Jum'at, 17 November 2017
Gaya HidupKesehatan

Kamu Mungkin Belum Sadar Kalo 5 Penyakit Berbahaya Ini Sering Mengancam Anak Muda

via: pinterest(Sumber: Pinterest)

Genmuda – Gaya hidup serba instan dan gak sehat jadi penyebab utama anak muda jaman sekarang lebih gampang kena penyakit. Awalnya mungkin cuma sakit ringan, namun lama kelamaan penyakitnya berubah jadi penyakit kronis yang bisa menyebabkan kematian.

Bukan maksud penulis nakut-nakutin kamu nih, tapi banyak banget di antara kita yang gak pernah sadar akan bahasa penyakit yang mengancam hidup kita di masa depan. Berbagai saran dari dokter sampe pakar kesehatan pasti bakalan percuma selama kamu gak mengubah kebiasaan hidup kamu dari sekarang.

Sebelum itu semua terlambat, ini dia penyakit berbahaya yang tanpa disadari sering dialami oleh anak muda. Jangan dianggap sepele ya.

1. Jantung

Kebanyakan kasus kematian secara tiba-tiba dikarenakan serangan jantung. Jarang olahraga, sering makan junk-food, kebanyakan ngerokok, kolesterol, hingga kelebihan berat badan atau obesitas jadi alasan utama penyakit jantung gampang menyerang anak muda.

Untuk menghindarinya para ahli kesehatan menganjurkan kita supaya rutin berolahraga. Gak mesti yang berat-berat kok, jogging, bersepeda, atau sering ngejar angkot juga termasuk olahraga, loh.

2. Diabetes

via: Healthy
(Sumber: Healthy)

Penyakit mematikan ini juga gak kenal usia, jenis kelamin, atau jumlah berat badan. Dari tahun 2014 WHO mencatat bahwa penyakit Diabetes banyak diderita dari usia 18 tahun ke atas. Penyebabnya bisa macem-macem, mulai dari gaya hidup serta pola makan yang gak sehat, hingga faktor keturunan.

Kendati diabetes masuk urutan tiga teratas penyakit paling mematikan di dunia, para anak muda dianjurkan supaya rutin mengecek kadar gula darah mereka secara rutin sambil menerapkan gaya hidup sehat.

3. Stroke

Usia paling rentan dari penyakit Stroke berada di usia 65 tahun ke atas, tapi di jaman sekarang, penderitanya juga mengincar di usia produktif, yaitu usia 20-30 tahun. Rokok serta konsumsi makan berlemak jadi salah satu penyebab penyakit stroke di usia muda.

Sama kayak penyakit sebelumnya, selain gaya hidup sehat kamu bisa mengurangi risiko penyakit stroke dengan mengonsumsi minyak ikan yang kaya kandungan asam lemak omega 3.

4. Kanker Payudara

via: Alodokter
(Sumber: Alodokter)

Banyak anak muda sering gak sadar gejala dari kanker payudara karena sulit untuk dideteksi. Sampai saat ini belum diketahui lebih pasti apa penyebab utama kanker payudara, karena setiap orang beda-beda gejalanya.

Kalo kamu udah ngerasain tanda-tanda aneh di sekitar payudara, kayak nyeri atau timbul benjolan, gak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter. Sementara cara paling aman untuk mencegahnya adalah makan makanan bergizi, hilangkan kebiasaan merokok, serta hindari pemakaian bra dengan ukuran terlalu ketau atau terlalu longgar.

5. Alzheimer

FYI, sebuah penelitian neurolog dan konsultan di India, Dr Madhuri Behari, April 2017, menunjukan bahwa 85 persen anak muda gak sadar kalo sering lupa adalah gejala utama penyakit Alzheimer. Penelitian itu melibatkan 2.000 orang berusia 15-40 tahun.

Fakta lain yang gak kalah serem, ternyata biaya pengobatan Alzheimer paling mahal dibandingin sama empat penyakit yang udah Genmuda.com sebutin di atas. Oleh sebab itu, para ahli menganjurkan supaya kita sering melatih otak kita dengan kegiatan yang menggunakan otak dan mengasah daya ingat.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.