Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Bukan Jepang namanya kalo engga menciptakan barang atau makanan aneh yang belum pernah dipikirkan oleh banyak orang. Kali ini ada lagi kuliner unik dari negeri Sakura yang terinspirasi dari budaya kerajinan pedang katana di kota Seki.

Dikenal sebagai kota penghasil katana terbaik di Jepang sejak abad ke-13, kota ini punya perayaan bernama Festival Hamono yang diselenggarakan setiap Oktober. Saking terkenalnya, bahkan setiap penduduk di kota Seki selalu punya satu katana di rumah mereka.

(Sumber: Istimewa)

Seolah gak ingin menghilangkan tradisi nenek moyang akhirnya diciptakanlah es krim berbentuk katana. Bukan sembarang cemilan, pembuatan es krim ini dibuat dan diawasi langsung oleh pewaris ahli pedang keluarga Kanefusa Fujiwara generasi ke-26, yang masuk dalam garis keturunan ahli pedang di Jepang selama lebih dari 600 tahun.

Selain bentuknya yang menyerupai katana asli, es krim ini juga tahan dari panas loh. Itu artinya es ini gak akan meleleh dalam waktu satu hari. Dilansir dari Rocket News, es krim katana ini mampu bertahan hingga lebih dari 5 menit di bawah sinar matahari langsung dengan suhu sekitar 35,3 derajat celcius.

Ide pembuatan es krim ini muncul dari seorang anak SMA di kota Seki. Resep rahasianya berasal dari ekstrak akar kudzu sebagai yang sering digunakan sebagai pemanis alami di Jepang dan Cina. Es krim yang tersedia dalam rasa jeruk, buah-buahan, dan kopi ini dijual seharga 1.000 yen atau setara dengan Rp 135 ribuan dan cuma tersedia di kota Seki, Prefektur Gifu, Jepang. Lo tertarik mencobanya, gengs? (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.