Senin, 19 Agustus 2019

Genmuda – Namanya masa SMA, masa di mana lagi menggebu-gebunya buat nunjukin jati diri. Segala hal mau dicoba, salah dan benar mungkin urusan belakang. Mulai dari kenakalan yang disengaja atau engga, khilaf atau lupa, yang jelas pasti ada aja kenakalan yang pernah dilakuin sama anak SMA (Atau kamu yang pernah SMA).

Oleh sebab itu, Genmuda.com bakal ngerangkum 10 kenalakan anak SMA yang pasti pernah dilakuin oleh setiap orang (minimal satu kenakalan). Berikut ulasannya:

1. Catut Buku LKS

Ngaku aja deh, mayoritas dari generasi 90-an pasti pernah sedikit catut buku LKS. Kalo harga awalnya Rp 7.500 dilempengin jadi ceban. Total LKSnya ada 15 mata pelajaran. Jadi aja udah bisa main di rental ps. (Itu asumsi harga LKS tahun awal tahun 2000an ya)

2. Cabut Sekolah

Kamu kayaknya kurang afdol kalo engga ngelakuin hal ini semasa SMA. Visinya sih sederhana, supaya bisa bolos sekolah tapi bilangnya tetap sekolah ke bonyok. Tempat tujuannya macem-macem, ada rental PS, Warnet, Mall, sampe main ke rumah temen.

3. Seragam ‘mini’

Dari mulai atasan sampe bawahan semuanya sengaja dibuat ‘mini’. Biar makin modis dan ngikutin bentuk badan badan. Yang cowok makin macho, yang cewek makin GMZ. Meski udah kena razia guru, tetap aja yang patah tumbuh kembali. Betul kan?

4. Pura-pura sakit ke UKS

Buat kamu yang jago akting, UKS adalah tujuan cabut mata pelajaran paling aman. Pasang muka melas dan pucat, langsung deh ke UKS. Kalo lagi untung, bisa aja ada yang buatin teh manis atau bubur kacang hijau. *inget kalo lagi BERUNTUNG doang.

5. Ngerokok di Toilet

Namanya anak muda, sukanya coba-coba (klise banget). Tapi nih ya, namanya anak SMA pasti pernah aja ngerokok di areal sekolah. Dan salah satu ruangan paling aman ya toilet. Perhatiin juga kamu ngerokok di toilet murid, bukan toilet guru apalagi di toilet kepala sekolah.

6. Ngewarnain Rambut

Entah apa yang terbesit, kayaknya mendadak aja pengen ngewarnain rambut biar makin kece. Mulai dari DIY sampe yang harus pewatan ke salon, semuanya ada, dan pernah dilakuin sama anak SMA. Meski udah dilarang dan bolak-balik ke ruang BP, tetep aja ‘kan masih suka dilakuin. Anyway, cari tahu juga ya alasan kenapa anak muda suka warnain rambut di sini.

7. Gak Ikut Upacara

Saat SMA mungkin males banget ikutan upacara bendera. Alasan penting gak penting, panas, hingga mager jadi alasan tiap orang males ikutan upacara. Belum lagi kalo atribut kamu engga lengkap dan rambut gondrong. Udah kelar deh hari senin kamu.

8. Bikin Surat ‘Sakit’ Palsu

Catat! Ini sebenarnya salah satu bukti praktik korupsi. Selain perbuatan tercela, ini juga masuk perbuatan berdosa. *ambil wudhu

9. Sewa tukang ojek buat ambil raport bayangan

Kalo kamu pernah ngelakuin hal ini kamu termasuk ‘kebangetan’. Alih-alih perwakilan orang tua yang dateng, kamu malah suruh tukang ojek langganan buat pura-pura jadi orang tua kamu. Tujuannya sih cuma satu, supaya walikelas engga bawelin kamu di depan orang tua. *yah, padahal ini banyak positifnya buat kamu.

10. Kaos kaki pendek

Entah apa esensinya aturan ini dijalankan, apalagi kalo cewek-cewek udah pake rok panjang. Tapi sekali lagi, namanya juga anak muda, selalu engga nyaman, risih, dan keganggu kalo pake kaos kaki panjang. Situ mau sekolah atau main bola? He-he.

Dari ulasan di atas sebenernya engga ada yang bener, alias semua salah. Jadi Genmuda.com engga nganjurin kamu mencontohnya, karena kami ngerasa Kawan Muda udah bisa ngebedain mana yang salah dan buruk buat kamu. Stay positive ya!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.