Rabu, 5 Agustus 2020

Genmuda – Lulus dari SMA tentu bukan perkara yang sepele. Ibaratnya, kamu baru aja berhasil nyelesain sebuah bab besar dalam hidup kamu dan bakal berlanjut ke bab yang berikutnya.

Setelah lulus SMA, kamu mungkin bakal ngelanjutin pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau ngelakuin hal lain kayak misalnya kerja. Buat bisa ngejalanin berbagai hal itu, kamu pun bisa jadi harus ninggalin rumah dan jauh dari keluarga maupun orang-orang terdekat kamu selama ini.

Singkatnya, buat ngejalanin tahap kehidupan yang berikutnya setelah kamu lulus SMA, kamu mau engga mau bakal bertemu dengan banyak kenyataan hidup. Ironisnya, kamu bisa aja engga sadar sampai hal terjadi. Berikut ini adalah 5 kenyataan hidup yang bakal terjadi setelah kamu lulus SMA:

1. Bingung nentuin pilihan kuliah hidup

Hayo, kamu masih bingung mau kuliah di jurusan apa dan universitas mana? Jangan lama-lama lah bingungnya, Kawan Muda. Nentuin pilihan kuliah itu cuma satu dari sekian banyak pilihan hidup yang harus kamu buat. Ke depannya bakal ada lebih banyak lagi pilihan sulit yang harus kamu hadapi. Mending kamu mulai mantapin hati dari sekarang. (Yah, namanya juga orang hidup gaes!)

2. Mikirin hal-hal yang engga pernah kamu lakuin di SMA

Traveling sendirian belum pernah, nabung belum kesampean, ngebahagiain orang tua pun belum sanggup. Mungkin ketiga hal tersebut hanyalah sebagian dari hal-hal yang belum kamu lakuin di SMA. Tapi, daripada cuma terus-terusan mikir doang dan jadinya malah pusing sendiri, mending coba kamu realisasiin satu per satu dari sekarang.

3. Baru sadar siapa teman kamu yang sebenarnya

Dari sekian banyak teman yang kamu punya di SMA, engga semuanya bakal terus-terusan berhubungan sama kamu. Bahkan, setengah di antaranya mungkin cuma teman palsu kamu aja. Waktu luang yang kamu punya akhirnya cuma bakal kamu dedikasiin buat mereka. Kamu pun ujung-ujungnya jadi semacam lebih milih-milih teman gitu deh, Kawan Muda.

4. Dituntut lebih dewasa dan serius

Kalau di SMA masih ada guru yang suka ‘ngejar-ngejar’ dan ngedorong kamu buat ngelakuin sesuatu, di dunia perkuliahan atau dunia kerja kamu justru harus bisa ngurus diri sendiri. Ini bukan berarti engga ada lagi orang yang bisa kamu andalin, tapi lagi-lagi kamu cuma bisa bergantung pada diri kamu. Kamu harus lebih siap buat nanggung segala konsekuensi dari perbuatan kamu nantinya.

5. Butuh nyokap lebih dari yang kamu kira

Buat kamu yang bakal jadi anak rantau khususnya, hal ini suatu hari nanti pasti bakal kamu rasain. Apalagi kalau kamu mendadak sakit, orang pertama yang bakal pengen kamu hubungi biasanya ya nyokap kamu. Singkatnya, apapun itu masalah atau kendala yang kamu hadapi, kemungkinan besar kamu bakal ngehubungin nyokap kamu buat minta bantuan. Mending sekarang kamu puas-puasing abisin waktu bareng nyokap kamu deh selagi bisa! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer