Rabu, 27 Maret 2019

Genmuda – Kalo kamu lagi hangout terus ngeliat cewek atau cowok yang rambutnya warna-warni, jangan heran atau ngikutin mereka terus nyolong dompet. Isinya pasti dikit karena uangnya habis buat beli pewarna dan vitamin rambut. Mending deketin terus tanya langsung, “Mba-nya itu jenis rambut apa sih? Saya mau dong digituin.”

Gaya rambut warna-warni yang mereka pake itu namanya ‘Ombre’ Kawan Muda, tatanan model rambut yang udah ada dari jaman baheula, tapi lagi happening banget nih beberapa tahun belakangan. Kerjaannya bintang-bintang Hollywood kayak Rahel Bilson, Ciara, Kate Bosworth, Drew Barrymore, sampe Alexa Chung yang ngenalin lagi gaya rambut ini dan bikin remaja di seluruh dunia pengen ngewarnain rambutnya.

Ombre sendiri dalam bahasa Perancis artinya shading atau graduating (lah ini bahasa Inggris), yang kalo kita terjemahin lagi ke bahasa Indonesia secara harafiah artinya bayangan atau berbayang. Gaya rambut ini mengandalkan perpaduan dua warna atau lebih pada rambut dengan warna yang lebih terang dari ujung rambut tanpa menimbulkan garis perbedaan yang mencolok.

Di Indonesia, gaya rambut Ombre masih hits sampe sekarang, terutama di kalangan remaja. Kamu mau nyobain gaya rambut ini Kawan Muda? Nih, Genmuda kasih satu video tutorial yang  bisa kamu contek berikut penjelasan langsung dan tips yang berguna buat kalian dari para pelakunya.

 

Achievement Unlocked: Ngombre Rambut

 

1. Shellda F. Suryana a.k.a A L I E N P A N G (Ilustrator, Komikus dan Alien)

Liat aja, itu semua perubahan warna rambut dia selama 3 tahun. Hormat Kepada Ratu Ombre.
Liat aja, itu semua perubahan warna rambut dia selama 3 tahun. Hormat Kepada Ratu Ombre.

Cewek satu ini udah ngewarnain rambutnya dari 3 tahun yang lalu dan engga pernah menghitamkan lagi rambutnya sejak saat itu. Pahit dan manis pake gaya rambut Ombre sampe gaya rambut blok ekstrim udah dia rasain. Genmuda.com ngasih gelar ke dia sebagai Ratu Ombre. Karena pas diwawancarai, segala macem tentang gaya rambut Ombre dia udah hafal.

 

“Biasanya kalo mau warnain rambut gue gak keramas dulu, biar lebih gampang warnanya masuk. Terus juga kalo habis diwarnain jangan keramas tiga hari, bilasnya pake air aja. Sebenernya shampoo juga malah ngelunturin warna rambut, kalo conditioner engga. Ini penting buat lo yang mau warnain rambut sendiri di rumah hahaha.”

 

2. Canti Clarinta (Comic Artist)

 

A photo posted by canti clarinta (@spesdelune) on

“Gue ombre rambut demi narik perhatian artis korea kesukaan gue. Jadi pas dia lagi konser di Jakarta, gue ombre rambut gue. Seminggu kemudian gue gak sengaja ketemu sama dia di Singapore dan dia ngenalin gue!!! “Aaah, i know you,” dan gue bahagia.” kata Canti. “Buat tipsnya, sering-sering pake vitamin rambut biar gak kering.”

 

3. Tiffany Alessandra (Visual Artist)

Foto: Tiffany Alessandra
Foto: Tiffany Alessandra

“Awalnya karena penasaran aja gue di Ombre. Iseng-iseng taunya ketagihan ganti warna sampe sekarang. Tipsnya? Kalo keramas harus pake shampoo yang khusus rambut berwarna.”

 

4. Willyn (Model)

Model: Willyn Credit: Irwan
Model: Willyn Credit: Irwan Kabul

“Kenapa di ombre ya? Hmm sebenarnya sih abis patah hati aja, Hahaha jadi butuh suasana baru. Terus gue pilih gaya rambut ombre. Buat tips-nya, kalau rambut kering gue saranin jangan di ombre karena semenjak ombre rambut gue kering, terutama bagian yg di ombre itu. Jadi butuh perawatan ekstra.”

 

5. Aprilian Tika Bintarti (Fashion Designer)

Foto: Aprilian
Foto: Aprilian

“Gue di Ombre karena sadar sama karakter diri sendiri. Gue mau bebas berekspresi karena gue punya jiwa yang bebas. Setiap orang punya cara buat nunjukin siapa dia, tunjukin kalo ini positive influence.” Buat tipsnya, April ngasih tau Kawan Muda kalo mau punya rambut yang bagus ya perawatannya juga harus bagus dan teratur.

 

6. Cyca Cleonita (Visual Artist, Vocalist)

Foto: Cyca Cleonita

Cewek yang satu ini udah mulai ngecat rambut dari SMP. Awalnya mulai bleaching di salon. Karena sadar harganya yang super duper mahal, akhirnya sampe sekarang dia bereksperimen sendiri sampe rambutnya udah gimbal kaya di atas.


“Susah senengnya ngecat rambut itu dimana gue harus berurusan sama yang namanya bleaching. Bikin males banget, males nunggu. Kadang harus bleaching berkali-kali supaya warna rambut “ajaib” yang gue pengen bisa terwujud. Kalo mau ngecat sambil bleaching pastiin kalo satu hari lo itu kosong, jadi suasana ngecat rambut lo lebih santai dan pasti bisa dapetin warna yang lo mau.”

 

7. Isobel Lieke (Mahasiswi Lucu)

Foto: Isobel Lieke
Foto: Isobel Lieke

“Kamu harus siap rambut kamu kering dan kalo gak bisa ngerawat pasti rusak. Terus kalo mau ombre sekalian di salon mahal biar kena warnanya daripada sotoy nyoba sendiri wkwk.”

 

8. Sekar Arum (Designer at Auromora)

(Foto: Sekar Arum)
(Foto: Sekar Arum)

“Serunya kalo rambut di ombre, ada kesempatan ekspresiin rambut warna-warni tanpa terlihat berlebihan, cocok buat yang memiliki tingkat rasa percaya diri yg kurang tapi kepengen punya rambut warna warni, akar rambut gak kena rusak, rambut cepet panjang karena gak tega buat motongnya hahaha. Kalau bosen tinggal potong bagian bawah rambut, gamesti menunggu lama rambut tumbuh.”

Engga cuma cewek aja yang bisa pake gaya rambut ombre. Sekarang, cowo udah mulai banyak yang terapin tatanan rambut itu.

 

9. Rico Prasetyo AKA Samocir (Visual Artist, Graphic Designer)

 

A photo posted by Rico Prasetyo (@ociiirthankyou) on

Mahasiswa IKJ ini ngaku kalo bosen ngeliat rambutnya warna hitam. Bagi dia “Normal is Boring”, mau orang bilang dia counter culture pun dia bakal cuek aja karena emang cowok gondrong ini enggak ngerasa melawan budaya apapun. “Gue cuma ngelakuin hal ini secara intuitif aja.” Kalo buat tipsnya, Rico nyaranin kamu harus paham tentang “Psychology of Color” biar ngerti tentang warna dan hubungan warna.

Samocir x Slowyut
Samocir x Slowyut

Ombre bagi lelaki adalah pelet visual buat memikat wanita yang suka cowok unik – Rico Prasetyo

“Gue gak setuju kalo ada statement ‘Ombre identik sama cewek’. Di era punk udah banyak cowok yang warnain rambut, era glam rock juga banyak, terus tahun 2000-an waktu emo lagi naik daun juga banyak cowok yang warnain rambut. Di era sekarang, seharusnya udah lebih cair.”

 

10. Dwika Bramanthya (Comic Artist)

(Foto: Dwika)
(Foto: Dwika)

“Gue liat sih emang sekarang rata-rata semua cewek udah nyobain ombre, cuma bedanya ya warna yang mereka pake kurang lebih sama antara satu dan yang lain, makenya juga paling berani di ujung-ujung apa beberapa helai doang. Kalo gue ngecatnya full dan sengaja warna pink begitu. Menurut gue biar lebih berani dan beda sama cewek-cewek lain. Tiap orang kan punya hak untuk bebas berekspresi.”

 

11. Aden Ramadhian (Street Artist)

Jangan salah fokus, yang kanan bukan yang kiri (Foto: Dok. pribadi)
Jangan salah fokus, yang kanan bukan yang kiri (Foto: Dok. pribadi)

“Gue mau nepis pandangan kalo ombre hanya buat perempuan. Gue gak mau ngikutin pakem yg ada, kalo gue ngikutin sama aja kreatifitas gue di rem sama orang lain. Oleh karna itu gue bikin sesuatu yag beda biar dikira orang gila karna orang yg gila gak pernah ada larangan dan patokan dari siapapun buat berkarya dan melakukan hal bebas tanpa ada batasan.”

(sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis