Rabu, 25 Mei 2022

Genmuda – Ada kata-kata bijak di kalangan fotografer yang bilang kalo makin mahal kameranya, makin bagus hasilnya. Soalnya, ada harga ada kualitas. Mungkin hasil foto ngasal bakal jadi artsy kalo dijepret kamera mahal.

Untung aja prinsip mahal-mahalan kamera engga berlaku dalam smartphone photography. Engga butuh kameranya iPhone yang super mahal itu kok buat ngasilin jepretan kece. Terdengar klise emang, tapi kreativitas lah yang menentukan.

Misalnya, dengan banyak akal manfaatin barang-barang sehari-hari sebagai alat penunjang foto. Di bawah ini adalah beberapa trik yang perlu diketahui supaya foto dari smartphone tetep bisa bagus pake banget.

1. Foto pakai kacamata hitam

via diyphotography.net
Simpel kan motret pake kacamata hitam. (Sumber: diyphotography.net)

Motret sebuah ojek dengan latar yang banyak warna putih, seperti langit atau pasir pantai bisa bikin objeknya keliatan gelap. Ponselnya kan otomatis mengatur setingan kamera.

Makanya, motretnya pake kacamata hitam. Selain mengurangi silau, kacamata hitamnya juga berfungsi sebagai filter lensa yang bikin fotonya instagrammable abis. Cuma jangan pake kacamata hitam yang pekat banget. Nanti engga keliatan apa-apa dong.

2. Frame beneran

via diyphotography.net
Lebih cucok dengan frame. (Sumber: diyphotography.net)

Daripada kamu repot milih frame digital waktu ngedit foto di ponsel, kenapa kamu engga jepret pake frame bikinan sendiri aja? Bikin framenya gampang, kok. Tinggal lobangin kertas putih doang apa susahnya.

3. “Panodash”

via iphonehacks.com

Panodash adalah teknik supaya satu objek jadi keliatan banyak di sebuah foto lebar. Yang dibutuhin cuma kamera ponsel yang punya fitur panorama, tanpa perlu lensa wide dan skill photoshop tingkat dewa. Gimana caranya? Pindahin aja objek yang difoto sesuai arah ngambil gambar panoramanya.

4. Foto bawah air

via iphonehacks.com
Hasil jepretan pake gelas. (Sumber: iphonehacks.com)

Cara paling irit buat motret bawah air adalah dengan smartphone yang dibungkus plastik. Kalo mau motret objek di batas air, masukin aja kameranya ke dalem gelas sehingga bisa motret seperti gambar di atas ini. Engga perlu mahal-mahal beli casing anti air kan?

5. Tripod dari penjepit kertas

via lifehacker.com
Tripod gratisan. (Sumber: lifehacker.com)

Saat kamu sendirian tapi pengen pura-pura difotoin orang, saatnya cari dua penjepit kertas nganggur. Buat apa? Penjepitnya bisa berfungsi sebagai tripod yang menahan kamera supaya tetep tegak tanpa perlu dipegang.

Kamu bisa foto pake timer atau dengan kabel headset seperti yang biasa kamu lakuin kalo lagi selfie pake tongsis. Gampang aja, kan? Kamu juga punya trik fotografi ponsel? Tulis komentar kamu di bawah ini, dong. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.