.

Siapa sangka, jajak pendapat dari cowok yang biasa disapa Jonny itu ternyata sukses memicu perdebatan sengit terkait sejarah Jepang, Unicode, dan bahasa web. Bahkan, sampai berita ini dibuat, Jumat (13/5), total udah ada hampir 130 ribu netizen yang udah ikut terlibat loh, Kawan Muda.

Nah, menariknya, dari sekian banyak netizen yang udah milih jelang tiga hari terakhir jajak pendapat tersebut, 51% di antaranya yakin kalau monyet yang ada di emoji monyet itu cuma ada satu tapi wajahnya aja yang ada tiga. Sebaliknya, 49% sisanya justru yakin sama pilihan tiga monyet.

Well, sebenarnya yang milih tiga monyet memang punya argumen yang bagus sih, Kawan Muda. FYI, kalau kamu buka Wikipedia atau web yang bersisi penjelasan tentang berbagai emoji, kamu pasti bakal nemuin kalau emoji monyet tersebut pada dasarnya terinspirasi dari kisah “tiga monyet bijak”.

Ketiga monyet bijak itu pun punya nama, yaitu Mizaru, Kikazaru, dan Iwazaru. Mizaru berarti engga ngelihat hal yang jahat, Kikazaru engga ngedenger hal yang jahat, dan Iwazaru engga ngomongin hal yang jahat. Itulah kenapa monyet tersebut masing-masing nutup mata, telinga, dan mulut mereka.

Lantas, gimana dengan mereka yang milih satu monyet dengan tiga wajah? FYI, kayak Jonny sendiri aja misalnya, doi malah berpendapat kalau kuncinya ada pada cara orang-orang ngegunain emoji. Menurutnya, orang-orang pada dasarnya ngegunain berbagai emoji buat ngewakilin diri mereka.

Intinya, yang mau disampein Jonny adalah meski emoji monyet dibikin buat ngegambarin tiga monyet bijak dalam mitos Jepang, monyet-monyet tersebut justru lebih banyak dipakai buat ngewakilin diri sendiri aja. Dengan kata lain, ketiga monyet itu sebenarnya ada di tiap pribadi para pengguna emoji-nya.

Sementara itu, di sisi lain para netizen yang lebih milih buat engga milih malah ngambil kesempatan buat bikin meme. You know lah ya, jaman sekarang ‘kan apa-apa pasti bakal dibuat meme-nya. Dian Sastrowardoyo serta Pak Ahok dan Ibu Veronica aja engga luput, apalagi yang kayak gini?

Namun demikian, perdebatan emoji monyet tersebut seakan nguatin hasil temuan suatu riset beberapa waktu yang lalu, terkait gimana suatu emoji bisa dipandang secara berbeda di platform yang berbeda pula. So, kamu gimana, Kawan Muda? Pilih satu monyet tiga wajah atau tiga monyet? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer