Selasa, 16 Juli 2019

Genmuda – Pagelaran Grammy Awards 2016 memang udah berakhir beberapa jam yang lalu. Meski begitu, sejumlah momen dari ajang penghargaan musik bergengsi itu kini masih ramai dibicarain sama para netizen.

Grammy Awards ke-58 yang berlangsung di Staples Center, Los Angeles, California, Senin (15/2) waktu setempat, jadi saksi kemenangan Kendrick Lamar yang bertubi-tubi. Setelah berhasil nerima 11 nominasi sekaligus dan ngelampauin Eminem sebagai rapper dengan nominasi terbanyak, doi akhirnya sukses ngebawa pulang 5 piala, disusul sama Taylor Swift dan Alabama Shakes dengan 3 piala.

Bukan cuma itu, Grammy Awards 2016 juga punya beragam ceritanya sendiri. Mulai dari kisah para yang artis baru ganti gaya rambut sampai mereka yang gagal tampil gara-gara satu dan lain hal, semua bisa kamu temuin di Grammy Awards tahun ini. Berikut ini Genmuda.com rangkumin 10 momen yang engga bisa dilupain dari Grammy Awards 2016:

  1. Ajang pamer rambut baru
Zendaya (Sumber: HuffPost Style Canada)

Total ada 3 artis dengan gaya rambut baru yang berhasil nyuri perhatian di Grammy Awards 2016. Mereka adalah Taylor Swift dengan rambut bob berponinya, Pharrell Williams dengan warna rambut platinum blonde-nya, dan Zendaya dengan rambut mullet-nya.

Tapi, dari ketiga artis tersebut, yang ngambil langkah paling berani adalah Zendaya. Doi ngubah gaya rambutnya sebagai tribut buat mendiang David Bowie. Doi bahkan hadir dengan setelan hitam yang ngingetin orang-orang pada gaya ikonik Bowie. “Anda tidak perlu menyukai rambut Zendaya. Ia tidak melakukannya untuk Anda. Ia melakukannya untuk Bowie,” tulis seorang netizen.

  1. Penghormatan buat Lionel Richie
John Legend, Demi Lovato, Lionel Richie, Meghan Trainor, Tyrese Gybson, dan Luke Bryan (Sumber: Matt Sayles/AP)

Baru juga beberapa hari yang lalu gala MusiCares Person of the Year ngasih penghormatan buat Lionel Richie, eh tadi beliau udah dapat penghormatan lagi aja di ajang Grammy Awards 2016. John Legend, Demi Lovato, Luke Bryan, Meghan Trainor, dan Tyrese Gibson pun tampil ngebawain beberapa lagu hits sang legenda, sebelum beliau akhirnya ikutan gabung buat ngebawain ‘All Night Long’. Meriah banget deh pokoknya, Kawan Muda!

  1. Rihanna engga jadi manggung
Rihanna - 'Anti' (Sumber: Christopher Polk/Getty Images for WESTBURY ROAD ENTERTAINMENT LLC)
Rihanna – ‘Anti’ (Sumber: Christopher Polk/Getty Images for WESTBURY ROAD ENTERTAINMENT LLC)

Cuma beberapa jam jelang Grammy Awards 2016, RiRi terpaksa ngebatalin penampilannya gara-gara bronkitis. Padahal, doi seharusnya tampil ngebawain ‘Kiss It Better’ dari album terbarunya, ‘Anti’, buat pertama kalinya secara live.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Rihanna setelah latihan Grammy, dokter Rihanna memintanya untuk istirahat vokal selama 48 jam karena ia berisiko membuat pita suaranya mengalami pendarahan,” demikian pernyataan dari pihak RiRi.

Meski begitu, RiRi bukan satu-satunya artis yang batal manggung di Grammy Awards 2016. Ada pula Lauryn Hill, yang seharusnya ngasih penampilan kejutan bareng The Weeknd. Mereka kabarnya berencana buat duet di lagu ‘In the Night’, tapi engga jadi gara-gara waktunya udah mepet.

  1. Fangirl moment Taylor Swift
(Sumber: Cosmopolitan)

Coba deh kamu perhatiin lagi gimana hebohnya Taylor pas Ed Sheeran sukses menangin kategori Song of the Year. Serasa kayak lagi ngalamin fangirl moment, doi malah heri alias heboh sendiri. Meski begitu, mengingat Ed Sheeran jelas-jelas udah ngalahin doi di kategori tersebut, doi sebenarnya kegirangan gara-gara bahagia atau gara-gara sedih ya?

  1. Penampilan petjah Kendrick Lamar

Mampu ngeborong piala sampai 5 sekaligus, masa penampilannya engga petjah sih? Ngebawain ‘The Blacker the Berry’ dan ‘Alright’, Kendrick sukses bikin panggung Grammy Awards 2016 makin membara. Penampilan doi benar-benar terkonsep dan punya pesan yang mendalam. Sel penjara, borgol, api, semua bakal bikin kamu pengen ngelihat penampilan doi berulang-ulang kali.

  1. Kesalahan teknis di penampilan Adele
Adele (Sumber: Matt Sayles/Invision/AP)

Setelah sekian lama vakum, Adele akhirnya kembali tampil di panggung Grammy Awards buat ngebawain ‘All I Ask’. Sayangnya, penampilannya tersebut sempat terganggu gara-gara ada kesalahan teknis. “Seorang juru bicara CBS mengkonfirmasi bahwa ada 5-8 detik masalah teknis pada penyiaran… di luar kendari jaringan tersebut,” demikian konfirmasi yang diterima Associated Press.

Nah, engga lama berselang, Adele sendiri juga udah ngasih penjelasan terkait masalah teknis di penampilannya tersebut. Menurutnya, “mikrofon pianonya jatuh ke string piano, itulah asal suara gitarnya. Itulah yang membuat pianonya terdengar tidak selaras.” Well, it’s okay, Adele!

  1. Penampilan spesial Justin Bieber
(Sumber: Getty Images)

Bukan Justin namanya kalau engga bisa ngasih penampilan yang ngundang banyak tepuk tangan. Sambil main gitar, doi udah ngebawain ‘Love Yourself’ dengan penuh penghayatan. Tapi, suasana seketika berubah jadi lebih nge-rock pas doi ngebawain ‘Where Are Ü Now’ bareng Jack Ü. Mungkin doi mau ala-ala Imagine Dragons kali ya, Kawan Muda?

  1. Tribut Lady Gaga buat David Bowie
Lady Gaga (Sumber: Robyn Beck/AFP/Getty Images)

Selain Kendrick Lamar, artis lain yang engga kalah nyuri perhatian adalah Lady Gaga. As usual, doi kembali tampil secara total dalam tributnya buat David Bowie, bukan cuma dari segi musik tapi juga dari segi outfit maupun makeup dan tata rambut.

Dalam tributnya tersebut, Gaga ngebawain karya-karya Bowie di tahun 1970 dan 1980-an. Sebut aja ‘Space Oddity’, ‘Changes’, ‘Ziggy Stardust’, ‘Suffragette City’, ‘Rebel Rebel’, ‘Fashion’, ‘Fame’, ‘Under Pressure’ (bass-line), ‘Let’s Dance’, dan ‘Heroes’. Doi udah kayak versi ceweknya Bowie banget deh pokoknya.

  1. Joey Alexander
Joey Alexander (Sumber: Facebook Joey Alexander)

Ini dia anak ajaib yang udah ngeharumin nama Indonesia di kancah internasional. Joey berhasil jadi musisi termuda yang masuk dalam nominasi Grammy Awards 2016. Doi udah masuk dalam 2 nominasi sekaligus, yaitu Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album.

Yang lebih menariknya lagi, Joey juga terpilih buat jadi salah satu penampil di Staples Center. Ngebawain solo piano, doi pun dapat pujian dan tepuk tangan meriah dari para hadirin. Taylor Swift aja ikutan berdiri buat ngasih tepuk tangan ke doi loh, Kawan Muda.

  1. Pidato Taylor Swift

https://youtu.be/xPOPtQIEQt0

Salah satu kategori Grammy Awards 2016 yang berhasil dimenangin Taylor adalah kategori Album of the Year. Lewat album ‘1989’, doi berhasil ngalahin Alabama Shakes, Chris Stapleton, The Weeknd, dan bahkan Kendrick Lamar, kolaboratornya di lagu ‘Bad Blood’.

Tapi, yang bikin kemenangan Taylor itu jadi makin berkesan adalah pidatonya. FYI, ini merupakan kedua kalinya doi menang kategori Album of the Year di Grammy Awards dan doi merupakan artis perempuan pertama yang berhasil ngeraih prestasi tersebut sejauh ini.

Sebagai perempuan pertama yang memenangkan Album of the Year di Grammy sebanyak 2 kali, saya ingin mengatakan kepada semua perempuan muda di luar sana: Di sepanjang jalan akan ada orang-orang yang mencoba untuk mengusik kesuksesan maupun mengambil kredit atas prestasi atau ketenaranmu, tapi jika kamu fokus pada karyamu dan tidak membiarkan orang-orang di sekelilingmu itu mengacaukannya, suatu hari saat kamu menemukan arahmu, kamu akan melihat ke sekitarmu dan tahu bahwa kamu dan orang-orang yang mencintaimulah yang membawamu ke sana dan itu akan jadi pengalaman terbaik di dunia,” kata Taylor.

Zuper zekali ‘kan tuh, Kawan Muda? Kira-kira gimana ya tanggapan Kanye West? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer