Jum'at, 10 Juli 2020
Serius Lo?

Jangan Biarin Eyeliner Kamu Luntur, Girls! Yuk, Cobain Trik Cantik Ini!

via: BBCVokalis Chvrches, Lauren Mayberry yang selalu tampil dengan eyeliner nyentrik saat manggung! (Sumber: BBC)

Genmuda – Kamu pasti sering deh pake eyeliner trus luntur dan malah bikin mata kamu hitam dan keliatan serem? Duh, jangan sampe deh ya. Apa lagi di cuaca yang panas banget kaya gini, pasti eyeliner-nya bisa gampang kena keringet trus nge-smudge.

Trus gimana sih caranya biar eyeliner-nya tahan seharian tanpa luntur? Jangan buru-buru panik ya. Ikutin tips dan trik yang Genmuda.com kasih di bawah ini girls!

1. Bersihkan wajah kamu sebelum pake make up

viaL Popxo.com
(Sumber: popxo.com)

Ini adalah awal dari segala awal pemakaian make up, apapun jenis make up-nya. Soalnya kalo kamu engga bersihin muka terlebih dahulu sebelum pake eyeliner, yang ada eyeliner kamu akan tetep bisa nge-smudge. Jadi pastiin ya untuk bersihin muka kamu, TAPI jangan terlalu sering ya. Cukup sehari dua kali aja, karena kalo keseringan nanti muka kamu malah berminyak.

2. Pake eye primer

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Buat kamu yang kulitnya berminyak, perlu loh pake eye primer di kelopak matanya supaya minyak di kelopak matanya engga terlalu banyak. Apa lagi kalo kamu mau pake make up yang tebel, primer mata ini menjadi hal yang wajib dipake sebelum pake eyeliner. 

FYI, primer mata akan ngasih efek yang signifikan di mata kamu. Selain bisa bikin warna eyeshadow kamu lebih keluar, primer mata juga ngebantu eyeliner yang kamu pake itu engga gerak dan terus menempel di kelopak mata. Jadi, engga akan luntur dan lebih tahan lama.

3. Pakai eyeliner yang cocok sama kulit kamu

via: Google
Jangan salah pilih jenis eyeliner ya (Sumber: Istimewa)

Hal lain yang harus kamu perhatiin soal pake eyeliner adalah tipe dari si eyeliner itu sendiri. Apa lagi buat kamu yang mukanya berminyak, hal ini penting banget biar kalian engga salah beli eyeliner. Kamu harus menghindari eyeliner yang bentuknya gel. Kenapa? Soalnya jenis gel punya kemungkinan paling besar buat nge-smudge.

Jadi Genmuda.com saranin supaya kamu pake jenis liquid atau pensil. Sehingga hasil akhirnya engga terlalu nge-smudge kalo kena minyak dan keringet kamu ya, girls.

4. Jepit bulu mata kamu sebelum pake eyeliner

(Sumber: Istimewa)
Gini nih cara jepit bulu mata yang bener, jangan salah lagi ya! (Sumber: Istimewa)

Ini penting buat menghindari si eyeliner berantakan di mata kamu. Sekering apapun eyeliner-nya, mereka tetep bisa nge-smudge loh. Jadi akan lebih baik kalo kamu jepit dulu bulu mata kamu, kalo bulu mata kamu udah lentik, baru deh kamu pake eyeliner.

5. Kasih layer di atas eyeliner

Kaya gini nih contohnya layer diatas eyeliner (Sumber: Istimewa)

Layer ini fungsinya buat ngejagain eyeliner yang udah kamu pake tadi. Tujuannya sama kayak trik yang lain biar eyeliner kamu lebih tahan lama dan engga nge-smudge. Layer ini bisa kamu aplikasikan di atas eyeliner, tapi engga usah terlalu tebel ya. Kecuali kamu emang ada acara formal yang mengharuskan kamu buat pake make up yang tebel. Kayak ke kondangan atau emang kamu yang undang orang. He-he.

6. Pakai eyeshadow

via: Google
Eyeshadow warna natural yang cocok buat tampilan mata kamu (Sumber: Istimewa)

Jangan biarin mata kamu tampil gitu aja, yaitu cuma pake eyeliner. Kamu bisa mempercantik tampilan kamu dengan menambahkan eye shadow. Selain mempercantik tampilan, eye shadow akan nge-set eyeliner kamu tanpa bikin tampilannya terlihat berantakan. Akan lebih baik kalo kamu pake eye shadow yang warnanya senada sama bagian mata kamu, atau warna-warna yang earth tone, kayak coklat, krem, atau abu-abu.

7. Pakai maskara anti air

via: Fashion Lady
(Sumber: Fashion Lady)

Pakai maskara yang tahan air juga engga kalah penting. Kenapa? Karena kalo maskara kamu nge-smudge, besar kemungkinan eyeliner kamu akan nge-smudge juga. Kalau maskara dan eyeliner kamu sama-sama luntur, duh kebayang dong mata kamu bakalan hitam kayak panda. Nah makanya penting banget buat pake maskara yang tahan air kaya gini ya, girls.

Itu tadi 7 tips supaya eyeliner kamu ngeset dengan rapih dan nge-smudge. Yuk kenali kulit kamu dan juga apa yang kulit kamu butuhin. Jangan sampe salah pake eyeliner lagi ya. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.