Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Memilih jurusan/ilmu studi di masa perkuliahan tuh gak beda jauh sama milih jodoh. Semua harus pas dan sesuai, baik bibit bebet dan bobotnya. Gak bisa gara-gara sekedar suka, langsung main tembak gitu aja. Apalagi kalau orang tua masih jadi faktor penentu utama.

Gak kayak jaman dulu yang ilmu dan bidang studinya masih terbatas, anak-anak jaman sekarang tuh harus banyak-banyak bersyukur. Kenapa? Karena banyak banget pilihan pendidikan yang bisa kita pelajarin gaes, sesuai dengan minat dan bakat kita. Tapi, walaupun sekarang jurusan kuliah udah semakin berkembang pesat dan bertambah bidangnya, tetep aja masih ada beberapa jurusan yang jadi favorit.

Jurusan-jurusan ini bukan cuma jadi favorit buat anak-anak sekolah yang bakalan melenggang senang (padahal nestapa) ke dunia perkuliahan, tapi juga buat para orang tua serta calon mertua. Kenapa? Karena jurusan-jurusan mainstream tersebut udah ada dari jaman dulu, dan dipercaya bisa ngebawa kesuksesan di masa depan buat anak dan mantu mereka. Apa aja?

 

  1. Kedokteran
(Sumber: okezone.com)

Seenggaknya 6 dari 10 anak kecil yang ada di muka bumi ini pasti pernah ngejawab “jadi dokter” ketika ditanya cita-cita mereka. Dari jaman dulu sampe sekarang, profesi dokter masih dianggap sebagai profesi yang super keren, bermartabat, intelek, dan merupakan superhero bagi manusia.

Gak ada orang tua yang gak seneng kalau anaknya bilang, “Mah, Pah, aku mau jadi dokter.” Makanya, kalau Kawan Muda adalah anak kedokteran, pasti kamu udah khatam banget dibawa kemana-mana sama orang tua kamu buat dikenalin ke saudara, kolega, dan rekan kerja mereka sambil dibangga-banggain, “Ini anak saya calon dokter loh.”

  1. Ekonomi

Apapun jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi, dengan kamu nyebut, “saya kuliah ekonomi” aja semua orang udah tau apa yang kamu pelajarin dan bakalan jadi apa kamu nantinya. Kalau nggak kerja di bank, anak-anak ekonomi pasti bakalan jadi pegawai sebuah perusahaan.

Dan ini udah cukup bikin orang tua kita lega dan ngerasa aman, karena masa depan anaknya bakalan terjamin dan nggak melenceng ke yang aneh-aneh. Gak heran dong, di kampus manapun, Fakultas Ekonomi dan Manajemen pasti masih jadi salah satu favorit dan diminatin banyak banget calon mahasiswa. Plus, biasanya isinya anak-anak yang ganteng, cantik, dan necis abis.

  1. Hukum
(Sumber: unpad.ac.id)

Ngedenger jurusan ‘Hukum’, kesan apa yang kamu dapetin? Yup, jurusan hukum adalah salah satu jurusan yang prestisius dan gak bisa dianggep enteng. Hukum adalah tempatnya orang-orang intelek yang punya pembawaan kuat, tegas, dan punya rasa percaya diri tinggi serta cenderung mengintimidasi. Gak mungkin kan, cita-cita kamu jadi pengacara atau hakim, tapi ditinggalin pacar aja ngancem-ngancem bunuh diri? Tinggal tuntut aja dengan tuduhan perbuatan tak menyenangkan atau appaun itu.

Selain itu, anak-anak Hukum juga biasanya punya gaya hidup yang termasuk ‘high class’, soalnya nanti profesi mereka berhubungan sama publik dan mereka gak bisa tampil ugal-ugalan. So, kalau kamu mau nyari wife/husband material yang kayak gitu, coba main-main ke fakultas hukum.

  1. Teknik
(Sumber: akademik.pnj.ac.id)

Mau teknik apapun, kalau kamu udah nyebut “jurusan teknik”, pasti calon mertua kamu langsung berbinar-binar dan menggenggam tangan kamu dengan penuh arti, “oke, Om izinin kamu pacaran sama anak Om”. Kenapa? Karena gak bisa dipungkiri, walaupun pas kuliah anak-anak teknik ini kelihatannya dekil, urakan, dan nggak keurus, tapi mereka punya masa depan yang cerah.

Gak percaya? Coba aja kamu cek, berapa sih gaji yang biasa diterima anak-anak teknik di perusahaan-perusahaan gede di Indonesia? Beuh, belum lagi kalau sampe ditarik sama perusahaan asing, gaji nya dolar men. Makanya girls, pertahanin deh kalau kamu punya pacar anak teknik, sabar aja dulu ngadepin mereka-mereka yang super sibuk dan cuek, yang penting hasil akhirnya nanti.

  1. Komunikasi
(Sumber: Unpad.ac.id)

Anak-anak komunikasi juga nggak bakalan repot ngejelasin jurusan mereka ke orang tua dan saudara. Soalnya, komunikasi terdiri dari berbagai bidang studi yang bakalan ngebantu mereka milih pekerjaan nantinya. Mau jadi Public Relation, bisa. Mau jadi Human Resources, bisa. Mau jadi presenter, bisa juga.

Makanya, banyak banget yang ngejadiin fakultas/jurusan komunikasi jadi tujuan utamanya. Selain pelajarannya yang *keliatannya* fun dan nggak berat-berat banget, anak-anak komunkasi juga terkenal sama *ehem* kegantengan dan kecantikannya kan?

  1. Psikologi
(Sumber: google.com)

“Jurusan apa?, “Psikologi”. WAAAH. Pasti selalu respon kayak gitu yang diterima anak-anak psikologi. Beda ya, psikologi sama dokter jiwa. Di jurusan psikologi, kamu bakalan mempelajari perilaku manusia dan proses-prosesnya yang terjadi. Makanya mereka ngerti banget how to deal with person. So, gak heran anak psikologi jago ngambil hati orang tua dan calon mertua.

  1. Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Di jaman modern kayak sekarang, nyari pasangan anak ilmu komputer dan teknologi informasi tuh ibarat ngedapetin berlian 34 karat. Yup, mereka se-berharga itu guys! Masa depan anak-anak IT bisa dibilang kejamin banget, karena mau perusahaan dan kantor apapun, semua pasti butuh yang namanya departemen IT buat ngedukung proses kerja perusahaan tersebut. Dan disinilah anak-anak IT jadi rebutan.

 

Jadi, itu dia beberapa jurusan mainstream yang masih jadi favorit, dengan alasan “masa depan yang terjamin”. Padahal, sebenernya jurusan kuliah nggak berpengaruh 100 persen buat kesuksesan kita kok Kawan Muda. Jangan pernah kamu menggantungkan masa depan sama jurusan kuliah, apalagi ngeremehin jurusan-jurusan yang gak mainstream kayak di sini.

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥