Jum'at, 24 September 2021

Genmuda – Xiaomi nambah lini produk teknologi pintarnya dengan ngeluncurin smartwatch Amazfit dalam sebuah seminar teknologi di Tiongkok, minggu terakhir Agustus ini.

Jam tangan pintar itu pun difokusin sebagai perangkat pelengkap ponsel Xiaomi. Produksinya dibuat oleh Huami, produsen sensor-biomekanik yang bisa mendata kondisi penggunanya.

Situs Android Central, Selasa (30/8) bilang kalo Amazfit engga dipasangin OS Android Wear. Meski begitu, Xiaomi bilang perangkat barunya bakal konek dengan aplikasi Mi Fit apps dari ponsel.

Dengan kata lain, jam tangan pintar ini bisa dipakai sama pengguna Android ataupun iPhone selama udah punya aplikasinya. Meski begitu, Amazfit baru dirilis di Tiongkok dan belum ada rencana diluncurin di AS, Eropa, apalagi Asia Tenggara.

Spesifikasi ponsel

via gsmarena.com
(Sumber: gsmarena.com)

Jam tangan ini pun udah dapetin sertifikasi IP67. Artinya jam ini udah tahan percikan air, debu, atau keringat. Sementara itu, sisi luar jamnya terlindungi lapisan campuran keramik yang tahan gores.

Selama engga terkena benturan ekstrim, layar berdiameter 1,34 inchnya bakalan aman dan tetep nampilin interface dengan kualitas gambar 300 pixel. Prosesor yang dipasang di dalamnya berkecepatan 1,2 GHz dengan RAM 512 MB dan ruang penyimpanan sebesar 4 GB.

GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth juga dipasangin di perangkat itu bersama baterai berkapasitas 280mAh. GSM Arena, bilang kalo baterainya bisa tahan selama 35 jam dengan GPS yang terus menyala.

Kekuatan jam pintar

via gsmarena.com
(Sumber: gsmarena.com)

Kalo cuma dipakai buat ngedata kondisi tubuh waktu olahraga, baterainya bisa tahan hingga 5 hari. Jika difungsiin sebagai pedometer (alat pengukur jumlah langkah), baterainya malah bisa tahan sampai 11 hari.

Selain punya fungsi itu, perangkat baru dari Xiaomi ini juga dipasang AliPay, fitur mobile payment-nya Alibaba, –situs grosir barang pabrik terbesar di Tiongkok. Berarti, jam tangannya juga ditargetin buat mereka yang suka jalan dan belanja.

Harganya berapa?

via gsmarena.com
(Sumber: gsmarena.com)

Menurut situs GSM Arena, jam tangan sebaguna ini dijual seharga 799 Yuan, atau sekitar 1,6 juta rupiah. Pastinya tergolong murah buat ukuran smartwatch multi fungsi yang baterainya bisa dibilang tahan lama.

Di Tiongkok, produknya udah dijual Rabu (31/8) secara online untuk tahap awal. Kemudian, produknya akan memasuki pasar offline. Semoga aja setelah itu Xiaomi dan Huami mutusin ngejual produknya di Indonesia. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.