Jum'at, 24 September 2021

Genmuda – Dari sekian banyak hal yang terjadi pada tubuh kita, salah satu hal yang sampai sekarang masih aja bikin penasaran adalah berbagai bunyi aneh yang suka muncul secara tiba-tiba. Ibaratnya, bunyi-buyi tersebut udah kayak jelangkung, yang datang engga dijemput dan pulang engga diantar.

Lagi hening dan fokus ngerjain ujian, eh tiba-tiba perut kamu malah bunyi dan ngagetin seisi ruangan. Tapi, itu sih masih belum seberapa kalau dibandingin sama kelepasan kentut di dalam lift yang lagi penuh sesak. Lantas, sebenarnya dari mana sih asalnya bunyi-bunyi aneh tersebut?

Well, buat kamu yang butuh penjelasan kenapa tubuh kamu seakan suka ngekhianatin kamu dengan bunyi-bunyi aneh di saat yang engga tepat, kamu tenang aja, Kawan Muda. Semua bunyi aneh yang keluar dari tubuh kamu punya penjelasan ilmiahnya masing-masing. Berikut ini adalah 5 di antaranya:

  1. Bersin

Bersin biasanya berawal dari adanya gangguan pada selaput lendir hidung atau tenggorokan kamu. Saat ‘si pengganggu’ masuk ke hidung kamu, hal itu bakal memicu pusat bersin di otak kamu dan sinyal bakal dikirim ke tenggorokan, mata, maupun mulut kamu. Selanjutnya, otot dada kamu bakal berkontraksi, sebelum otot tenggorokan kamu rileks secara cepat. Akibatnya, udara, air liur, dan lendir dipaksa keluar dari mulut dan hidung kamu dan terjadilah bersin.

  1. Cegukan

Saat diafragma kamu ngalamin gangguan, di situlah kamu bakal cegukan. Biasanya, saat kamu narik napas, diafragma kamu bakal turun buat ngebantu narik air ke dalam paru-paru dan kembali rileks saat kamu ngehembusin napas. Tapi, saat diafragma terganggu, diafragma bisa turun secara menyentak dan engga terduga, sehingga kamu tiba-tiba ngisap udara ke tenggorokan kamu. Udara itu pun mengenai kotak suara kamu dan bikin pita suara kamu mendadak tertutup sekaligus nimbulin bunyi cegukan.

  1. Sendawa

Sendawa pada dasarnya merupakan cara lain bagi tubuh kamu buat nyingkirin semua udara yang kamu telan. Udara yang kamu telan biasanya bakal kembali dan dikeluarin lewat mulut kamu. Dengan kata lain, sendawa itu sebenarnya merupakan bentuk lain dari kentut. Kalau kentut keluarnya lewat bawah, sendawa keluarnya lewat atas.

  1. Keroncongan

Supaya tubuh kamu bisa ngedorong makanan lewat sistem pencernaan, otot di perut dan usus kamu harus terus berkontraksi dalam suatu proses yang disebut sebagai peristaltik. Suara ribut yang kamu dengar dari perut kamu merupakan semua gas, cairan, dan pecahan makanan yang diaduk-aduk dalam proses tersebut.

Menariknya, walau perut kamu sebenarnya bakal terus-terusan ribut di sepanjang hari, perut kamu biasanya bakal ngeproduksi hormon yang ngirim pesan ke otak kamu buat ngasih tanda ke otot pencernaan supaya kembali memulai proses peristaltik sekitar dua jam setelah perut kamu ngosongin dirinya, sehingga kamu ngerasa lapar. Suara ribut di perut kamu bakal terdengar lebih keras saat usus kamu kosong, soalnya di usus kamu engga ada makanan yang ngeredam suaranya.

  1. Kentut

Kentut sebenarnya merupakan hasil alami dari tubuh yang mencerna makanan. Saat kamu makan, kamu nelan udara bersama dengan makanan kamu. Selain itu, saat sistem pencernaan kamu ngubah makanan jadi nutrisi, gas hidrogen sulfida bakal ikut diproduksi. Supaya bisa nyingkirin semua gas tersebut, otomatis kamu harus kentut. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer