Senin, 9 Desember 2019

Genmuda – Lagi long weekend kayak gini, enaknya sih pasti pergi liburan bareng teman atau keluarga. Tapi, gimana jadinya kalau kamu harus ngerasain liburan dengan traveling sendirian tanpa ditemani satupun orang-orang terdekat kamu itu, Kawan Muda?

Setelah sekian lama terjebak dalam rutinitas sehari-hari dan jarang banget ngumpul sama teman atau keluarga, pergi liburan rame-rame memang bisa jadi salah satu pilihan kegiatan buat mempererat kembali tali silaturahmi. Makin banyak yang ikut, biasanya bakal makin seru pula liburannya.

Lantas, kamu udah kepikiran buat nyediain waktu liburan bareng diri kamu sendiri belum, Kawan Muda? Selagi masih muda dan masih dikasih kesempatan buat napas, mending kamu ‘paksain’ buat ngelakuin hal itu. Berikut ini adalah 5 alasan kamu harus ngerasain traveling sendirian selagi masih muda:

1. Lebih mudah dan simpel

Kalau kamu traveling bareng orang lain siapapun itu, kamu tentu harus nyesuain lagi segala sesuatunya sama mereka. Sebaliknya, kalau kamu traveling sendirian, satu-satunya yang harus kamu pikirin ya cuma diri kamu doang. Kamu bebas mau ngapain aja, ke mana aja, sama siapa aja, kapan aja, maupun ngeluarin duit berapa aja. Kamu bahkan engga perlu berbagi kasur dan bisa bangun atau tidur sesuka hati kamu. Engga ada lagi deh yang namanya bete gara-gara ngeributin hal-hal sepele!

2. Ngedorong kamu supaya jadi lebih berani

Dengan traveling sendirian, otomatis kamu cuma bisa ngandelin diri kamu dan kamu engga punya orang lain buat dijadiin alasan supaya kamu engga ngelakuin sesuatu. Kamu minimal banget harus berani dulu buat ngobrol dan bertanya-tanya sama orang-orang di sekitar kamu, kalau engga traveling kamu sama aja bohong. Kamu pun mau engga mau harus ngasah keterampilan dasar yang kamu butuhin buat jadi single fighter, soalnya itu bakal berguna banget buat traveling kamu.

3. Bikin kamu makin penasaran

Engga enaknya traveling rame-rame adalah ada banyak suara yang pengen didengar, tapi belum tentu semuanya mau saling ngedengerin. Kalau kamu traveling sendirian, engga bakal ada lagi tuh yang namanya bisikan-bisikan gaib yang maksain keinginan mereka ke kamu. Dengan begitu, kamu akhirnya bakal lebih mungkin buat nyobain hal-hal baru.

4. Nambah cerita dan pengalaman pribadi kamu

Traveling ramean memang seru karena ada cerita dan pengalaman yang bisa langsung dijalani bareng-bareng. Meski begitu, bakal lebih seru lagi kalau kamu malah bisa ngebagiin sesuatu yang memang cuma kamu sendiri yang ngalamin, kayak misalnya kenalan sama solo travelers lainnya atau nyobain makanan khas daerah yang kamu kunjungin. Kamu juga engga perlu takut bakal dicengin, soalnya yang tahu kayak gimana kisah aslinya ‘kan cuma kamu. Tapi, bukan berarti kamu jadi ngarang-ngarang cerita loh ya.

5. Nyadarin kamu seberapa berartinya keluarga dan teman-teman kamu bagi kamu

Kata orang, kamu bakal bisa lebih nyadarin segimana berharganya sesuatu saat kamu berada jauh dari atau udah engga memiliki hal itu lagi. Sejalan dengan anggapan tersebut, traveling sendirian pun sedikit banyak bakal ngingetin kamu akan pentingnya orang-orang terdekat kamu bagi kamu. Ibarat kata penyanyi Andien, kamu nantinya bakal sadar kalau inti dari setiap perjalanan itu engga lain dan engga bukan adalah buat kembali ‘Pulang’ (tsah!). (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer