Senin, 13 Juli 2020

Genmuda – Kalau kamu lagi iseng-iseng buka buku diary jaman SMP atau SMA, kamu suka malu sendiri engga sih? Nemuin biodata teman kamu yang berpuluh-puluh halaman, atau curhatan kamu setiap hari yang terkadang bikin kamu senyum sendiri ngebacanya. Eh, belum lagi kalau ternyata nemu halaman yang ngebahas cowok idaman.

Misalnya tertulis disitu, cowok idaman itu adalah sosok yang ganteng, jago main gitar, suaranya bagus gimana gitu, romantis, pintar, mirip Rangga ‘AADC’ dan sederet kriteria lainnya. Nyatanya, cowok kayak gitu tuh super duper langka. Dan mungkin sampai sekarang masih tersimpan harapan kamu buat ngedapetin cowok kayak gitu.

Tapi suka sadar engga sih, Kawan Muda, kalau ternyata mulai dari remaja berseragam sampai sekarang sudah berkuliah atau jadi orang kantoran, perubahan besar itu engga ada. Gini-gini aja. Masih jerawatan, doyan makan (bikin gendut), selebor, resting bitch face, dll. Gimana mau punya cowok idaman kayak yang kamu tulis di buku diary?

Bayangin, misalnya kamu lagi jalan-jalan ke mall, atau di perpustakaan gitu, terus kamu nemu cowok macam Rangga, udah ganteng, romantis, cool, pokoknya misterius banget. Rasanya mau banget engga sih jadi list pertama buat jadi cewek doi?

Kalo iya, Genmuda.com punya beberapa cara buat kamu yang berharap punya cowok kayak Rangga, seperti dalam diary kamu. Sosok Rangga, cowok yang bikin Cinta engga nikah-nikah selama 14 tahun. Cowok yang bisa bikin seorang Cinta galau dan memble, padahal cuma lewat Line.

1. Rajin baca dan pergi ke toko buku.

Ini langkah awal yang bikin kamu bisa ketemu sama tipikal cowok kayak Rangga. Kebanyakan cowok kayak gitu tuh ya tempatnya ada di toko buku atau di perpustakaan. Mereka menjunjung tinggi pengetahuan dan ilmu yang tersampaikan lewat aksara dalam sebuah buku. Keheningan, ketenangan, dan intelektualitas.

Anggaplah kamu udah bertemu sama doi. Tentunya biar kamu bisa mengerti dan membuka topik pembicaraan, kamu harus mengenal dirinya lebih dalam kan. Buku apa yang dia baca, toko buku mana yang sering menjadi santapan empuknya. Di lain sisi, banyak membaca itu juga engga merugikan kamu kok. So, rajin baca dong.

2. Perawatan siang malam biar kayak Dian Sastro.

(Sumber: Istimewa)

Ya, Dian Sastro yang berhasil mendapat kalimat sakral dari Rangga di AADC pertama, “Aku juga cinta kamu.” Perpisahan di bandara Soekarno-Hatta yang mengakhiri film keluaran tahun 2002 itu pastinya terkenang dong dibenak kamu. Nah, jadilah seperti Dian Sastro.

Bukan dengan maksud menghasut kamu menjadi orang lain, tapi ambilah sisi baik yang bisa kamu petik. Apa yang lebih dari seorang Dian Sastro? Parasnya, aktingnya, kepintarannya, atau yang lainnya. Kamu timbang-timbang sendiri dan ambil ilmunya. Ilmu itu tuh udah terbukti ampuh banget buat menggaet cowok kayak Rangga. Kenapa engga coba kamu contoh?

3. Berhati sabar… sabar… sabar…

(Dok. Miles Film)

Ya, cowok misterius ala Rangga tuh memang menyimpan banyak pertanyaan. Satu bulan atau dua bulan rasanya kurang cukup buat menyelami kehidupannya. Bersiaplah kamu menerima perlakuan cueknya, juteknya, tatapan matanya yang tajam, dan sudut pandangnya yang terkadang berbeda.

Ibarat kerang hijau di abang-abang pecel lele pinggiran, sikap seperti itu keras tampak luarnya aja kok, dalam hatinya mah lembut. Percaya deh. Jadi mau makan kerang.

4. Siap LDR, cowok kayak Rangga bisa aja jadi Bang Toyib, jarang pulang.

(Dok. Miles Film)

Cowok kayak Rangga, ya, kayak Rangga itu tipikal yang ambisius. Mereka tau apa yang harus dilakukan dan apa yang terbaik buat masa depannya. Langkah seperti apapun pasti dilakoni demi meraih mimpinya. Seperti Rangga ke hijrah ke New York, Amerika Serikat, kamu juga harus siap-siap kalo cowok idaman kamu pergi ke luar kota. Tenang aja, nanti tiba-tiba nongol sendiri di Line kayak hilal.

5. Siap punya anak keriting.

Ya,Rangga kan keriting. Terus kalau pas banget cowok idaman kamu mirip Rangga juga keriting, yaudah siap-siap aja. Udah, gitu aja.

6. Harus sehat jasmani dan rohani.

Dian Sastro aja masih jogging (Sumber: Istimewa)

Jadi cewek yang ditaksir Rangga, kamu tuh harus rela diajak jalan kaki, lari-larian di Bandara, menyusuri toko buku bekas, naik gunung, keliling Yogyakarta dan lainnya. Makannya, kesehatan jasmani dan rohani itu kunci utama buat semua itu. Get it?

7. Harus bisa baca puisi.

Kulari ke pantai, kemudian foto kaki…

8. Harus berhenti bermimpi, karena cowok kayak Rangga itu langka.

Berangan-angan memang boleh. Banyak orang bijak yang bilang kalau mimpi itu awal dari segalanya. Tapi, buat masalah hati, baiknya kamu jangan terpaku dengan tipikal yang jadi impian kamu. Jika memang jodoh sudah di depan mata, namun kamu tolak karena engga kayak Rangga, kamu yang dirugikan. Ceritanya ini punchline.

Riri Riza dan Mira Lesmana (Sumber: Istimewa)

Terimalah pasangan kamu dengan apa adanya. Rangga hanyalah satu sosok fiksi yang diciptakan Mira Lesmana (Film pertama Rudi Soedjarwo). Kehadirannya di lingkungan sosial itu semu. Jarang ditemukan atau entah bagaimana menemukan cowok seperti itu. Oleh karena itu, kita beri tepuk tangan saja untuk Mira Lesmana dan Tim yang telah menghadirkan Rangga dalam keseharian kita. Prok! Prok! Prok!

Anyway, kamu udah nonton AADC 2 belum? Kalau udah, menurut kamu gimana? Kasih tau kita dong di bawah. (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis