Jum'at, 15 November 2019

Genmuda – Gaes, suka ngerasa uring-uringan engga sih kalo lagi belajar? Entah karena faktor mood yang lagi engga beres, pelajarannya engga disukain sampai faktor guru/dosen killer dan faktor lainnya bisa jadi alasan kamu.

Sering kali Kawan Muda cuma ‘maksa’ masukin berbagai materi ke otak kamu, yang ujung-ujungnya engga bakalan berguna saat ujian. Padahal belajar secara efektif tuh bisa kamu lakuin asalkan kamu tau metode mana yang pas sama kepribadian kamu. Ada yang suka belajar sambil dengerin musik, ada juga yang suka belajar sambil pacaran. *ngaur

Percaya engga percaya, selain masalah kepribadian ternyata cara berlajar seseorang dipengaruhi sama zodiak mereka masing-masing loh. Kalo kamu percaya, engga ada salahnya tiru metode di bawah ini. Sedangkan kalo kamu engga percaya silakan baca aja artikel ini sampai kelar terus kasih tau ke temen kamu yang percaya. He-he.

1. Capricorn teratur

Via tumblr
Pokoknya jadwal mereka teratur (Sumber: tumblr)

‘Si kambing’ ini emang punya sifat memperjuangkan sesuatu, pantang menyerah, dan engga akan pernah mundur walau tantangan menghadang. Maka dari itu buat memenuhi semua keingiannya dan engga pengen gagal Capricorn dianjurkan punya timeline belajar dan rutin mengulang pelajaran-pelajaran yang udah dikasih sama guru atau dosen.

2. Sagitarius SKS (Sistem Kebut Semalam)

Via Google
H-1 ujian juga masih selow (Sumber: Blogspot)

Punya sifat apa adanya ngebuat Sagitarius engga suka hal-hal ribet, apalagi sifat dasar zodiak berlambangkan manusia setengah kuda ini emang berani ngambil risiko. Pun cara doi menjelang ujian yang cendrung cuek. Hal inilah yang bikin mereka lebih cocok mencoba metode sistem kebut semalam. Walau engga dianjurin, tapi cara ini sesuai sama keribadian mereka yang cuek dan engga mau ribet.

3. Scorpio menyendiri

Via Google
Asalkan bisa fokus, why not?(Sumber: youthmanual)

Kamu yang punya zodiak Scorpio biasanya suka menempuh sesuatu untuk mengejar tujuan dan cinta-cita. Bahkan untuk meraih goals tersebut kamu punya cara sendir yang engga mau diketahui sama orang lain. Wajar kalo Scorpio sering dibilang kuda hitam, karena diem-diem bisa menghadapi ujian dengan lancar. Berdasarkan karateristik yang udah disebutin tadi, zodiak ini emang cocok belajar dengan cara menyendiri karena butuh ketenangan. Engga ada salahnya pilih waktu malam, berdiam di kamar saat kamu ingin belajar.

4. Libra observasi langsung

©Genmuda.com/2017 Everlyn
Misalnya belajar ke dapur buat liat cara Aga memilih biji kopi terbaik ©Genmuda.com/2017 Everlyn

Punya simbol timbangan, Libra jarang ngambil keputusan terburu-buru, mereka tergolong orang yang menonjol, dan juga mau terjun langsung ke lapangan. Dari situ Libra lebih suka buat observasi langsung, karena metode belajar kayak gitu dianggap lebih nyata dan bisa diingat secara terus menerus. Belum lagi mereka termasuk zodiak yang haus akan informasi baru di lingkungan mereka.

5. Virgo harus dari sumber terpercaya

Via google
Ini lagi belajar ceritanya, bukan lagi modus (Sumber: Istimewa)

Punya sifat yang engga gampang percaya sama orang, ngebuat Virgo lebih suka ngambil informasi dari sumbernya langsung atau yang terpercaya deh. Misalnya aja dari buku, kalo perlu ikutan bimbel atau les privat supaya lebih mudah mendapatkan ilmunya. Jarang banget mereka mau percaya sama orang yang minim pengalaman.

6. Cancer super gigih

Via google
Buku sebanyak lautan pun tak akan lengah (Sumber: thekoterie)

Hampir sama kayak Scorpio, zodiak berlambang kepiting ini lebih suka belajar mandiri dan menyendiri. Cancer percaya semua bisa dipelajari seorang diri mulai baca buku, browsing internet, sampai nonton video yang menyangkut pelajaran. Bagai capit kepiting, orang berzodiak Cancer mau semua materi mereka dapetin dan engga bisa lepas dari otak mereka.

7. Leo baca aja cukup, apalagi lebih

Via Google
Kalo mau lebih, ya engga cuma baca aja (Sumber: 7speedreading)

Zodiak ini sering dibilang cerdas karena lambangnya disangkut pautin dengan simbol yang raja hutan yang bisa memimpin dan cerdas dalam membidik buruan. Orang yang berzodiak Leo percaya kalo sering membaca materi secara berluang-ulang merupakan metode belajar paling pas buat mereka. Segitu sih udah cukup, tapi kalo mau lebih bagus ya lebih rajin. *Yailah.

8. Gemini kinestetik

©Genmuda.com/2016 TIM
Belajar main gitar sama Ardhito Pramono misalnya ©Genmuda.com/2016 TIM

Si anak kembar ini emang lebih suka mencontohkan sesuatu atau sering disebut metode belajar kinestetik. Gemini lebih cepat ngerti kalo informasinya dicontohin oleh orang/benda lain. Kalo misalkan engga ada orang, menonton video tutorial udah paling pas buat mereka.

9. Taurus studyblr

Via Tumblr
Yang penting catetannya warna-warni (Sumber: Tumblr)

Walau suka dibilang orang Taurus itu serem seperti Banteng, tetapi pada dasarnya mereka suka hal yang menyenangkan dan santai. Cara belajar Studyblr bisa mereka coba, karena bisa belajar dengan banyak warna serta gambar-gambar yang ngebuat mereka makin semangat sekaligus gampang menyerap informasinya.

10. Aries mandiri

via: Google
Belajar bisa dimana aja buat zodiak Aries (Sumber: Istimewa)

Aries itu mandiri banget, mereka bisa belajar sendiri dengan banyak metode entah itu sekedar membaca atau mencoba soal-soal latihan yang udah pernah di kasih sama sekolah. Mengulang pelajaran emang baik, agar mereka engga gampang lupa.

11. Pisces auditori

©Genmuda.com/2016 TIM
Belajar pakai VR juga boleh dicoba. (©Genmuda.com/2016 TIM)

Kalo si ikan ini cocok dengan cara belajar auditori, dimana informasi masuk melalui apa yang didengarnya dan akan diserap secara optimal. Makanya jangan heran kalo orang Pisces walau matanya kemana –mana saat belajar tapi otaknya bisa menyerapkan materi dengan baik.

12. Aquarius belajar kelompok

via: Kompasiana
Cara belajar kelompok lebih berguna buat si Aquarius (Sumber: Istimewa)

Aquarius emang terkenal supel, dari situ mereka lebih cocok dengan metode berkelompok. Zodiak ini lebih mudah menyerap materi dengan cara mendengarkan. Singkatnya mereka jadi gampang mengingat ucapan teman, terlebih lagi kalo kegiatan berlajar kelompoknya menyenangkan sehingga mereka engga gampang bosen. (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela