Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Buat kamu yang berharap yang namanya password angka dan tulisan bakal segera ngilang dari muka bumi ini, sebentar lagi kayaknya harapan kamu itu bakal segera terkabul nih, Kawan Muda!

Udah bukan rahasia lagi kalau ngapalin password angka dan tulisan itu sering kali bisa jadi salah satu hal yang nyebelin, tapi mau engga mau harus selalu dilakuin. Apalagi kalau kamu punya banyak akun — baik medsos, bank, atau apapun itu, pasti ada kalanya password kamu bakal ketuker-tuker.

Tapi, engga lama lagi password angka dan tulisan kemungkinan cuma bakal jadi bagian dari masa lalu, layaknya mantan(-mantan) kamu loh, Kawan Muda. Password angka dan tulisan kabarnya engga bakal digunain lagi, soalnya bakal digantiin sama on-screen doodles atau finger gestures.

Lah, kok bisa gitu? FYI, ngegunain on-screen doodles atau finger gestures buat log in ke smartphone kamu bakal ngabisin waktu yang jauh lebih cepat ketimbang pas kamu ngegunain password hasil kombinasi huruf besar dan kecil, simbol, dan angka. Cara tersebut juga jauh lebih mudah buat kamu ingat dan lebih sulit buat diretas sama orang-orang yang engga bertanggung jawab.

Para peneliti dari Rutgers University udah ngelakuin riset dengan ngelibatin sampai 91 orang. Dari riset tersebut, mereka berhasil nemuin kalau orang-orang yang pakai ngabisin waktu 40% lebih sedikit buat log in dan bikin password ketimbang orang-orang yang pakai password angka dan tulisan.

Bukan cuma itu, para peneliti pun ngerasa kalau on-screen doodles atau finger gestures bisa dikembangin buat perangkat lain selain smartphone. Sebut aja tablet, laptop touch screen, dan mungkin pintu touch screens.

Mencegah orang lain meretas smartphone Anda merupakan suatu isu utama, dan itu bahkan menjadi lebih penting karena orang-orang membawa smartphone mereka kemana-mana. Memperoleh akses ke smartphone seseorang dapat memberikan banyak informasi tentang orang itu dan membuat mereka rentan terhadap beragam jenis serangan yang bisa memiliki akibat keuangan dan lainnya,kata Profesor Janne Lindqvist dari departemen teknik listrik dan komputer Rutgers University.

Well, pernyataan Profesor Janne memang benar banget sih, Kawan Muda. Sebagian besar dari kita (bahkan hampir semua) ‘kan sekarang lebih suka nyimpan banyak data pribadi di smartphone gara-gara ngerasa jauh lebih praktis. Sayangnya, hal tersebut di sisi lain justru bisa ngebahayain keamanan kita, soalnya kita bisa jadi lebih rentan terhadap pencurian data maupun uang.

So, kira-kira kapan ya password angka dan tulisan bakal benar-benar engga digunain lagi? Yang jelas sih sekarang kita masih harus nunggu hasil riset para peneliti tersebut dipresentasiin di konferensi komputer internasional di California, Amerika Serikat pada bulan Mei mendatang. *colek orang-orang Silicon Valley* (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer