Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Gimana sih hacker di mata kamu? Serem? Ansos? Anarkis? Memang banyak di luar sana yang sering menimbulkan masalah dengan merusak situs pemerintah, mencuri identitas bahkan uang para pengguna internet. Tapi bukan berarti semua hacker itu jahat kawan muda.

Ilustrasi Hacker

Contohnya white hat hacker, mereka adalah orang-orang yang memiliki skill tingkat tinggi dan menggunakan keahlian mereka untuk membantu menemukan celah keamanan dan celah itu diusahakan untuk segera diperbaiki sebelum digunakan black hat hacker yang ingin melakukan kejahatan.

Windows Phone
Windows Phone (foto: Microsoft)

Seorang white hat hacker yang diwawancara What Mobile Magazine, mengakui bahwa di antara platform mobile yang populer sekarang, Windows Phone merupakan sistem operasi yang paling sulit ditembus keamanannya. Steve Lord menambahkan bahwa ia menempatkan Android di posisi terakhir, hal ini tentu disebabkan karena Android merupakan sistem operasi yang bersifat open source dan paling populer, sehingga banyak sekali hacker jahat yang ingin memanfaatkan hal tersebut. iPhone ternyata hanya menempati posisi ketiga.

Posisi kedua ditempati oleh BlackBerry, sistem operasi yang semakin kekurangan pamor dibanding para pesaingnya. Ironisnya, Blackberry pun sekarang mulai menggunakan Android sebagai sistem operasi yang terdapat pada BlackBerry Priv. Sekalipun mereka mengklaim bahwa Android yang mereka gunakan telah ditambahkan security layers, belum tentu hal itu bisa dipercaya 100 persen, mengingat Blackphone 2 dan Turing Phone juga bisa dipenetrasi, kedua ponsel ini telah lebih dulu membuat ponsel Android yang fokus pada security.

Blackberry Priv Android (foto: gsmarena)
Blackberry Priv Android (foto: gsmarena)

Lalu gimana nih nasib kita yang masih awam sama keamanan? Cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah tidak menaruh informasi pribadi penting di dalam ponsel, agar data-data tersebut tidak tersebar luas ke internet. Selalu dapatkan update terakhir untuk ponsel kamu, jangan install aplikasi yang mencurigakan, dan tentunya usahakan jangan jailbreak dan root smartphone kamu, kecuali kamu benar-benar mengerti apa yang kamu lakukan. (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast