Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – Sutradara sekaligus penulis naskah film “Guardians of the Galaxy” (GotG), James Gunn dipecat Disney-Marvel, sekitar 20 Juli 2018 lalu. Sebab, dia ketauan nge-twit kasar banget sekitar 2009 hingga 2010.

“Sikap dan pernyataan ofensif yang ditemukan di Twitter James Gunn tidak bisa diterima dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Studio kami,” Alan Horn selaku ketua Walt Disney Studio berkata ke Hollywood Reporter.

Twit yang dimaksud berisi beberapa becandaan ala sang sutradara sarkas itu. Masalahnya, tema yang dibecandain adalah tentang pedofilia (kelainan seksual orang dewasa suka anak di bawah umur) dan pencabulan.

Terus, gimana kelanjutan project dan respon orang-orang yang terlibat di sekuel ketiga GotG? Berikut ini faktanya:

1. James Gunn menyesal

“Kata-kata saya bertahun-tahun lalu sangat gagal. Saya menyesalinya hingga kini. Bukan karena bodoh, jayus, tak peka, dan jauh dari kata provokatif, melainkan karena hal itu tidak mencerminkan saya yang sekarang…. Saya paham dan menerima keputusan bisnis yang ditimpakan kepada saya sekarang,” kata Gunn.

2. Dave Bautista membelanya

Gunn yang sekarang disebut sebagai pihak yang jauh beda dari dia dulu. Dave Bautista, pemeran Drax ngetwit begini, “James Gunn adalah salah satu orang paling penyayang, peduli, dan baik yang pernah saya temui. Dia ramah dan lembut kepada manusia atau hewan. Dia membuat kesalahan seperti halnya kita semua.”

3. Zoe Saldana tetap care dengan dia

Tanpa menyebut atau memention nama James Gunn, Zoe Saldana (pemeran Gamora) bilang bahwa doi tetap sayang “SEMUA keluarga GOTG.” Sebelumnya, dia sempat bungkam dalam mengomentari kasus yang menimpa sutradara sekaligu teman baiknya itu.

4. Sean Gunn ngajak fans GotG untuk objektif

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Meski menyayangkan kelakuan saudaranya, Sean Gunn sebagai pemeran Kraglin, tangan kanannya almarhum Yondu Udonta mengajak fans Marvel tetap objektif. Lewat Instagram, dia bilang, “Semoga fans tetap mengapresiasi GotG meski pembuatnya pernah kurang ajar.”

5. Chris Pratt mengajak orang jangan cepat marah

Senada kayak Sean, Chris Pratt ngasih komentar tersirat lewat twitnya. Dia bilang, “Pahamilan, saudara-saudari. Marilah semua orang untuk cepat mendengarkan, lambat berkomentar, dan lambat naik pitam  — James 1:19.” Itu adalah potongan Ayat Surat Epistle of James dalam Injil Perjanjian Baru.

Gara-gara kasus pemecatan sutradara itu, project GotG Vol.3 dikabarkan tengah mengambang tanpa kejelasan. Soalnya, naskah dan gambar yang terlanjur dibuat Gunn belum tentu akan dilanjutkan. Semoga aja Disney-Marvel bisa menemukan penggantinya sebelum proses produksi dimulai awal 2019 nanti. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.