Sabtu, 20 Juli 2019

Genmuda – Masing-masing anak kelas XII SMA punya caranya sendiri saat belajar. Ada yang sambil mendengarkan musik, sambil diskusi, sambil makan, sambil chating sama mantan, atau fokus belajar doang.

Lakuin aja cara belajar sesuai kapasitas secara rajin, hasilnya pasti terlihat. Libur sejenak tentu boleh biar otak gak panas dan hang kayak laptop keseringan nonton bokep nyala.

Karena keefektifan belajar bukan cuma ditentuin sama melahap informasi, Kawan Muda juga perlu perbaiki gaya hidup supaya informasi yang masuk ke otak gak cepat dilupain atau hilang gitu aja. Makanya, lakuin hal di bawah ini.

1. Fokus sama proses

via tenor.com

Belajar bukan tentang banyak-banyakan ngerjain soal. Melainkan, proses memahami pelajaran. Jadi, bersabarlah, gaes! Kalo sekarang belum paham, belajar aja jalan pelan-pelan.

2. Menghadiahi diri sendiri

via buzzfeed.com

Sebelum belajar, pastiin kamu menyepakati buat menghadiahi diri sendiri apabila sesi belajar kali itu selesai. Hadiahnya bisa apa aja, seperti nonton drama favorit, denger musik, nelepon pacar, atau makan kue sisa di kulkas.

Tipuan otak itu penting supaya alam bawah sadar kamu setuju kalo belajar adalah sesuatu yang benar-benar menyenangkan. Jadi, kamu gak akan patah semangat mencari ilmu.

3. Cukup minum air putih

Meski belajar di dalam ruangan sejuk dan engga sampai keringetan, air dari dalam tubuh tetap keluar lewat pernapasan. Makanya, selalu cukupkan minum air putih paling enggak 8 gelas setiap hari.

Ketika hari ujian pun demikian. Jangan lupa minum air putih tiap 40 menit supaya konsentrasi gak buyar dan daya ingat terus terjaga. Gak usah takut kebelet pipis. Emangnya kamu dilarang pipis sama pengawas ujian? Kan, enggak gitu.

4. Olahraga teratur

via Istimewa

Tiap olahraga fisik nyatanya juga merupakan olahraga otak. Kenapa gitu? Karena tiap otot tubuh kamu bergerak karena rangsangan dari otak. Minimalnya, kamu harus olahraga 30 hingga 45 menit tiap hari.

Kalo gak bisa tiap hari, lakuin sejelek-jeleknya tiga kali seminggu. Pastinya badan kamu juga sehat sehingga bisa melewati masa ujian dengan kondisi terbaik.

5. Cukup tidur

via buzzfeed.com

Terserah Kawan Muda mau belajar pagi, subuh, siang, atau sore. Asalkan tidur minimal 8 jam tiap hari, ilmu bakal lebih cepat dipelajari, lebih nempel di otak, dan kesehatan mental-fisik terus terjaga.

6. Makan blueberry

via allwomenstalk.com

Buah Blueberry kaya akan flavanoids, senyawa yang menguatkan kapasitas otak dan merangsang regenerasi sel otak. Jadi, buah ini cocok banget dijadiin suplemen untuk jaga kesehatan otak Kawan Muda.

7. Makan ayam dan telur

via metro.co.uk

Selain blueberry, ayam dan telur juga bisa dibilang suplemen otak. Mengandung zat choline, ayam dan telur sangat penting buat perbaiki ingatan.

Biar efeknya lebih terasa, makan juga kacang almond, kol, kubis, dan brokoli. Dengan kata lain, pecel ayam lengkap dengan lalapannya adalah makanan terbaik buat otak. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.