Sabtu, 8 Agustus 2020

Genmuda – Setelah sekian lama dihindarin, minggu UAS (Ujian Agak Serius) akhirnya datang juga nih, Kawan Muda. Hari-hari kamu pun pasti bakal lebih banyak diisi sama yang namanya begadang (walau belum tentu gara-gara belajar).

Bagi sebagian besar pelajar, baik siswa SD sampai SMA maupun mahasiswa, minggu UAS sampai sekarang emang masih kerap dianggap sebagai hal yang nakutin dan bikin deg-degan. Pengen belajar tapi rasanya materinya banyak banget, pengen engga belajar tapi takut engga bisa ngerjain soal-soalnya. Dilema banget deh pokoknya, Kawan Muda.

Sialnya, di saat kamu lagi tegang-tegangnya ngehadapin UAS, ternyata masih ada aja orang yang engga ngerti atau pura-pura lupa akan hal itu. Alhasil, dengan polosnya mereka malah nyampein 7 hal berikut ini, yang padahal sebaiknya engga mereka sampein ke pelajar manapun yang lagi UAS:

1. Udah siap belum mau UAS?

Ini sebenarnya pertanyaan basa-basi yang paling klise dan paling klasik. Walau maksudnya baik dan entah itu orang tua, saudara, atau teman kamu sendiri yang nanyain, tetap aja ngejawab pertanyaan ini bawaannya tuh bakal rada engga enak. Apalagi kalau disambung sama pertanyaan di poin kedua, rasanya bakal makin bete aja deh kamu sama orang yang nanyain kamu itu.

2. Kok dari tadi engga belajar?

Pertanyaan ini sering kali suka disampein orang di saat yang engga tepat, yaitu di saat kamu dari tadi udah fokus belajar dan kebetulan sekarang lagi istirahat dulu sebentar. Yang lebih nyebelinnya lagi, orang yang nanya itu malah suka engga percaya kalau kamu emang udah sempat belajar. Orang tersebut bilangnya kamu alasan lah, malas lah, apa lah, padahal doi engga tahu yang sebenarnya.

3. Emangnya sehari berapa matpel/matkul?

Kalau yang nanyain ortu, kamu mungkin masih bakal biasa aja nanggapinnya. Tapi, kalau yang nanyain itu teman kamu sesama siswa atau mahasiswa dan pas kamu jawab doi malah balik nyeritain penderitaan UAS-nya dengan lebay, pasti kamu rasanya bakal gondok banget. emangnya salah kamu kalau doi stres ngehadapin UAS? Kamu sendiri ‘kan juga lagi ngalamin hal yang sama.

4. Kurang-kurangin dulu lah main medsosnya!

Keseringan main medsos emang bisa ngeganggu konsentrasi kamu buat belajar. Meski begitu, engga bisa diungkiri pula kalau mainan medsos ada kalanya bisa ngebantu kamu buat ngalihin perhatian kamu dari stres yang kamu alamin gara-gara engga paham sama apa yang kamu pelajari. So, ya sebenarnya percuma juga sih kalau kamu ngurangin main medsos, tapi kamu masih aja engga mau belajar.

5. Kira-kira bisa dapat nilai bagus engga nih?

Ya elah, belajar masih belum kelar, ujiannya juga masih belum dikerjain, eh ini udah ditanyain soal nilai aja. Emangnya kamu jelmaan Mama Lauren atau Ki Joko Bodo, yang bisa ngeprediksiin berbagai hal yang ada di masa depan? Daripada nanyain kamu soal sesuatu yang belum pasti, mending orang yang nanya itu bantuin doa dulu. Setuju engga tuh, Kawan Muda?

6. Jangan nyontek ya!

Satu lagi nih hal klise dan klasik yang suka disampein orang-orang ke pelajar yang lagi UAS. Iya sih semua orang juga tahu nyontek itu engga baik. Namun demikian, dengan dari awal udah dilarang-larang kayak gini, yang ada secara engga langsung malah jadi timbul kesan kalau orang yang ngomong itu engga percaya sama kamu. (Ini bukan ngebelain kamu supaya nyontek juga loh ya!)

7. Udah engga usah belajar, pergi aja yuk!

Nah, ini dia suara gaib yang paling annoying di minggu UAS. Udah tahu kamu lagi ribet mau belajar (atau mereka seharusnya juga belajar), eh ini malah ngajak keluyuran. Mending kalau abis itu orang yang bersangkutan mau ngebantuin kamu buat belajar lagi, lah kalau engga? Rugi bandar lah kamu! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer