Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Musisi multitalenta, Ahmad Dhani, ceritanya semalam berhasil menarik perhatian publik nih, Kawan Muda. Pentolan Dewa 19 itu bersama band-nya menggelar sebuah konser di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/5) malam.

What? Konser? Di Gedung DPR RI? IYA! Pastinya kita rada kaget kan, secara yang ada di pikiran kita tuh DPR ya isinya para pejabat tinggi. Lah, kok ini malah ada konser. Nah, ternyata, Dewa 19 tampil di sana tuh dalam rangka memeriahkan ‘Konser Revolusi Pancasila’.

Apaan tuh? Kalo menurut wakil ketua DPR RI, Fadli Zon, ‘Konser Revolusi Pancasila’ itu acara dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila pada 1 Juni mendatang. Seperti diberitakan Detik, Fadli berharap gedung wakil rakyat ini kedepannya bisa digunakan seluas-luasnya oleh masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dalam media apapun.

Hmm… kalo adanya seperti itu, tentunya gedung DPR bisa jadi alternatif buat ngegelar gigs kali ya? Tapi, engga kebayang sih, misalnya musik underground gitu, bikin konser di gedung DPR, nanti isinya pasti penonton serba gondrong dan berbalut pakaian hitam. Kalo mereka mau nyampein aspirasinya masih diterima engga tuh ya kira-kira, Kawan Muda?

Ahmad Dhani ‘perawani’ Gedung DPR

Balik lagi ke musisi asal Surabaya itu, doi bilang kalo Dewa 19 udah ‘merawani’ Gedung DPR RI. Ngg… Maksud ‘merawani’ menurut Ahmad Dhani tuh karena Dewa 19 jadi band yang pertama kali ngegelar konser musik di tempat yang diagungkan itu. “Gedung DPR ini milik rakyat. Jadi siapa saja bisa bikin show di sini. Mulai saat ini seperti itu, mulai saat ini siapa saja, band siapa saja boleh show di gedung DPR/MPR ini,” ujar pemilik Republik Cinta Management tersebut, dikutip dari Kompas, Kamis (26/5).

Nah, ngomong-ngomongin soal Republik Cinta Management (kedepannya kita singkat RCM), kan itu jenis usaha yang juga di lakoni Ahmad Dhani, selain buka tempat karaokean. Di dalam RCM, ada sederet artis terkenal yang doi asuh, manage, baik artis maupun para musisi yang berhubungan dengan musik.

Para musisi yang bernaung di antaranya ada Virza, Dewi Dewi, Mahadewi, Andra & The Backbone. Nah, terus hubungannya apa, Kawan Muda? Ya, engga ada, Genmuda.com mau menceritakan sedikit aja. Tapi, selain Dewa 19, musisi yang juga tampil di gedung DPR itu ada Virza, Dewi Dewi, Mahadewi, dan Alex Rudiat. Loh, musisi RCM semua yah yang tampil. Proyek paketan kali ya. (ampun om Dhani).

Biasanya kan Om Dhani kalo manggung bajunya serba hitam tuh, biasanya ya. Beda sama penampilan semalam, suami Mulan Jameela itu mengenakan batik coklat berlengan panjang. Jadi inget Iga Massardi ya, pentolan ‘Barasuara’, yang selalu pake batik di setiap panggungnya.

FYI, waktu konser semalam, ternyata Ahmad Dhani berulang tahun loh. 26 Mei menjadi hari bahagianya setiap tahun. Sekarang umurnya udah 44 tahun.

Gedung DPR jadi tempat konser, mungkinkah?

(Sumber: moneter.co.id)

Ya, dari ucapan Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon di atas, kan beliau menyampaikan ke rekan media kalo siapa pun sekarang bisa menggunakan gedung itu buat menyampaikan aspirasi publik lewat berbagai media. Apakah berarti udah bisa dianggap sebagai satu tempat alternatif di Jakarta buat ngegelar konser? Izinnya sendiri akankah mudah?

Hmm… menurut Genmuda.com, tentunya engga bakal mudah (kita sok tau aja ya, ampun). Tapi, kalo diliat dari tujuannya sendiri, ide yang dicetuskan Fadli Zon wajib kita berikan standing applause. Gimana engga? Beliau memperbolehkan tempat yang jadi gedung perwakilan rakyat itu buat digunain ngegelar konser, di saat Bandung harus terseok-seok nyari tempat yang representatif buat ngegelar acara musik. Prok.. prok… prok…

Sesuai tema acaranya, ‘Konser Revolusi Pancasila’, tentu Fadli Zon telah melakukan satu revolusi yang patut diperhitungkan. Mungkin, suatu saat, bakal banyak band lain yang menggelar konser di Gedung DPR, menyampaikan aspirasi mereka, yang mungkin juga mewakili suara rakyat, lewat musik. Jika berhasil, mungkin demo-demo di depan MPR/DPR bakal berkurang. Lagian, sekarang juga udah sepi kan, mahasiswanya pada sibuk pacaran, yang demo malah supir taksi. Ciao! (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis