Rabu, 25 Mei 2022

Genmuda – Sebanyak 14 ribuan pegawai kantor lama Apple di Jalan 1 Infinite Loop, Cupertino, California, Amerika Serikat lagi migrasi besar-besaran sepanjang satu mil ke arah timur selama 6 bulan ke depan. Pergi ke mana? Ya ke “kampus” barunya yang dibuka, minggu ketiga April ini.

Kantor yang bernama Apple Park itu disebut “kampus” karena semua karyawan Apple mendapat pelatihan rutin dan sharing session supaya terus update sama perkembangan teknologi. Bagi karyawan, pembukaan kantor kece ini udah ditunggu sejak dua tahun lamanya.

via businessinsider.co.id
Kontraktor lagi menanam pohon di halaman kampus. (Sumber: businessinsider.co.id)

Area yang disebut juga Apple Campus 2 itu diprediksi buka pada 2015, dua tahun setelah peletakan batu pertama. Dalam perjalanan, konstruksinya baru berjalan pada 2014, pengerjaannya meleset dari target, hingga akhirnya buka April 2017. Tinggal menunggu tanaman di taman pada tumbuh, maka bentuk kampusnya akan sesuai dengan model yang dicita-citakan Steve Jobs sejak tahun 2000an.

Ternyata, perusahaan sebesar Apple juga bisa salah prediksi dan ngaret kayak orang Indonesia juga, ya (yes offense). Apakah kampus Apple ini akan cocok dengan selera para pencari kerja dan first jobber Indonesia? Jawabannya ya. Apakah karena ngaret? Ya. Tapi, ada lagi beberapa hal di bawah ini yang bikin kampus itu “Indonesia banget.”

1. Banyak parkiran

via businessinsider.com
Dua gedung parkir Apple Park. (Sumber: businessinsider.com)

Dari area seluas 70,82 hektar itu, ada tiga tempat parkir utama yang kalo ditotal luasnya 325 ribu meter persegi. Jumlahnya lebih luas dari area kantor yang cuma 318 ribu meter persegi loh, gaes. Dua gedung parkir dan satu basement bertingkat itu bisa menampung 11 ribu mobil. Cocok banget sama orang-orang Indonesia yang kalo kemana-mana lebih suka bawa kendaraan pribadi daripada naik angkutan umum.

2. Tempat nongkrong luas

Muda-mudi Indonesia juga suka nongkrong, baik yang tinggal di kota ataupun di daerah sekalipun. Kalo mereka kerja di Apple Park, pasti bakalan bersyukur dengan keberadaan tujuh cafe kece yang fasilitasnya nyaman. Salah satu cafe malah ada yang tiga lantai dan bisa menampung 3.000 pengunjung.

3. Tempat olahraga gede

Orang Indonesia yang ogah banget berolahraga di gym ramai pasti suka deh sama Apple Park Wellness Center. Area seluas 9.300 meter persegi di barat laut kampus difungsiin sebagai pusat olahraga yang bisa menampung 20 ribu orang. Fasilitasnya juga dilengkapi ruang ganti, pemandian, cuci baju kilat, dan kelas olahraga. Cool!

4. Ada tempat ngumpul sama keluarga

via businessinsider.com
CEO Apple, Tim Cook mempresentasikan model rancangan “Apple Campus 2.” (Sumber: businessinsider.com)

Apple juga ngebangun sebuah Visitor Center sebagai area publik yang bisa digunakan turis, warga sekitar yang jalan-jalan, atau keluarga pegawai yang berkunjung. Misalnya kamu kerja di sana, area itulah titik kumpul kamu dengan keluarga dari kampung halaman sebelum kamu ajak muter-muter kantor bergengsi ini. Tapi inget, jangan diajak masuk ke area kerja karena tempat itu off limits.

5. Ada sepeda gratis juga

Kalo males jalan kaki saat keliling kampus (Indonesia banget tuh males jalan), ada sepeda gratis yang bisa dipinjem kok. Beberapa kampus (kampus beneran) di Indonesia juga ada yang menerapkan program ini, misalnya aja di Universitas Indonesia.

6. Apple Store paling update!

Pastinya ada juga gerai Apple Store paling resmi dan paling update di kantor megah itu. Semua terobosan karya tim Research & Development yang udah disetujui bakal bisa segera dibeli di tempat yang jadi surga dunianya para Apple “Fan Boy/Girl” Indonesia.

7. Energi bisa dibilang tak terbatas dan ramah lingkungan

via businessinsider.com
Panel matahari lagi dipasang di atap Kampus Apple Park. (Sumber: businessinsider.com)

Ada kesamaan antara Apple Park dengan Tony Stark Building di Marvel Universe. Sumber listriknya sama-sama dihasilkan dari gedung itu sendiri. Bedanya, listrik gedung Tony Stark berasal dari reaktor mini.

Sementara itu, listrik Apple Park berasal dari panel matahari yang bisa menghasilkan 17 megawatt listrik dan tambahan 4 megawatt listrik dari gas alam. Selama ada matahari bersinar, listriknya engga bakalan habis. Bisa nyolok banyak perangkat elektronik tanpa takut ngerusak alam.

8. Bus gratisan

via citizenmagz.com
Angkutan gratis dalam Unpad. (Sumber: citizenmagz.com)

Siapa sih yang engga suka gratisan. Apple Park juga menyediakan bus gratis pulang-pergi kantor dan titik penjemputan yang khusus digunakan untuk pegawai. Program baik hati ini mereka buat supaya engga diomelin pemerintah kota karena menyebabkan kemacetan parah. Di Indonesia, angkutan umum gratis udah ada kok di kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor dan Universitas Indonesia Depok.

9. Kendaraan khusus antar jemput rumah-kantor

Ada juga rencana pembangunan mobil autopilot yang bisa dipakai karyawan tertentu dari mana aja ke mana aja. Cita-cita orang Indonesia yang maunya keluar rumah udah naik kendaraan dan turun kendaraan pas banget di depan pintu gerbang kantor bisa tercapai setelah program itu rilis.

10. Project gabungan

via ABCNews.com
Elon Musk, CEO Tesla Motors yang selalu punya sejuta ide ramah energi. (Sumber: ABCNews.com)

Seperti yang udah diduga, project jemputan autopilot itu diadakan atas kerja bareng Alphabet (Google) dan Tesla Motor. Negara mana yang anak-anak mudanya suka bikin project kolaborasi? Ya Indonesia pasti. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.