Jum'at, 17 Agustus 2018

Genmuda – Kita sebagai anak Indonesia mesti bangga sama beberapa orang yang berhasil dapetin penghargaan di Influence Asia 2017, yang digelar di Malaysia. Terhitung ada 7 negara yang ikut di acara ini, yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Korea.

Penghargaan ini dibikin dengan tujuan untuk mengapresiasi orang-orang kreatif di industri media sosial. Ada 9 kategori yang diperebutkan di Influence Asia 2017 ini; Food, Fitness, Beauty, Lifestyle, Fashion, Parenting, Youtube Channel, Youtube Personality dan Breakout Influencer.

Dewan juri dari acara ini adalah 40 orang dari 7 negara yang berbeda, dengan tujuan biar keputusan yang dibuat itu obyektif dan transparan. Tema kali ini adalah “Untuk Masa Depan” (For the Future) dengan tagline “Membangun Influence Positif Masa Depan” (Creating Tomorrow’s Positive Influence).

Penilaian ini dilihat dari 4 hal, yaitu konten yang diangkat di sosial media, jumlah follower dan respon yang diberikan, profesionalisme dalam bekerja dan yang terakhir adalah mengenai besarnya pengaruh positif dari konten yang mereka buat.

Final 4 nominees dari Indonesia

©Genmuda.com/2016

Tiap negara dapet “jatah” 4 nominasi untuk semua 9 kategori yang tadi udah disebutin di atas. Pertama, di kategori Food ada Anak Jajan, Fellexandro Ruby, Jiewa Vieri dan Stanislaus Hans. Di kategori Fitness ada Anjasmara, Maria Selena, Melanie Putria dan Sigi Wimala. Ketiga di kategori Beauty ada Bubah Alfian, Cindercella, Lizzie Parra dan Nanda Arsyinta.

Terus ada Elle Yamada, Keenan Pearce, Shirin Al Athrus, dan Tiara Pangestika di kategori LifestyleKelima, kategori Fashion, yaitu ada Dian Pelangi, Diana Rikasari, Jenahara dan Ria Miranda. Selanjutnya, di kategori Parenting, ada Ayasha Putri, Jennifer Bachdim, Ria Miranda dan Sigi Wimala.

Untuk kategori Breakout Influencer ada Jennifer Bachdim, Kaesang, Rachel Vennya dan Tiara Pangestika. Lanjut ada Arief Muhammad, Edho Zell, SkinnyIndonesian24 dan Tim2one di kategori Youtube Channeldan kategori terakhir adalah Youtube Personalityyaitu Arief Muhammad, Chandra Liow, Edho Zell dan Salshabilla.

Terus siapa aja yang berhasil bikin bangga Indonesia?

via: Google
Ria Miranda (Sumber: Istimewa)

Engga cuma satu aja loh pemenang dari Influence Asia 2017 ini yang orang Indonesia. Ada Ria Miranda, Fashion Designer top Indonesia yang menang sebagai Top Fashion Influencer 2017. Ria Miranda ngalahin 3 pesaingnya yang sama-sama dari Indonesia, yaitu Dian Pelangi, Diana Rikasari dan Jenahara.

Doi juga pastinya ngalahin semua nominasi di kategori Fashion dari negara lain. Buat kamu yang belum tau, Ria Miranda udah sering bikin pagelaran busana yang emang terkenal di Indonesia, kaya Indonesian Fashion Week dan Jakarta Fashion Week. Makanya, engga heran kalo akhirnya cewek ini jadi orang yang paling berpengaruh di dunia Fashion, khususnya di Asia.

via: Google
Jennifer Bachdim yang menang 2 kategori sekaligus (Sumber: Istimewa)

Dua orang selanjutnya ini engg cuma menang satu penghargaan loh, tapi dua penghargaan sekaligus. Mereka adalah Arief Muhammad dan Jennifer Bachdim. Walaupun Youtuber baru, tapi Jennifer bisa menang Top Parenting Influencer dan Breakout Influencer 2017.

Jennifer yang punya subscriber 96.196 ini emang sering bikin video yang ngasih liat kehidupannya pribadinya, bareng sama suaminya, Irfan Bachdim dan 2 anaknya yang lucu, Kiyomi dan Kenji. Semua playlist di channel Youtube-nya emang isinya cuma tentang dia dan keluarga kecilnya, contohnya “vlog with #teamBachdim”, “Challenge with #teamBachdim”, “Jennifer TRIES IT”, dan “Follow us around”. Engga salah kan, kenapa juri akhirnya memutuskan buat jadiin Jennifer sebagai pemenang kategori ini.

Youtuber asal Indonesia kedua yang dapet dua piala sekaligus adalah Arief Muhammad, atau dulu kita kenal dia di akun twitternya sebagai @poconggg. Engga cuma Arief aja yang masuk sebagai nominasi di ajang ini, tapi Tiara Pangestika juga masuk loh! Sayangnya, Tika engga dapet satupun piala, beda sama suaminya.

Via Instagram
(Sumber: instagram.com/ariefmuhammad)

Kalo kamu cari nama Arief Muhammad di Youtube, bakal ada sekitar 12.900 hasil/video. Arief ini sering mengunduh video jalan-jalannya, video tentang pernikahannya sama Tipang, dan juga vlog kehidupan sehari-harinya. Selain itu doi juga mengunduh video tentang riset, horor, dan tanya jawab ask.fm.

Karena kontennya yang menghibur dan menginspirasi inilah akhirnya doi dinobatkan sebagai Top Youtube Personality 2017, dan… satu penghargaan lagi yang paling bikin kita harus bangga sama Arief. Doi dinobatkan sebagai Influencer of the Year 2017! Wah keren dan menginspirasi banget ya! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.