Jum'at, 17 November 2017
Gaya HidupKesehatan

20 Kebiasaan Jelek yang (Mungkin) Bikin Kamu Kurang Bahagia dan Harus Dibuang

via: Google(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Hidup enggak selalu datar kayak papan karambol, atau juga naik turun kayak keripik kentang olahan dimana isinya lebih banyak angin daripada keripiknya. Semua emang penuh kejutan, termasuk hidup kamu sekarang. Iya kamu loh, yang lagi baca artikel ini.

Karena definisi hidup bahagia setiap orang itu beda-beda, maka penting buat kamu cari tau apa aja sih kebiasaan jelek yang bisa mengurangi kebahagian kamu. Berikut Genmuda.com kasih tau beberapa diantaranya. Inget ya, baca artikelnya mungkin gampang, tapi praktiknya tetep kembali ke kamu sendiri.

1. Ngebandingin diri kamu dengan orang lain

©Genmuda.com/2016 Everlyn
©Genmuda.com/2016 Everlyn

Kalo cuma bisa banding-bandingin orang lain dengan diri kamu sendiri sih sepele. Kan, cari-cari kesalahan lebih gampang ketimbang cari keunggulan. Kenapa gak buang pikiran kayak gitu mulai dari muda?

2. Punya ekspektasi yang gak bisa kamu lakuin

(Sumber: IMDB)

Genmuda.com gak ngelarang kamu punya ekspektasi setinggi apapun, SELAMA itu sejalan sama realita. Mau kaya tapi gak mau kerja? NGIMPI bosque!

3. Terlalu tergantung sama medsos

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Sampe kapanpun media sosial gak akan pernah bisa mengisi semua hal di dunia nyata. Orang pacaran aja butuh jalan bareng kan? Jadi kurang-kurangin deh sama kebiasaan kayak gini.

4. Boros sama hal-hal unfaedah

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Jangan jadiin keinginan di atas kebutuhan, BIG NO! Mumpung masih muda kenapa gak simpan semua itu buat hal yang bermanfaat. Inget penyelesalan itu dateng di akhir, kalo di awal namanya pendaftaran.

5. Terjebak nostalgia (apalagi kalo kelamaan)

via petacinta.com
(Sumber: Istimewa)

Plis, cukup Raisa aja yang kayak gitu, kamu gak usah ikut-ikutan!

6. Gak pernah liburan

©Genmuda.com/2017 Saliki
©Genmuda.com/2017 Saliki

Gimana mau bahagia kalo kamu bawaannya serius dan tegang melulu. Sesekali piknik itu penting, loh. “Rileks, lemesin aja, shay!”

7. Jadwal super padat

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Presiden aja bisa selaw dan gak sibuk-sibuk banget. Apalagi kamu? Eh, apa kamu cuma pura-pura sok sibuk? “Kerja tuh buat hidup, jangan hidup buat kerja.”

8. Bertahan dalam hubungan gak sehat

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Kamu sayang dia, tapi dia gak sayang kamu. Ngapain masih ngotot dijalanin sih? Hidup gak melulu soal cinta-cintaan kan, gengs?

9. Nunggu kesempatan emas

via: Buzzfeed
(Sumber: Istimewa)

Kalo bosen nunggu, kenapa gak berusaha untuk bikin kesempatan emas kamu sendiri. (Bukan iklan e-commerce ya)

10. Ngerjain sesuatu tunggu mood

via: Youtube
(Sumber: Youtube)

Bayangin kalo kamu kerja cuma nunggu mood? Udah? Kalo udah, sekarang jangan protes kalo bos kamu bakal kasih gaji semooodnya dia doang. Eits, udah dibilangin jangan protes.

11. Selalu ingin terdepan punya barang-barang baru dan branded

via cnet.com
(Sumber: cnet.com)

Gak cuma kids jaman now aja, kids jaman old juga sering kok kayak gini. Sekali lagi Genmuda.com tegasin, gengsi gak bakal bikin kamu bahagia.

12. Masih mikir buat nyenengin diri sendiri

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Jangan sampe segitunya lah, sob. Masa kasih kado ke pacar bisa, tapi buat ngebahagiain diri sendiri masih mikir-mikir. Sesekali gak masalah kok.

13. Susah maafin diri sendiri

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Kamu pernah menolak kesempatan ikut tes CPNS, dan sampe sekarang kamu masih menyesalinya. Udah cukup dong kecewanya. Saatnya berani berdamai sama diri sendiri.

14. Takut gagal

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Kebahagian emang relatif ukurannya. Dan udah pasti ada risiko gagal. Lady Gaga aja pernah Gagal kan? (Okesip!)

15. Pendendam

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Prinsip penting buat bahagia ya jangan ada dendam di antara kita. Udah gitu aja.

16. Takut sama pandangan orang lain tentang kamu

via: IMDB
(Sumber: IMDB)

Selama kritik orang lain ke kamu itu baik, silakan aja diterima. Tapi kalo sebaliknya, ngapain diambil pusing. Kamu bisa hidup tanpa komentar orang lain kan?

17. Gaya hidup gak sehat

via: pinterest
(Sumber: Pinterest)

Sehat itu mahal, kalo gak percaya baca aja artikel ini yang ngebuktiin kalo anak muda rentan banget terkena penyakit berbahaya.

18. Iri sama pencapaian atau kebahagian orang lain

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Iri gak akan pernah menolong kamu jadi seperti mereka. Syukuri aja sama yang kamu punya sekarang. Namanya manusia kan enggak ada puasnya.

19. Menyalahkan orang lain atas kesalahan kamu sendiri

Nomor 1, 2, dan 3 pasti disetujui banget

Kamu kan bukan anak kecil lagi, emang mau sampe kapan sih lari dari masalah dan terus-terusan melemparnya ke orang lain? Emang gak capek?

20. Temen yang ada maunya doang

©Genmuda.com/2017 Liki
©Genmuda.com/2017 Liki

Yaudah, jauhin aja kalo punya temen kayak gitu. Masih banyak kan orang-orang lainnya yang bisa jadi temen baik kamu tanpa harus ada maunya doang.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.