Jum'at, 17 November 2017
HubunganCinta

7 Hal yang Boleh dan 5 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakuin saat Tersiksa akibat Putus Cinta

via: IMDB(Sumber: IMDB)

Genmuda – Putus cinta itu menyebalkan. Bahkan putus dari pacar nyebelin sekalipun sakit hatinya berasa banget sampe ke gigi, kepala, dan sumsum tulang belakang. Apalagi yang putus dari pacar tersayang.

Oke itu lebay. Tapi, Genmuda.com yakin banget kamu tau gak enaknya putus cinta bikin kamu pengen bales dendam. Buat menyikapi perasaan sakit hati kayak gitu ini 7 hal yang harus kamu lakuin dan 5 hal yang mending jangan dilakuin.

Do

1. Blokir kontak

via istimewa

Memblokir kontak mantan di Facebook, Twitter, Instagram, Skype, Snapchat, Tumblr, Vine, ponsel, dan segala eksistensi digitalnya sama sekali perbuatan yang gak melanggar undang-undang. Malah, dianjurin supaya kamu gak sakti hati karena ngeliat tingkah digitalnya.

2. Curhatin semuanya

Makin sakit hatinya dipendem, makin susah hilangnya. Jadi, curhatin aja semua kegalauan kamu secara privat ke orang yang kamu percaya. Jangan curhat secara online di Instagram Stories atau di YouTube, ya. Itu kan privasi kamu.

3. Izin gak masuk tuh boleh kok

via imgur.com

Galau emang bisa bikin pikiran terganggu sehingga gak konsen di sekolah, kampus, atau kantor. Tiap institusi itu biasanya memperbolehkan kamu gak masuk asalkan gak melebihi batas toleransinya.

Apabila “jatah bolos” masih tersisa, gak ada salahnya loh cabut satu atau dua hari. Saat tiba waktunya masuk lagi, bersiaplah menghadapi pertanyaan seputar patah hati dari temen-temen.

4. Geluti hobi

Pelarian yang paling baik adalah pelarian yang gak menyakiti diri sendiri atau orang lain. Jadi, saat kamu butuh melarikan diri dari perasaan, geluti aja hobi kamu. Kalo gak ada, cari hobi baru aja yang menghibur.

5. Cari hikmahnya aja

via medium.com

Kamu pasti bisa kan nyari hikmah di balik pengalaman buruk yang dirasain? Cari tau kesalahan apa yang kamu lakuin sehingga bisa dapet mantan nyebelin gitu, lalu jangan ulangi kesalahan tersebut di kesempatan berikutnya. Emang kamu gak cape jatuh terus ke lubang yang sama?

6. Perbaiki diri

Kamu bisa melakukannya dengan nyari lebih banyak teman, belajar giat, ngejar kenaikan jabatan di kantor, atau sesimpel rutin berolahraga. Lakuin aja apapun yang bikin diri kamu lebih baik dari sebelumnya.

7. Sabar aja

via tumblr.com

Gak perlu baper dengan pertanyaan “apa kabar?” “gimana (nama mantan kamu)?” atau “kapan kawin?” Santai aja. Mereka gak tau yang kamu alami. Anggap aja pertanyaan itu sebagai bentuk kepedulian mereka.

Jadi, jangan langsung nangis atau teriak-teriak gak jelas dengan pertanyaan basa-basi busuk macam itu. Dengan menyikapinya secara positif, artinya kamu makin dewasa.

Don’t

1. Cari pacar pelarian

via imgur.com

Kamu gak perlu nyari pacar pelarian lah, ya. Ngapain sih merendahkan diri lebih rendah dari mantan? Mainin perasaan orang tuh gak bagus, loh. Ujung-ujungnya, kamu lagi yang rugi karena harus berhadapan sama korban pelarian kamu. Melepaskan diri dari orang yang berambisi memiliki itu sulit, loh.

2. Jelek-jelekin mantan di depan publik

Jelek-jelekin mantan sambil curhat ke temen yang kamu percaya itu boleh-boleh aja. Tapi, jangan ngatain mantan di depan publik, misalnya di medsos. Kelakuan najong itu justru bikin citra kamu buruk. Kamu jadi kayak crazy ex boy/girlfriend.

3. Move on kecepetan

via popkey.co

Proses move on itu gak secepat yang diharapin loh. Kamu harus hati-hati sama perasaan kamu yang baru putus tapi langsung pengen jadian sama orang lain. Jangan-jangan itu cuma cari pelarian, bukan suka apalagi cinta.

4. Pura-pura tegar

Kamu boleh punya citra sebagai orang segalak dan setegar apapun, tapi itu bukan alesan sembunyiin rasa sakit hati kamu. Seperti yang Genmuda.com bilang di awal, makin dipendem, makin susah hilangnya.

5. Mulai mengonsumsi yang aneh-aneh

via rebelcircus.com

Kamu yang tadinya gak ngerokok sebaiknya tetap mempertahankan hal itu meski sakit hati seolah meminta kamu untuk merokok. Asap yang keluar-masuk paru-paru gak bisa mengurangi efek putus cinta. Kalo menambah racun di dalam tubuh bisa.

Jangan juga mulai mabuk-mabukan apalagi sampe mengonsumsi narkoba. Cuma waktu yang bisa ngilangin perasaan gak enak itu. Ayolah. Genmuda.com yakin kamu bisa! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.