Rabu, 19 Februari 2020

 

Genmuda – Setelah lama diberitain kalo Xiaomi bakal ngeluarin PC Laptop yang pertamanya. Akhirnya tanggal 27 Juli 2016, pabrikan Tiongkok tersebut resmi meluncurkan laptop perdananya yang diberi nama Mi Notebook Air.

Notebook Xiaomi hadir dalam dua ukuran yaitu Mi Notebook Air 12.5 inchi dan Mi Notebook Air 13.3 inchi yang dibalut body Aluminium dan layar Full HD. Mengingat nama dan desainnya ‘kode keras’ jadi pesaing MacBook Air, Mi Notebook Air justru lebih diunggulin dari segi performa, spesifikasi, plus harganya.

Tampilannya lebih tipis ketimbang MacBook Air

Xiaomi
(Sumber: Istimewa)

Engga kayak Notebook pada umumnya yang memberikan logo atau embel-embel di depan Notebooknya masing-masing. Xiaomi justru engga menyematkan logo apapun di depan Notebook ini, tampilannya bersih dan minimalis. Dalam peluncurannya bersama dengan Redmi Pro, CEO Xiaomi Lei Jun mengungkapkan bahwa kebanyakan orang menempel sticker di notebooknya. Sebaliknya logo Xiaomi bisa ditemuin setelah kamu membuka layar dan berada sisi bawah notebook.

Mi Notebook Air 13.3 inchi memiliki ketipisan 14.8mm dan 12.9mm pada varian 12.5 inchi dengan teknologi layar Full HD 1080p, edge-to-edge protective glass. Engga tanggung-tanggaung Xiaomi kasih perbandingan bahwa Mi Notebook Air 13% lebih tipis serta lebih ringan daripada Macbook Air. Ditambah lagi, Xiaomi sengaja mendesain backlit keyboard notebook mereka sedikit membulat di sudutnya sehingga kita tetap nyaman menggunakannya dalam keadaan kurang cahaya.

Performanya cukup menjanjikan

Via: Xiaomi
(Sumber: Istimewa)

Dari segi performa, Mi Notebook Air 12.5 inchi / 13.3 inchi dipersenjatai oleh prosesor Intel Core M3/ i5 processor, 4GB/8GB DDR4 RAM dan menjalankan Windows 10 Home.Buat kamu yang suka nge-game dan desain, Mi Notebook Air udah dipersenjatai oleh NVIDIA GeForce 940MX dedicated graphics card sehingga kalian akan mendapatkan grafis yang lebih baik. Mau main Dota2 juga masih kuat. He-he.

Di aspek konektvitas Mi Notebook Air dilengkapi dengan dua port USB 3.0, satu USB-C, dan satu HDMI buat menjalankan proyektor. Daya baterai mampu bertahan hingga 9.5 jam pada varian 13.3 inchi dan 11.5 jam pada varian 12.5 inchi. Audionya didukung oleh AKG custom dual speakers, Dolby digital surround sound sehingga audio ini telah dijamin kualitas audio yang diinginkan.

Dengan pilihan storage 128GB SATA SSD / 256GB Pcle SSD yang diklaim sangat kencang dalam membaca file dan transfer file, Xiaomi juga menyediakan slot ekspansi SSD layaknya slot memori Micro SD pada smartphone. Pada dasarnya, engga sembarangan orang bisa ngelakuin ekspansi memori karena Xiaomi sengaja membuatnya agar susah dibongkar kecuali kamu emang expert banget.

Kedua notebook tersebut dibanderol dengan harga RMB 3499 (sekitar Rp7 jutaan) dan RMB 4999 (sekitar Rp. 10 jutaan). Kalo dibandingin sama MacBook Air yang sama-sama memiliki dua varian dengan layar 11,6 inci dan 13,3 inci jelas harga jauh lebih mahal.

Dari segala spesifikasi yang ditawarkan, Notebook Xiaomi ini sih bisa jadi pilihan buat para mahasiswa dan orang kantoran yang pengen beli notebook baru yang ramping dan ringan. So, kita tunggu aja kiprah Mi Notebook Air. Kira-kira menurut Kawan Muda bakalan masuk ke Indonesia engga ya? Jangan lupa di-share dan kasih komentar di bawah ya. (sds)

Comments

comments

Ricky Ismail
Becoming agents of change • Salah satu mahasiswa di Universitas Syiah Kuala jurusan Ekonomi Pembangunan.