Minggu, 19 November 2017
Penting Gak Penting

5 Pertimbangan yang Harus Dipikirin dari Sekarang Kalo Kamu Mau Kuliah di Luar Negeri

via: Instagram(Sumber: Istimewa)

Genmuda – “Senior time!” Jadi yang paling tua di sekolah itu emang menyenangkan. Setiap momen yang kamu lewatin, bakal jadi yang terakhir kalinya. Di pertengahan tahun, kamu bakal kejenjang berikutnya yang jelas berbeda dari masa SMA.

Di titik inilah kamu bakal mulai belajar mandiri. Engga ada tuh di hukum karena kamu engga ngerjain tugas. Kamu pun bakal lebih konsentrasi ke satu jurusan dan mendalaminya. Kawan Muda pasti pengen bangetkan, kuliah di tempat impian, apalagi sampe ke luar negeri.

Namun demikian sebelum kamu menempuh studi ke luar negeri alangkah baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal penting seperti di bawah ini:

1. Persetujuan orang tua

Kuliah dengan jarak jauh bikin kamu terlepas dari kontrol orang tua. Oleh sebab itu penting banget ngajak bonyok kamu bernegosiasi. Hal ini kan bukan sekedar jarak, tapi juga soal biaya hidup dan studi kamu selama tinggal di luar negeri.

2. Bakalan homesick

Kalo ada yang bilang rumah adalah tempat ternyaman, itu bener kok. Kamu bebas ngapain aja di rumah kamu sendiri. Beda halnya, kalo kamu udah mulai kuliah di daerah luar negeri. Kamu harus memulai tanpa adanya keluarga dan tinggal di negeri orang. Istilah ‘homesick’ atau kangen rumah jelas bakal kamu rasain selama kuliah.

3. Siap-siap LDR

Siapa sih yang mau ditinggal pacar jauh-jauh sampe harus LDR? Udah jarang ketemu, LDR juga penuh dengan godaan. Tapi kalo emang pacar kamu tetap ngedukung dan setia sama kamu, coba aja bilang dari sekarang. Biar doi siap ditinggal jauh sama kamu. Kalo diomongin baik-baik si doi engga bakal ngambek kok, masa mau sukses dilarang.

4. Beda rasa makanan

Lidah lokal mungkin engga bakalan bohong kalo ketemu makanan tradisional kayak gudeg atau nasi padang. Namun, saat tinggal di luar negeri, kamu perlu adaptasi lebih buat mencicipi makanan di sana. Kalo biasanya ketemu nasi, mungkin di sana kamu bakal kesulitan buat mencarinya. Meski ada restoran khas Asia, tetep aja jumlahnya terbatas.

5. Beda pergaulan

via: Tumblr

Beda kota bakal beda cara pergaulannya, apalagi kamu sampai beda negara. Kamu harus lebih banyak memahami orang dan menerima budaya asli mereka. Jadi pilah-pilh temen selama studi di luar itu penting loh, tapi jangan sampe kamu jadi sombong ya. Intinya kamu harus tau yang baik buat diri kamu dan tau bagaimana caranya ‘membawa’ diri kamu sendiri di negara orang.

Well, masih ada waktu engga ada salahnya kamu pikirin dari sekarang sebelum melanjutkan studi ke luar negeri. “Tetep Zemangat!” (pake: Z). (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela