Senin, 27 Juni 2022

Genmuda – Pernyataan “yang muda yang berkarya” beberapa tahun belakangan ini bisa dibilang lagi marak-maraknya direalisasiin di berbagai penjuru dunia. Hal itu pun antara lain terbukti dengan kemunculan sejumlah nama profesional muda di berbagai bidang.

Ngomongin soal profesional muda, salah satu contoh terbaik yang sering kali jadi panutan banyak orang biasanya adalah Mark Zuckerberg alias Chairman, Chief Executive Officer, Co-founder Facebook. Saking hebatnya inspirasi perjuangannya dalam nyiptain raksasa media sosial yang kini kokoh di Silicon Valley, Amerika Serikat itu, kisah doi tersebut sampai dituangin dalam film ‘The Social Network’.

Namun demikian, Silicon Valley sebetulnya bukanlah satu-satunya tempat berkumpul sekaligus penghasil para profesional muda hebat nan berbakat kayak Mark Zuckerberg. Di negara lain kayak Australia misalnya, ada pula Gold Coast dengan profesional mudanya sendiri. Berikut ini 5 di antaranya:

1. Nicole Gibson

via: Twitter
(Sumber: Istimewa)

Usia Gibson emang baru 22 tahun, tapi doi udah berhasil ngebuktiin bahwa generasi milenial sesungguhnya lebih dari yang dikira orang-orang selama ini. Doi merupakan National Mental Health Commissioner termuda yang pernah ditunjuk di Negara-negara Persemakmuran. Di usia 18 tahun, doi udah ngediriin sebuah perusahaan sosial bernama The Rogue & Rouge Foundation dengan harapan bisa ngedobrak stigma terkait kesehatan mental.

FYI, dua tahun yang lalu Gibson sempat jadi anggota sebuah akademi akting sebelum ngalamin kecemasan, depresi, dan anoreksia nervosa parah. Dalam proses pemulihannya, doi nemuin bahwa dirinya terus-terusan mikirin soal sistem kesehatan mental Australia, di mana setiap harinya ada 7 orang yang bunuh diri dan ngewabah di kalangan anak muda. Dengan segala keterbatasannya di awal, kini doi udah ngejalanin programnya di seluruh Australia dan ngejangkau 200 ribu orang.

2. Lukeuce Kleinschmidt

via goldcoastbulletin.com.au
(Sumber: Istimewa)

Lagi ngerjain apa, eh dapetnya malah apa. Kira-kira itulah yang dialamin oleh sang peraih Gold Coast Young Entrepreneur Award 2015 kategori Retail & Service yang satu ini. Saat lagi berusaha nyari cara terbaik buat ngelempar pancingnya, doi justru nemuin sebuah ide bisnis luar biasa. Doi nemuin solusi hi-tech buat masalah mancingnya dalam bentuk drone udara yang dikendaliin dari jarak jauh, yang akhirnya malah jadi produk landasan perusahaannya.

Bisnis Egofun yang dijalanin oleh Kleinschmidt punya spesialisasi di bidang penjualan dan penyewaan sistem penggerak listrik, termasuk skateboard, segway, dan sepeda. Ide simpelnya di awal sukses narik perhatian sejumlah pihak kayak Surf Lifesaving Australia dan Rio Tinto. Bareng Yuneec Electrical Aviation, kini doi juga bekerja sama dengan sejumlah tim kontrol dan pengawasan dalam ngeadaptasi drone buat ngejelajahin pantai dan mantau keberadaan maupun bahaya yang ditimbulin hiu.

3. Selasi Berdie

via: Youtube
(Sumber: Youtube)

Misi pemain rugby profesional berusia 30 tahun ini pada dasarnya adalah buat ngejadiin dunia sebagai tempat yang lebih sehat. Maka dari itu, tiga tahun yang lalu doi ngebuka BSKT Café, yang kini udah jadi bagian dari budaya gaya hidup sehat yang booming di Gold Coast. Bahkan, dari pemilik café lokal, doi udah berkembang jadi distributor produk nasional dengan ngeluncurin Cocowhip, es krim soft serve kelapa biofermentasi dan vegetarian pertama di dunia.

Belum usai sampai di situ, kesuksesan BSKT Café dan Cocowhip lantas ngebuka jalan bagi Berdie buat ngembangin BSKT Wholefoods, variasi makanan vegetarian sehat yang antara lain terdiri dari superfood bar, granola, dan cokelat. Atas pencapaiannya sejauh ini, doi pun menangin Gold Coast Young Entrepreneur Awards 2015 kategori Health & Fitness.

4. Shane Primrose dan Adam Harrison

Sebagai pecinta sepakbola, Primrose dan Harrison di tahun 2014 yang lalu udah bekerja sama buat ngebikin Good Football, sebuah perusahaan sosial di mana tiap bola yang terjual bola lainnya bakal disumbangin buat anak-anak yang ngebutuhin. Menurut Primrose, inspirasi perusahaan tersebut diperolehnya saat berkunjung ke Kolkata di India dan ngelihat keadaan anak-anak di sana.

Secara khusus, tujuan Good Football bukan cuma buat berurusan dengan isu-isu kesehatan di masyarakat berkembang, tapi juga ngarahin rantai pasokan. Patokan pertama perusahaan tersebut adalah ngeluncurin sebuah toko sepak bola yang berfungsi penuh dan tujuan utamanya adalah berkembang ke jenis olahraga lainnya. Sejauh ini, ide perusahaan tersebut udah dapat penerimaan yang baik dari masyarakat dan para pemain ternama kerap ngebeli produknya.

5. Maggie Zhang

via: linkedin
(Sumber: LinkedIn)

Di tahun 2013 yang lalu, Zhang (29) ditugasin oleh CEO JLF Group of Companies, John Fitzgerald buat ngembangin bisnisnya ke Tiongkok. Dengan penjelasan singkat kepada para sumber dan mitra potensial di Tiongkok buat ngebantu orang-orang ngeraih kekayaan lewat investasi properti, doi akhirnya berhasil ngelakuin sejumlah negosiasi.

Sejak saat itu, Zhang udah ngebentuk sebuah tim dan ngadain usaha bisnis sukses dengan para mitra dari Tiongkok, yang berujung pada omset tahunan lebih dari 60 juta dolar per tahun. Di samping itu, doi juga punya misi buat bikin Gold Coast jadi tujuan utama pariwisata Tiongkok. Berkat berbagai upayanya tersebut, doi akhirnya dinobatin sebagai Young Professional of the Year di Gold Coast Young Entrepreneur Award 2015.

Nah, terbukti ‘kan bahwa bukan cuma AS doang yang punya wilayah penghasil profesional muda, tapi negara tetangga kita juga. Oleh karena itu, buat kamu yang kini lagi atau berniat ngerintis start-up, engga ada salahnya loh kalo kamu sekali-sekali nyempetin diri buat berkunjung ke Gold Coast dan coba buat ketemu langsung dengan para profesional muda di atas.

Soal booking penerbangan dan akomodasi, itu mah engga usah dibawa pusing, Kawan Muda. Berhubung jaman udah canggih, bala bantuan buat kamu pun otomatis engga sedikit. Biar engga ribet, kamu buka aja Wego, yang nyediain segala informasi terkait tiket pesawat dan penginapan sehingga pencarian kamu bisa lebih mudah, singkat, dan praktis.

Di situs Wego, kamu bisa langsung ngebandingin harga tiket pesawat dan penginapan buat nentuin mana pilihan yang paling sesuai buat kantong dan kebutuhan kamu. Engga perlu lagi deh yang namanya ngebukain banyak situs buat nyari penawaran yang paling terjangkau. So, buruan buka situs Wego buat pesan tiket pesawat dan kamar penginapan supaya kamu bisa buru-buru ketemu para profesional muda hebat di Gold Coast! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer